Rabu, 20 Agustus 2014

10 FESTIVAL PALING INDAH DARI SEGALA PENJURU DUNIA



xin_0120206081244562694110
Salah satu tujuan menjadi backpacker bukan hanya sejedar berpergian saja, namun juga untuk melihat sesuatu yang unik dari destinasi kita. Termasuk berbagai festival dari penjuru dunia ini, pasti akan menarik kita untuk mengunjunginya. Selain tak ada duanya dan tak bisa ditemukan di tampat lain, festival2 ini menunjukkan identitas negara tersebut. Festival2 ini juga dianggap penting dalam tradisi mereka sehingga pasti sangat menyenangkan rasanya larut dalam kegembiraan yang mereka rasakan. Nah, berikut ini adalah 10 festival terindah di dunia yang patut untuk disaksikan.
1. Rio Carnival (Rio de Janeiro, Brazil)
rio-tur-carnival-imperatriz
Karnaval Rio de Janeiro dianggap sebagai karnaval terbesar di dunia dengan sekitar dua juta peserta tiap tahunnya. Dalam karnaval ini, jalanan akan dipenuhi dengan penari samba dengan kostum warna-warni serta pawai kendaraan hias. Karnaval ini biasa diadakan sekitar Februari/Maret. Namun bagi yang membawa anak kecil, sebaiknya jangan diajak, sebab dalam karnaval ini akan ditemui banyak penari wanita berpakaian seronok.
2. Alburquerque International Baloon Fiesta (Alburquerque, AS)
File Name : DSC_0324.JPG<br /><br />File Size : 2.5MB (2575184 Bytes)<br /><br />Date Taken : 2002/10/12 00:10:48<br /><br />Image Size : 3008 x 1960 pixels<br /><br />Resolution : 300 x 300 dpi<br /><br />Bit Depth : 8 bits/channel<br /><br />Protection Attribute : Off<br /><br />Hide Attribute : Off<br /><br />Camera ID : N/A<br /><br />Camera : NIKON D1X<br /><br />Quality Mode : FINE<br /><br />Metering Mode : Matrix<br /><br />Exposure Mode : Aperture Priority<br /><br />Speed Light : Yes<br /><br />Focal Length : 80 mm<br /><br />Shutter Speed : 1/180 second<br /><br />Aperture : F6.3<br /><br />Exposure Compensation : +0.7 EV<br /><br />White Balance : Direct Sunlight<br /><br />Lens : 80 - 200 mm F 2.8<br /><br />Flash Sync Mode : Rear Curtain<br /><br />Exposure Difference : 0.0 EV<br /><br />Flexible Program : No<br /><br />Sensitivity : ISO250<br /><br />Sharpening : Normal<br /><br />Image Type : Color<br /><br />Color Mode : Mode I(sRGB)<br /><br />Hue Adjustment : 3<br /><br />Saturation Control : N/A<br /><br />Tone Compensation : Less Contrast<br /><br />Latitude(GPS) : N/A<br /><br />Longitude(GPS) : N/A<br /><br />Altitude(GPS) : N/A
Festival balon udara terbesar di dunia ini selalu dilaksanakan tiap awal Oktober. Festival ini berlangsung selama 9 hari dan melibatkan sekitar 750 balon raksasa. Tak hanya warna-warni, namun balon2 yang dipamerkan juga memiliki berbagai macam bentuk.
Albuquerque-International-Balloon-Fiesta7
3. Festival of San Fermin (Pamplona, Spanyol)
corrida_san_fermin
Festival yang diadakan tiap 6-14 Juli tiap tahunnya di kota Pamplona, Spanyol ini mungkin merupakan festival paling seru di dunia. Berbagai atraksi dipertontonkan dalam festival ini, mulai dari pawai, pesta kembang api, dan diakhiri dengan aksi matador. Namun bagian paling terkenal dalam festival ini adalah “encierro” atau “running of the bull” dimana ratusan partisipan akan berlari di depan banteng di sepanjang jalanan kota. Festival ini adalah festival paling terkenal di Spanyol dan menarik lebih dari sejuta wisatawan domestik maupun mencanegara.
4. Loi Krathong (Chiang Mai, Thailand) dan Pingxi Lantern Festival (Pingxi, Taiwan)
yi_peng_sky_lantern_festival_san_sai_thailand
Loi Krathong adalah festival paling terkenal di Thailand yang berlangsung sekitar bulan November. Pada perayaan ini, ribuan lampion diterbangkan ke udara saat malam, menghasilkan pertunjukan cahaya yang sangat indah. Perayaan festival ini paling meriah berlangsung di kota Chiang Mai.
Sama seperti di Thailand, pada Pingxi Lantern Festival juga dilepaskan ribuan lentera ke udara. Di tiap lentera dituliskan keinginan kita dan dipercaya, lentera tersebut akan mengantarkan keinginan kita tersebut ke surga. Festival ini merupakan bagian dari tahun baru Cina yang dilaksanakan setiap pertengahan Januari-Februari.
lantern festival
6857237249_31e989f2b7_z
5. Yu Yuan Lantern Festival (Shanghai, Cina)
lantern-festival
Lentera memang menjadi dekorasi utama bagi perayaan tahun baru Cina. Nah, di Yu Yuan Garden, Shanghai, sekitar 1,5 juta pengunjung yang datang tiap tahun pada pesta tahun baru akan dimanjakan dengan keindahan lentera2 dengan berbagai bentuk dan warna.
37c87915-1fc4-4dad-a381-d7af713749a6
6. Harbin International Ice and Snow Festival (Harbin, Cina)
Harbin-Ice-Snow-Festival-Cina1
Letak kota Harbin di wilayah Siberia dengan suhu mencapai -16 derajat celcius tak menghentikan langkah jutaan turis untuk berbondong2 datang tiap musim dingin. Alasannya, karena ada festival pahatan patung es terbesar di dunia. Festival ini berlangsung mulai dari 5 Januari selama sebulan penuh. Keindahan pahatan es ini akan bertambah dengan pertunjukan laser warna-warni apabila malam tiba.
7. Diwali/Festival of Light (India)
01-golden-temple-diwali
Festival cahaya ini merupakan hari raya paling penting bagi umat Hindu di India, mungkin biasa dianggap setara dengan Natal bagi oang Barat, Idul Fitri bagi Muslim, dan Tahun Baru bagi orang2 Cina. Festival ini merayakan masa panen sekaligus menghormati Dewi Laksmi. Perayaan ini berlangsung selama 5 hari antara pertengahan Oktober-November, tergantung pada kalender Hindu. Seperti namanya, pada perayaan ini dinyalakan lampu tradisional bernama “diya” bahkan sering dimeriahkan dengan kembang api.
8. Holi/Festival of Colour (India)
holi-1
Festival ini memang layak disebut festival warna sebab dirayakan dengan cara saling melemparkan tepung warna-warni ke arah kerumunan. Uniknya, di dalam festival ini, kasta tidak lagi diperhitungkan. Pria wanita, tua muda, semuanya larut dalam kegembiraan. Festval ini dirayakan saat bulan purnama pada akhir musim dingin/awal musim semi (sekitar Februari/Maret). Tanggalnya berubah-ubah sesuai kalender Hindu.
9. Obon Festival (Jepang)
obon-festival-japan
Festival ini merupakan salah satu festival terpenting di Jepang, sebab di kesempatan ini, rakyat Jepang memiliki kebiasaan untuk pulang ke kampung halamannya dan berkumpul bersama keluarga untuk mendoakan arwah anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Salah satu tradisi penting dalam festival ini adalah “toro nagashi” atau “floating lanterns” dimana lentera2 akan diapungkan di sungai sebagai simbolisme untuk mengantar arwah orang2 yang mereka cintai ke surga.
10. Carnival of Venice (Venesia, Italia)
italy-venice-carnevale
Dan inilah menurutku festival terindah di dunia, yakni karnaval topeng di Venesia. Festival ini diadakan sebelum masa Prapaskah (sekitar Februari/Maret). Sekitar 3 juta turis datang tiap tahun untuk melihat, apalagi selain pesta kostum dan pesta topeng khas Venesia yang misterius sekaligus menawan.
800px-Venice_Carnival_-_Masked_Lovers_(2010)
BONUS:
Bali Kite Festival (Sanur, Bali)
bali-kite11
Festival layang2 ini diadakan tiap bulan Juli di pantai Sanur untuk menghormati dewa2 Hindu. Bukan layang2 biasa yang dipertunjukkan di sini, melainkan layang2 raksasa dengan ukuran lebar 4 m dan panjang 10 m. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari menyerupai Dewa Wisnu hingga bentuk2 kontemporer seperti kapal, delman, hingga karapan sapi. Pasti menarik sekali menyaksikannya.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog