Sabtu, 30 Agustus 2014

Pohon yang Tumbuh Diatas Pohon


Antara Grana dan Casorzo di Piemonte, Italia, sebuah pohon yang sangat unik tumbuh. Dikenal sebagai “pohon ganda Casorzo” atau Bialbero de Casorzo di Italia. Ini adalah pohon murbei dimana di atasnya tumbuh pohon ceri. Pohon ceri tumbuh tinggi di atas pohon murbei yang berdiri dibawahnya. Pohon aneh ini juga dikenal sebagai Grana Double Tree.


Tidak ada yang tahu pasti bagaimana hal ini terjadi; mungkin beberapa burung menjatuhkan benih di atas pohon murbei yang kemudian menumbuhkan akarnya melalui batang berongga pohon inang untuk mencapai tanah. Meskipun pohon yang tumbuh secara parasit atau epifit di pohon lain bukanlah hal yang tidak biasa, tetapi mereka biasanya tidak mencapai ukuran dan umur seperti yang terlihat dalam contoh khusus ini, karena ada tidak cukup humus dan ruang yang tersedia di mana mereka tumbuh. Besar pohon yang tumbuh epifit seperti Bialbero de Casorzo adalah langka.


Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Namanya dibentuk dari bahasa Yunani: epi-, permukaan atau tutup, dan phyton, tumbuhan atau pohon.
Berbeda dengan parasit, epifit dapat sepenuhnya mandiri, lepas dari tanah sebagai penyangga dan penyedia hara bagi kehidupannya, maupun dari hara yang disediakan tumbuhan lain. Air diperoleh dari hujan, embun, atau uap air. Hara mineral diperoleh dari debu atau hasil dekomposisi batang serta sisa-sisa bagian tumbuhan lain yang terurai. Meskipun tidak “mencuri” hara dari tumbuhan yang ditumpanginya, epifit dapat menjadi pesaing terhadap ketersediaan cahaya. Akar epifit kadang-kadang juga menutupi dan menembus batang pohon yang ditumpangi sehingga merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan inangnya.
Contoh epifit yang populer adalah berbagai macam anggrek, nanas-nanasan (bromeliad), serta paku-pakuan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog