Rabu, 20 Agustus 2014

10 PAKAIAN TRADISIONAL TERINDAH DI DUNIA




4032952463_ab1a3d7c61
Sadarkah kita bahwa hampir setiap hari sebenarnya kita memakai pakaian tradisional bangsa lain? Yup, hampir semua yang kita pakai seperti celana, rok, jas, dasi, hingga topi adalah pakaian tradisional bangsa Barat. Mereka dipakai bukannya karena lebih indah atau praktis, namun lebih karena "ikut-ikutan" dan gengsi sebab semua orang memakainya. Contohnya jas, kalau dipikir2 jas sangatlah tak cocok bagi iklim tropis seperti Indonesia. Jas dipakai justru di negeri beriklim dingin untuk membantu menghangatkan diri. Namun kenapa ya orang Indonesia ikut-ikutan latah memakainya walau tahu jas justru membuat kita semakin gerah? Batik tentu lebih cocok dipakai (tak hanya Jumat saja namun juga setiap hari).
Padahal di berbagai penjuru dunia, tak sedikit bangsa yang sangat bangga pada pakaian tradisionalnya. Berikut ini adalah 10 pakaian tradisional paling indah di muka bumi (apalagi kalo yang memakainya adalah model2 cantik di bawah ini hehehe).
1. Kebaya

Yup, inilah baju tradisional kebanggaan kita. Sayangnya, kini kebaya sudah berganti identitas dari pakaian sehari-hari wanita Indonesia menjadi pakaian pesta yang hanya dipakai pada saat2 penting. Bagi orang Jawa sepertiku, miris rasanya melihat kebaya kini hanya dipakai oleh nenek2 yang berjualan atau berbelanja di pasar tradisional. Padahal setahuku Kate Middleton saja memakai busana pengantin yang atasannya sangat mirip dengan kebaya dan ternyata menjadi trend fashion dunia.
2. Baju Adat Dayak Ngaju
dayak3
Jujur, ini adalah baju adat Indonesia terfavoritku. Suasana alam berupa hutan belantara yang lebat memberikan inspirasi bagi suku Dayak untuk menghiasi baju tradisional mereka dengan motif-motif flora yang indah. Pewarna yang mereka gunakan pun berasal dari bahan alami yang ramah lingkungan. Baju kaum lelaki berupa rompi yang disebut sangkartut, sedangkan yang wanita menggunakan baju kurung “ngasuhui” dan roknya sebatas betis yang disebut “salui”. Ikat kepalanya yang disebut “lawung bawi” pun tak kalah unik dengan hiasan bulu burung haruei. Terakhir, tentu baju adat Dayak tak lengkap tanpa hiasan kalung manik-manik dan anting-anting.
3. Baju Adat Bali
canon project 586
Bali adalah salah satu daerah yang masih memegang teguh pemakaian busana adatnya. Terdapat tiga tingkatan baju adat Bali, yakni busana adat nista (digunakan dalam kehidupan sehai-hari), busana adat madya (digunakan saat beribadah ke pura), dan busana adat agung (digunakan dalam pernikahan). Secara pribadi, aku suka sekali dengan busana adat madya laki-laki Bali. Gara2nya dulu aku pernah melihatnya dalam sebuah acara TV kabel bertema backpacker “Departure”. Saat itu, dua host-nya (bule) memakai baju adat Bali berwarna putih lengkap dengan sarung dan ikat kepala (udeng). Keren banget menurutku, bahkan aku bermimpi suatu saat aku akan menikah memakai baju adat Bali ini hahaha.
4. Kimono
File:Kimono lady at Gion, Kyoto.jpg
Inilah baju tradisional paling terkenal di dunia. Namun kini bagi wanita di negara maju seperti Jepang yang tentu banyak beraktivitas, penggunaan kimono sudah sangat jarang dan hanya pada event2 tertentu saja seperti pesta dan hari raya. Kimono kini lebih digantikan dengan yukata yang lebih praktis.
5. Sari
amrita-rao-in-traditional-indian-dress
Pakaian tradisional ini juga pasti tak asing lagi. Berbeda dengan di Indonesia yang kaum wanitanya tak lagi pede berpakaian kebaya dalam kehidupan sehari-hari, wanita India justru sangat bangga dan memakai sari dalam setiap kesempatan.
6. Qipao atau Cheongsam
traditional-chinese-ethnic-dress-lace-cheongsam  qipao-1
Menurutku inilah baju tradisional paling "wow" sepanjang pengamatanku. Walaupun warga Cina sendiri tak mengakui qipao sebagai busana tradisional asli mereka, namun qipao terlanjur dikenal sebagai busana khas negeri bambu tersebut. Qipao sebenarnya baru marak pada 1925 terutama di Shanghai dan banyak dipengaruhi oleh arus westernisasi. Dulu qipao banyak dipakai oleh wanita2 bangsawan dan hingga kini dipakai hanya pada saat pesta2 dan perayaan besar saja.
7. Ao Dai
ao-dai-traditional-dress-of-vietnamese-girl
Sangat terpengaruh oleh gaya berbusana wanita Cina, wanita Vietnam juga punya busana tradisional sendiri yang sangat mereka banggakan, yaitu Ao Dai. Kebangkitan Vietnam sebagai negara yang patut diperhitungkan di percaturan dunia membuat ao dai ini semakin populer. Baju ini juga menurutku sangat indah dan sopan, apalagi kalau dipakai gadis2 Vietnam yang cantik2 ini hehehe.
8. Kaftan
Caftan-Fleur-de-Lys-1Busana khas Maroko ini juga sangat indah dan mulai terkenal, apalagi di negara mayoritas muslim seperti negara kita. Busana ini dicirikan dengan kainnya yang longgar sebagai adaptasi di negara gurun seperti Maroko.
9. Baju-baju Eropa

Busana Eropa dicirikan dengan penggunaan rok panjangnya. Ada berbagai macam busana tradisional di Eropa (yang menurutku sih tak seindah busana2 wanita di Asia). Namun perkecualian untuk dua negara, Bulgaria dan Spanyol. Spanyol memiliki busana flamenco yang terkenal dengan roknya yang berlapis-lapis ala gypsi, sedangkan Bulgaria dan negara2 Eropa Timur lainnya terkenal dengan kain-kainnya yang bermotif indah dan penuh warna.
BulgariaDress10. Batik
Dan inilah menurutku pakaian tradisional terindah di dunia, yaitu batik. Tak heran karena keindahannya, artis Hollywood sekelas Jessica Alba-pun memakainya.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog