Rabu, 06 Mei 2015

5 Masjid Ini Tetap Berdiri Kokoh Meski Dilanda Bencana





Masjid Baiturrahman pasca tsunami Aceh (foto: Intisari Online)

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan kehendak Tuhan, termasuk bencana alam seperti tsunami, gempa atau bencana yang disebabkan manusia seperti perang.

Dari bencana tersebut banyak nyawa manusia dan harta benda yang jadi korban. Namun, di tengah-tengan bencana, Tuhan selalu menunjukkan kekuasaannya kepada kita. Seperti masjid-masjid ini yang tetap berdiri kokoh meski diterjang bencana dahsyat.

Seperti dilansir merdeka.com, berikut masjid-masjid yang tetap berdiri kokoh meski dilanda bencana.

5. Masjid Jami di Nepal

(foto via: merdeka.com)

Pada 25 April 2015 lalu, Nepal diguncang gempa berkekuatan 7,8 SR, menurut beberapa laporan, tidak ada satupun masjid yang rusak ketika gempa itu terjadi. Salah satunya masjid Jami yang terletak di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu, Nepal, yang tetap tetap berdiri kokoh. Tak ada dindinng terkelupas atau bahkan reta.

Selain Masjid Jami, ada Masjid Khasmiri Taqiya yang berjarak 600 meter dari Masjid Jami dekat Universitas Tri Chandra. Masji itu pun tak mengalami kerusakan. Padahal tempat ibadah umat muslim itu sudah dibangun sejak 1524 Masehi.

4. Masjid Baiturrahman di Banda Aceh

(foto via: merdeka.com)

Sepuluh tahun silam, tepatnya pada 24 Desember 2004, Aceh diguncang gempa maha dahsyat yang memicu gelombang tsunami setinggi 30 meter. Bencana itu merupakan salah satu bencana terdahsyat di abad ke-20 yang menelan 200.000 korban jiwa.

Semua bangunan yang terkena dampak bencana alam ini rata dengan tanah, kecuali Masjid Baiturrahman yang selamat dari amukan gempa yang disertai gelombang tsunami itu. Masjid yang jadi saksi bisu bencana alam sepuluh tahun silam ini menjadi tempat perlindungan beberapa orang ketika gelombang air laut mulai meluluhlantakkan segala sesuatu yang dilewatinya.

3. Masjid Kobe di Jepang

(foto via: merdeka.com)

Masjid Kobe di Jepang jadi saksi bisu dahsyatnya Perang Dunia Kedua. Masjid ini merupakan masjid pertama di Jepang yang diresmikan pada tahun 1935.

Pada akhir Perang Dunia II, Amerika Serikat menjatuhkah bom atom di Nagasaki dan Hiroshima menyebabkan kedua kota itu rata dengan tanah. Kota Kobe juga terkena imbasnya dari dahsyatnya ledakan bom atom AS itu.

Sementara kota Kobe rata dengan tanah, ajaibnya masjid Kobe tetap berdiri kokoh. Akan tetapi, kekokohan masjid tersebut diuji kembali ketika gempa dahsyat mengguncang wilayah Kobe dan sekitarnya pada tahun 1995. Namun lagi-lagi, masjid Kobe tetap berdiri kokoh. Gempa yang terjadi pada 17 Januari 1995 itu telah menelan 140 ribu korban jiwa.

2. Masjid At Tauhid di Haiti

(foto via: merdeka.com)

Pada tahun 2010, Haiti diguncang gempa besar yang menimbulkan 220.000 sampai 316.000 korban jiwa. Namun, umat muslim Haiti mengaku tidak ada satupun masjid di sekitar lokasi gempa terkena dampak bencana alam hebat ini.

Salah satu masjid itu adalah masjid At Tauhid yang berlokasi di Ibu Kota Port-au-Prince. Masjid ini tetap berdiri kokoh dan menjadi tempat para korban gempa, baik muslim maupun non-muslim untuk mengungsi. Padahal, istana kepresidenan dan gedung-gedung pemerintah hancur ketika gempa dahsyat itu terjadi.

1. Masjid Golcuk di Turki

(foto via: meredka.com)

Pada tahun 1999 gempa bumi dahsyat mengguncang Turki menimbulkan korban jiwa hingga mencapai 45.000 dan 43.953 korban luka. Namun, sebuah masjid bernama Golcuk tetap berdiri kokoh, sementara bangunan di sekitarnya rata dengan tanah ketika gempa itu terjadi. Warga percaya itu merupakan mukjizat Allah.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog