Senin, 27 Juli 2015

Fakta Mengejutkan dari Tenggelamnya Kapal Titanic




 
 Masih tersimpan dalam ingatan kita tentang film Titanic yang sangat booming di tahun 1998. Film yang dibintangi Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet tersebut meraih sukses besar. Kita tahu bahwa Titanic adalah tragedi yang diangkat dari kisah nyata. Film yang memang terkenal banget ini berhasil meluluhkan hati jutaan penontonnya. Banyak yang tidak bosan untuk menontonnya kembali.

Pada tahun 1912, kapal Titanic yang dikatakan sebagai kapal terkuat di dunia justru tenggelam di pelayaran pertamanya. Air mata mengiringi tenggelamnya kapal yang sangat mewah tersebut. Banyak fakta tentang Titanic yang baru terungkap. Akhir perjalanan Titanic menjadi awal salah satu legenda terbesar dalam sejarah manusia, memicu rasa penasaran dan imajinasi tak bertepi.

Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana persisnya kapal raksasa itu tenggelam? Mengapa jumlah korbannya begitu banyak? Seperti apa suasana detik-detik terakhir sebelum kapal itu ditelan kegelapan abadi? Seperti yang dilansir lollipop.sg ada 12 fakta mengejutkan yang terjadi pada malam di mana Titanic tenggelam. Silakan lihat pada halaman berikutnya.

Andai Gunung Es Terlihat 30 Detik Lebih Awal

Fakta 1:
Ada seorang warga negara Jepang yang lolos dari kapal tersebut pada saat tenggelam. Tetapi ketika ia kembali ke Jepang, ia malu untuk bercerita, dan mengungkapkan kalau ia sudah turun dari kapal sebelum kapal tenggelam. Warga jepang menyebutnya pengecut karena tidak ikut menjadi korban bersama dengan penumpang yang lain.

Fakta 2:
Salah satu momen paling emosional dari film Titanic adalah ketika para anggota band terus bermain untuk menenangkan penumpang. Dan ini sebenarnya memang terjadi. Mereka bermain selama berjam-jam setelah kapal menabrak gunung es. Band Titanic ini terdiri dari delapan orang di bawah arahan Wallace Hartley. Mereka memainkan musik sampai akhir. Menurut laporan Harold Bride, band ini diduga memainkan lagu “Automne Songe,” waltz karya Archibald Joyce di saat terakhir ketika Titanic akan tenggelam pada April 10, 1912 . Tidak ada anggota dari band ini yang selamat.

Fakta 3:
Jika gunung es dilihat oleh kapten kapal 30 detik lebih cepat pasti kecelakaan dapat dihindari. Sayangnya sudah terlambat, padahal Kapten Smith adalah seorang kapten yang handal dengan bayaran tertinggi sebesar £ 1.250 per bulan.

Fakta 4:
Raja coklat Milton Hershey, membatalkan reservasi tiket untuk Titanic pada menit-menit terakhir sebelum Titanic berangkat karena ada masalah dalam bisnis coklatnya.Sehingga dirinya tidak menjadi bagian dari kecelakaan nahas tersebut. Beruntung sekali ya pria ini.

Fakta 5:
Tahukah Anda bahwa empat cerobong asap yang terdapat dalam kapal Titanic yang sangat terkenal itu ternyata cerobong yang keempat tidak bekerja sama sekali. Cerobong itu hanya digunakan sebagai hiasan pemanis saja.

Fakta 6:
Lebih dari setengah dari sekoci di kapal tidak terisi penuh. Pada awalnya, latihan menggunakan sekoci dalam keadaan darurat dijadwalkan diadakan pada tanggal 14 April 1912 atau pada hari setelah Titanic menghantam gunung es.Namun, untuk alasan yang tidak diketahui, Kapten Smith membatalkan latihan tersebut. Banyak yang percaya bahwa jika latihan jadi dilangsungkan, korban yang tewas bisa diminimalkan.

Fakta 7:
Hanya satu kapal laut dalam sejarah yang tenggelam dalam gunung es yaitu Titanic. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 60 kaki. Dari saat armada mengirimkan tanda bahaya, hanya ada waktu 37 detik bagi awak kapal untuk bereaksi sebelum Titanic menabrak gunung es.Pada waktu itu, Perwira Pertama Murdoch memerintahkan kapal berbelok untuk menghindar serta memutar baling-baling kapal pada arah berlawanan untuk mundur. Namun karena waktu yang sempit, kapal tetap menabrak gunung es.

Fakta 8:
Sebelumnya telah dibuat perahu penyelamat jika terjadi bahaya darurat. Tetapi perahu penyelamat ini batal digunakan. Seandainya tidak dibatalkan pasti banyak korban yang bisa diselamatkan.

Fakta 9:
Gunung es yang ditabrak oleh kapal Titanic sebenarnya telah ada disitu sejak 1,000 tahun SM. Kecepatan Titanic saat menabrak gunung es tersebut sekitar 21-22 knot. Dari sini diketahui bahwa pada saat itu Titanic telah berlayar selama 20 menit.

Fakta 10:
Anggaran untuk film James Cameron yang berjudul Titanic masih lebih tinggi dibandingkan anggaran yang dihabiskan untuk membangun kapal dalam kehidupan nyata. Tetapi, saat film itu kehabisan anggaran, James malah memotong bayarannya sebagai sutradara sebesar 8 juta dollar Amerika.

Fakta 11:
Salah seorang koki kapal yang selamat, ternyata meminum alkohol sesaat sebelum kecelakaan terjadi sehingga suhu tubuhnya terus naik dan bisa diselamatkan.

Fakta 12:

Operator nirkabel kapal California mengirim pesan kepada Titanic yang menyatakan bahwa kapal telah berhenti dan dikelilingi oleh es. Pembicaraan operator California itu tiba-tiba dipotong oleh 1st Operator Titanic Wireless John Phillips,sehingga mereka tidak berhasil menyelamatkan lebih banyak korban yang tenggelam.

Dari fakta-fakta diatas dapat kita simpulkan bahwa kecanggihan teknologi yang telah dirancang dengan sangat apik dapat hancur begitu saja karena kelalaian manusia, dari situ dapat kita petik hikmahnya.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog