Rabu, 20 Mei 2015

10 Fakta Unik Seputar Anak Kembar



Anak kembar (foto: Distractify)

Banyak orang bilang anak kembar itu memiliki ikatan batin yang sangat kuat, jika salah satunya sakit maka kembarannya akan merasakan hal yang sama. Itu mungkin salah satu dari sekian banyak fakta menarik tentang anak kembar.

Penasaran apa saja fakta unik tentang anak kembar? Berikut 10 fakta unik seputar anak kembar seperti dikutip dari Distractify.

10. Anak kembar dapat memiliki ayah yang berbeda

(foto: Distractify)

Pada tahun 2009, Mia Washington melahirkan anak kembar dari hasil hubungannya dengan dua ayah yang berbeda. Kejadian seperti ini benar-benar sangat langka dan hanya terjadi 1 dari 1 miliar kelahiran. Pada tahun 2011 lalu, tercatat hanya ada 3 kasus serupa seperti yang dialami Mia.

9. Anak kembar bisa memiliki ras yang berbeda

(foto: Distractify)

Pada umumnya anak kembar memiliki ras yang sama. Namun, dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, anak kembar bisa memiliki ras yang berbeda. Seperti Kian dan Remee yang merupakan kembar identik tetapi memiliki warna kulit berbeda.

Kejadian seperti itu merupakan hasil dari kombinasi gen kedua orangtuanya yang memiliki ras campuran. Jika ayah atau ibu memiliki ras campuran, maka sperma atau telur memiliki dua kode genetik, yaitu kulit hitam dan kulit putih.

8. Anak kembar yang terpisah bisa memiliki kehidupan yang sama

(foto: Distractify)

Jim Lewis dan Jim Springer baru berusia empat minggu ketika mereka harus terpisah karena diangkat oleh keluarga yang berbeda. Kemudian ditemukan bahwa kehidupan mereka benar-benar nyaris sama. Keduanya memiliki anjing bernama Toy ketika mereka masih kecil. Keduanya juga menikah dua kali. Selain itu, mereka berdua juga mengemudikan mobil yang sama, yakni mobil jenis Chevys, merokok dengan merek yang sama, dan juga minum dengan merek yang sama pula.

7. Anak kembar kebanyakan dilahirkan dari ibu dengan postur tubuh tinggi

(foto: Distractify)

The Long Island Jewish Medical Center menemukan bahwa wanita yang lebih tinggi cenderung memiliki lebih banyak faktor pertumbuhan seperti insulin (IGF), sebuah protein yang meningkatkan kesempatan wanita untuk berevolusi. Semakin IGF tinggi, semakin besar pula kesempatan wanita untuk hamil anak kembar.

Penelitian lain menemukan bahwa wanita yang melahirkan anak kembar itu rata-rata satu inci lebih tinggi daripada ibu lainnya.

6. Anak kembar sudah saling berinteraksi sejak dalam rahim

(foto: Distractify)

University of Padova baru-baru ini menemukan bahwa anak kembar sudah sangat dekat ketika mereka masih di dalam rahim. Pada masa 14 minggu kehamilan, anak kembar terlihat meraih satu sama lain. Empat minggu kemudian, mereka saling menyentuh satu sama lain dan itu mereka lakukan lebih sering daripada menyentuh tubuhnya sendiri.

5. Kembar siam bisa saling mendengar pikiran dan melihat satu sama lain

(foto: Distractify)

Krista dan Tatiana Hogan adalah contoh anak kembar yang kepalanya saling melekat. Karena hal itulah, mereka saling berbagi thalamus, bagian dari otak yang mengontrol sensasi fisik dan fungsi motorik. Akibatnya, mereka dapat melihat satu sama lain dari masing-masing mata mereka dan juga bisa saling mendengar pikiran. Mereka juga bisa merasakan dan melihat apa yang orang normal tidak bisa lakukan.

4. Kembar identik tidak memiliki sidik jarik yang sama

(foto: Distractify)

Sidik jari tak hanya dibentuk oleh DNA. Meskipun mereka semulanya memiliki sidik jari yang sama, tapi ketika usia kehamilan 6-13 minggu, mereka akan mulai bergerak dan menyentuh kantung ketuban yang membentuk sendiri pola sidik jari mereka.

3. Anak kembar tidak harus terlahir dalam waktu bersamaan

(foto: Distractify)

Amy dan Katie adalah anak kembar yang terlahir dalam waktu yang berbeda. Kantung ketuban ibu mereka pecah saat usia kehamilannya baru 23 tahun. Akibatnya, Amy harus lahir duluan ke dunia ini dalam keadaan prematur. Sementara Katie harus berjuang hidup di dalam rahim. Tetapi akhirnya Katie terlahir dengan selamat 87 hari setelah saudaranya Amy dilahirkan.

2. Kembar identik bisa jadi penjahat paling membingungkan

(foto: Distractify)

Kembar identik memiliki 99,9% DNA yang sama. Pada bulan Januari 2009 lalu, perhiasan senilai $6,8 juta dicuri di Berlin. Tetapi pelaku meninggalkan jejak berupa keringat. Kemudian polisi mengekstrak keringat pelaku dan kemudian melacak pelaku dengan menggunakan sampel DNA dari keringat yang ditinggalkannya.

Hasilnya, polisi menemukan dua orang bernama Hassan dan Abbas O, yang merupakan kembar identik. Keduanya menolak bahwa mereka telah mencuri perhiasan tersebut dan menuduh orang lain. Karena polisi tidak bisa mengidentifikasi mana pelakunya karena memiliki DNA yang sama, akhirnya mereka berdua dibebaskan.

1. Anak kembar bisa menciptakan bahasa sendiri

(foto: Distractify)

Bayi kembar cenderung membuat bahasa sendiri untuk bisa berkomunikasi dengan saudaranya. Uniknya lagi, bahasa tersebut hanya bisa dimengerti oleh mereka sebelum mereka mulai belajar berbicara sungguhan.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog