Rabu, 13 Mei 2015

10 Hewan Ini Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan Dalam Waktu Yang Lama



Setiap makhluk hidup pada dasarnya membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Intinya, makanan diibartkan seperti bahan bakar kendaraan, tanpa bahan bakar maka kendaraan tidak akan bisa berjalan, begitupun dengan makhluk hidup.

Manusia mungkin hanya dapat bertahan hidup selama beberapa hari saja tanpa makan dan minum, tetapi beberapa hewan ini dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum dalam waktu bulanan hingga puluhan tahun.

Berikut 10 hewan yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang lama tanpa makan dan minum.

10. Olms


(foto: Viral Nova)

Olms adalah sejenis hewan amfibi yang tinggal di gua-gua bawah laut, di Italian dan Balkan. Mereka memang nyaris sama dengan slamander, tetapi mereka menghabiskan seluruh hidup mereka di bawah air. Karena habitat mereka yang sulit dijangkau, tidak banyak diketahui tentang hewan ini. Namun, ada fakta mengerikan tentang olms, di mana mereka dapat bertahan hidup sampai sepuluh tahun tanpa makanan.

9. Hiu Putih Raksasa

(foto: Viral Nova)

Jenis hiu yang satu ini terkenal dengan keganasannya. Meskipun terlihat sangat rakus, hiu putih raksasa dapat hidup beberapa minggu tanpa makanan. Semakin lama hiu putih tidak makan, maka semakin baik keterampilannya dalam berburu mangsa.

Jadi, jangan berani-berani berenang ketika tahu ada hiu kelaparan!

8. Beruang

(foto: Viral Nova)

Beruang biasanya melakukan hibernasi selama musim dingin. Meskipun mereka tidak melakukan hibernasi dan berkeliaran selama musim dingin, beruang dapat bertahan hidup kurang lebih selama 100 hari tanpa makan atau minum.

7. Penguin

(foto: Viral Nova)

Sangat menakjubkan hewan selucu dan semungil penguin dapat bertahan hidup di tempat paling dingin di dunia ini. Penguin betina akan berburu dengan menjelajah wilayah yang mencapai minus nol derajat, sementara yang jantan akan tinggal di sarang untuk menjaga bayinya agar tetap hangat. Selama dua sampai empat bulan, penguin dapat bertahan hidup tanpa makan demi menjaga anak mereka.

6. Unta

(foto: Viral Nova)

Jika Anda berpikir punggung unta yang mencuat ke atas terdiri dari sebagian besar air, maka Anda salah. Punggung unta menyimpan sebagian besar lemak yang digunakan sebagai energi ketika melakukan perjalanan yang jauh di gurun tanpa minum dan makan. Setidaknya, unta dapat bertahan hidup sapai 40 hari tanpa minum dan makan.

5. Katak

(foto: Viral Nova)

Tubuh katak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tidak sesuai. Selama masa hibernasi, beberapa spesies katak dapat tidur selama 16 bulan. Tentu saja ketika katak berhibernasi, mereka tidak akan duduk setiap pagi untuk sarapan.

4. Ular

(foto: Viral Nova)

Reptil berdarah dingin ini tidak bisa mengatur suhu tubuhnya selama musim dingin, sehingga metabolisme tubuhnya akan melambat sebesar 70 persen. Karena hal itulah, ular bisa bertahan hidup selama satu tahun penuh tanpa makanan.

3. Buaya

(foto: Viral Nova)

Buaya biasanya dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama beberapa bulan. Dalam beberapa kasus ekstrim, buaya bisa bertahan hidup selama tiga tahun lamanya tanpa makanan.

2. Kura-Kura Galapagos

(foto: Viral Nova)

Jenis kura-kura galapagos dapat hidup hingga ratusan tahun. Meski kelihatannnya mereka banyak makan dengan usia panjangnya, tapi kura-kura galapagos dapat hidup tanpa makan dan minum selama satu tahun dalam beberapa kasus.

1. Lungfish

(foto: Viral Nova)

Lungfish atau disebut juga mudskipper berasal dari Australia, Afrika, dan Amerika Selatan. Ikan ini dapat berhibernasi selama sekitar empat tahun dalam kondisi lingkungan yang sangat keras. Meski mereka dapat bertahan hidup tanpa makan dalam waktu selama itu, sebenarnya selama hibernasi mereka mulai menceran jaringan otot tubuh mereka sendiri.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog