Sabtu, 04 Juli 2015

Urban Legend Anime dan Manga yang Kita Tidak Ketahui



Banyak rumor yang menyelimuti manga dan anime asal negeri Sakura. Salah satu yang paling sering kita dengar adalah rumor tentang episode terakhir dari kisah si robot kucing Doraemon, dimana pada episode tersebut diceritakan Nobita ternyata hanya mengalami mimpi panjang bertualang dengan Doraemon. Beberapa teori lain juga santer beredar. Mau tau? Yuk dimari…

Spirited Away dan Industri “Panas”

Ada gosip yang beredar bahwa film animasi Spirited Away karya Hayao Miyazaki sebenarnya adalah perumpamaan kehidupan industri “panas” di Jepang, dimana pemandian umum tempat Chihiro bekerja sebenarnya adalah kedok bagi rumah bordil. Salah satu industri “panas” yang dikenal di Jepang adalah soapland dimana pekerja di sana “memandikan” pelanggan laki-laki dalam tempat yang diatur mirip seperti pemandian umum.
Yubaba diibaratkan seperti “nyoya rumah” dengan reputasi yang buruk, didasari pula oleh semua pelanggan supranatural yang berkunjung adalah laki-laki. Chihiro diberi julukan “Sen” ketika mulai bekerja di sana, sebagaimana Yubaba mengganti semua nama pekerjanya. Ini adalah praktek yang cukup dikenal dalam industri tersebut.

Prince of Tennis


Manga dan anime yang populer ini memiliki seri jangka panjang dalam Weekly Shounen Jump dan juga dikenal akan reputasinya atas gerakan-gerakan tenis yang tidak masuk akal (bahasa Indonesia-nya: gerakan lebay :P). Sementara itu, walaupun banyak orang yang menyenangi manga ini, tetapi ada rumor yang mengatakan bahwa organisasi tenis resmi di Jepang merasa sebaliknya. Mereka menulis sebuah surat terbuka kepada majalah yang dimaksud untuk menyampaikan keluhannya. “Tolong berhenti menggunakan nama ‘tenis’. Itu bukan tenis lagi. Kami ingin Anda menggunakan kata lain seperti ‘teninu’ atau ‘tenis-ultra’ sebagai gantinya,” protes mereka.

Laputa: Castle in the Sky


Terkadang ketika sebuah film ditayangkan di televisi, ada bagian yang dipotong atau ditambahkan untuk menyesuaikan dengan terbatasnya waktu. Hal ini dirumorkan sengaja dilakukan untuk menyiarkan adegan tambahan Laputa:Castle in the Sky dari Studio Ghilbi.
Rumor mengatakan ada adegan dimana Pazu mengunjungi Sheeta di kota kelahirannya dan adegan lainnya ketika Sheeta menyembunyikan kristal di dalam perapiannya. Namun, Studio Ghilbi secara resmi membantah adanya adegan tersebut.
Sebelumnya, ada urban legend tentang adegan jatuhnya Muska ketika runtuhnya benteng, dan ternyata rumor tersebut terbukti kebenarannya.

Minky Momo dan Gempa Bumi


Ada keyakinan bahwa episode animasi Magical Princess Minky Momo, entah bagaimana caranya, terkait dengan terjadinya gempa bumi di Jepang. Kasus pertama terjadi pada tahun 1983 ketika episode 46 dari seri gadis-ajaib  ditayangkan. Sebuah peringatan muncul menginformasikan bahwa gempa ringan telah melanda wilayah Kanto.
Selama penayangan episode terakhir akhir tahun itu, Gempa Laut Jepang melanda negara sakura, menewaskan 104 orang. Kemudian, sebagaimana legenda berjalan,  episode terakhir itu kembali ditayangkan pada tanggal  17 Januari 1995 dan terjadilah Gempa Besar Hanshin yang jauh lebih mematikan.

Jojo’s Bizarre Adventure dan Serangan WTC 9/11


Volume 20 dari seri JoJo  diterbitkan pada bulan Februari 1991 dan di dalamnya kita bisa menemukan “ramalan” akan terjadinya peristiwa WTC 9/11. Di salah satu halaman, di latar belakangnya terdapat gambar sebuah bulan sabit, matahari, dan pesawat terbang yang tersenyum agak sinis.
Kemudian pada halaman lain salah satu karakter melihat jam tangannya dan mengatakan “Oh, sekarang (jam) 10:30!” Menara WTC runtuh pada kedua 10:28. Hal tersebut membuat manga ini berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Episode Terakhir Sazae-san


Sazae-san seri animasi yang dimulai penayangan pada tahun 1969 dan masih tayang hingga kini (44 tahun), menjadikannya sebagai pemegang gelar dalam Guiness Book of Record sebagai seri animasi dengan penayangan terpanjang. Sebagian orang merasa bahwa episode terakhir dari serial animasi akan mengungkapkan bahwa seluruh keluarga telah benar-benar tewas dalam kecelakaan pesawat di laut saat pergi berlibur. Itulah mengapa setiap karakter dinamai berdasarkan nama benda yang dapat ditemukan di laut.

Episode Tersembunyi Doraemon


Ada juga teori yang mengatakan bahwa seluruh seri Doraemon sebenarnya adalah mimpi Nobita ketika dia terbaring sakit setelah mengalami kecelakaan mobil. Jika benar, maka hal tersebut menjelaskan adanya episode aneh yang tersembunyi sebagaimana yang telah dirumorkan nyata adanya.
Pada episode tersebut Nobita meminta Doraemon untuk berbelanja di alam lain. Doraemon setuju dan mengeluarkan sebuah lingkarang yang membawa mereka ke sana. Di sana mereka bertemu orang-orang yang berbicara dengan gumaman yang tidak dapat dimengerti.
Kemudian mereka memasuki sebuah ruangan yang di dalamnya terdapat replika besar dari planet Bumi. Namun, replika tersebut retak, terbuka, dan mulai mengeluarkan darah. Nobita dan Doraemon ketakutan dan berpelukan sambil menangis tersedu-sedu.

Karakter Perempuan dalam My Neighbor Totoro

 
Sebagian penonton animasi My Neighbor Totoro menemukan terdapat keanehan pada film ini, yaitu dua pemeran protagonis Mei dan Satsuki kehilangan bayangan mereka. Akibatnya, lahirlah teori bahwa mereka mati di tengah-tengah film dan tidak menyadarinya, sehingga  dapat menjelaskan pertemuan dengan makhluk supranatural Totoro yang dianggap oleh beberapa orang sebagai roh kematian.
Ghibli membuat pernyataan di blog mereka yang mengatakan bahwa alasan bayangan dihilangkan hanyalah taktik pemotongan biaya.

Episode Terakhir Crayon Shin-chan


Pada episode terakhir banyak orang yang menduga bahwa karater utama Shinnosuke telah meninggal dunia ketika berusia 5 tahun saat berusaha menyelamatkan adiknya yang masih bayi dari tabrakan mobil, sehingga semua petualangan dan kenakalan yang dilakukannya selama ini ternyata adalah imajinasi ibunya yang sedang berduka. Di episode ini kita akan mengerti bahwa selama ini sang ibu hanya membayangkan bagaimana kehidupan anaknya yang telah tiada jika masih hidup. Sebutan “Crayon” adalah benda yang melekat dalam ingatannya tentang anaknya itu.
Ada juga teori, yang mungkin 100% benar, yang mengatakan jika karakter Shinko-chan, anak gadis dari masa depan, sebenarnya adalah adik dari Shinnosuke. Beberapa kali dalam seri animasinya ia sering hampir mengatakan “oni… (kakak laki-laki dalam bahasa jepang)” hanya untuk kemudian untuk meneruskan kalimat“kepala oni-giri…”

Selamat Tinggal Doraemon


Cerita ini beredar di hari saat meninggalnya Hiroshi Fujimoto (Fujio Fujiko), tiba-tiba Doraemon muncul di layar TV di tengah malam. Saksi mata mengatakan  pada episode ini kita hanya melihat Nobita yang berjalan membelakangi kamera selama 10 menit. Kemudian, di akhir film Nobita berkata “Aku harus pergi sekarang.” Dan layar TV pun memudar menjadi hitam.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog