Sabtu, 22 November 2014

PETAKA BERSELIMUT KEINDAHAN: 10 TANAMAN PARASIT PALING EKSOTIK



104894-004-086BCE20
Ternyata nggak cuman temen ama sodara elo aja yang bisa jadi parasit guys. Bahkan tumbuhan yang keliatan unyu2 dan nggak berdosa juga bisa jadi parasit. Tumbuhan parasit bisa dibedain jadi dua, yaitu hemiparasit (parasit sebagian) yang masih bisa berfotosintesis dan holoparasit (parasit sejati) yang bisanya cuma nyedot2 kehidupan tanaman lainnya nggak pake rasa bersalah *sounds like someone you know?* Well, bagaimanapun nistanya tumbuhan2 parasit ini, ternyata nggak sedikit lho yang enak dilihat bahkan sebenarnya ada manfaatnya bagi manusia. Mau tau? Ini dia 10 tanaman parasit paling eksotis.
1. Anggrek Sarang Burung (Neonitta nidus-avis)
Neottia_nidus-avis_a_Charmes-la-Cote_1   neottia_nidus-avis_ae9635
Ternyata di antara bunga2 anggrek yang bermahkotakan keindahan dan keagungan, ada juga anggotanya yang terjerumus ke lembah nista #halah# Anggrek ini misalnya, justru memilih menjadi tanaman parasit. Tapi apa boleh buat guys, soalnya dia mengaku nggak bisa berfotosintesis #ah alesan# Tanaman ini sarang burung karena akarnya yang berbelit2 mirip, well... sarang burung #ya iyalah masa mirip sarang kuda nil#. Sayang, ia nggak bakal kita temuin di Indonesia, soalnya habitatnya cuma di Eropa, Afrika Utara, hingga Iran.
2. Tali Putri (Cuscuta)
450px-Cuscuta_parasite_plant
Belitan sang putri kematian ini emang udah dikenal di mana2. Tumbuhan yang lebih dikenal dengan nama “dodder” ini emang parasit sejati. Duh, pokoknya jangan ampe deh tanaman ini ketemu ama Gita Gutawa. Tapi nggak nyangka ya, tali putri yang kejam ini ternyata punya bunga yang indah.
flowerLana_cuscuta_flower
Selain itu, beberapa peneliti juga membuktikan bahwa tumbuhan ini menemukan mangsanya dengan cara “mengendusnya” alias tanaman ini diduga punya indra penciuman. Wow!
3. Christmas Tree (Nuytsia floribunda)
nuytsia-floribunda pic 1
Tanaman ini menyembunyikan kedoknya sebagai parasit tingkat tinggi lewat namanya yang berbau religius: pohon natal. Dinamakan demikian karna tanaman ini berbunga pas pada musim Natal di Australia. Namun tetep aja guys, tanaman ini sama sekali nggak ada bau2 alimnya, soalnya akarnya yang menyebar dalam tanah akan menyerap semua energi dari tanaman2 malang yang tumbuh di sekitarnya. Bahkan, akar tanaman ini pernah diketahui menyerang dan membeliti kabel listrik bawah tanah. Sadiiiiis!
4. Broomrape (Orobanche)
402px-Broomrape_(Cistanche_tubulosa)_Negev
Jangan tertipu guys dengan kecantikan dan keindahan bunganya, sebab itu hanyalah kedok tumbuhan parasit ini #cuih cuih# Tumbuhan ini amat unik, sebab tak kasat dan hanya terlihat apabila sudah musimnya untuk berbunga. Uniknya, biji tumbuhan ini hanya dapat berkecambah apabila ada “trigger” berupa bahan kimia tertentu yang dihasilkan tumbuhan inangnya. Begitu “merasa” ada korban di dekatnya, maka biji tersebut akan bangkit dari masa dorman (tidur panjang) dan nggak membuang waktu untuk langsung menyerangnya.
5. Mistletoe (Loranthus)
486px-MistletoeInSilverBirch
Nah, kalo parasit ini pasti udah kita kenal banget, soalnya sering kita denger ungkapan, “awalnya malu2, lama2 jadi benalu”. Benalu emang terkenal di seluruh penjuru dunia. Tanaman ini walaupun merugikan tanaman yang diparasitinya ternyata memiliki banyak kegunaan lho. Tanaman ini penting banget buat burung, soalnya burung ternyata doyan banget buah berry-nya yang lezat. Selain itu tanaman ini juga bisa menjadi sarang “praktis” bagi burung yang akan bertelur. Bagi manusia, tanaman ini juga berpotensi sebagai obat. Di Eropa, tanaman ini laris di kala Natal sebagai hiasan. Nama “mistletoe” juga digunain ama Justin Bieber sebagai judul salah satu albumnya #hmmm...emang pantes ya#
Ekspresi Belieber: “Maksud loe????”
6. Christisonia
christinsonia
Tanaman ini nggak cuman punya nama yang bagus guys, tapi juga bunganya ... wow memukau! Tapi siapa sangka tumbuhan ini ternyata parasit yang berkerabat dekat dengan broomrape. Tumbuhan cantik ini ternyata memarasiti tanaman tebu dan merupakan hama yang serius di Filipina.
7. Forest Ghost Flower (Aeginetia indica)
cqs1228960155j    017
Namanya emang lumayan bikin merinding ya, “Bunga Hantu dari Hutan” hiiiy...Tapi jika kalo kamu tanaman yang hidup di sekitarnya, kamu emang layak merinding. Sebab tumbuhan ini emang kayak hantu. Boro2 punya klorofil, punya daun aja kagak. Tanaman ini hidup sebagai parasit akar di bawah tanah dan baru ketauan “belangnya” saat muncul bunganya yang...yah lumayan lah buat ukuran tanaman parasit semacam dia.
8. Cendana (Santalum album)
DSCF3003
Tumbuhan ini memang banyak gunanya bagi manusia, mulai dari untuk membuat kerajinan tangan hingga membikin parfum. Sebabnya tentu tak lain karena kayunya yang harum. Sayang tumbuhan yang dikenal dengan nama “sandalwood” di Barat ini mulai terancam punah karena eksploitasi oleh manusia secara besar2an. Oh ya, sebenarnya tumbuhan “majestic” ini parasit lho dengan mengandalkan akarnya yang akan menempel akar tumbuhan lain untuk mengambil nutrisi. Duh, nggak nyangka ya?
9. Bunga Bangkai (Rafflesia arnoldi)
Rafflesia Inside
Kalo bunga yang satu ini emang elo banget guys *hahaha becanda ding* Bunga ini dikenal sebagai bunga terbesar di dunia. Selain karena kelangkaannya, bunga parasit ini juga dikenal karena baunya yang menyerupai bau zombie *kalo bau bangkai mah udah so last year* Pokoknya, kalo liat bunga ini pas jalan2 di hutan, langsung aja #kabur# soalnya kalo kecium baunya kita bisa ....
klinik tong fang lucu
Bunga ini emang jadi kebanggaan bangsa kita lho soalnya adanya cuman di Indonesia #naseeeeb naseeeb kenapa justru bunga yang bikin kita bangga dan jadi identitas bangsa kita justru bunga BANGKAI???#
10. Sandfood (Pholisma sonorae)
pholis7b
CA07-012_300   sand_food_plants_pholisma_sonorae_b650023
Bentar2 guys...melihat gambarnya, ekspresi gue langsung, “WHAT THE F*CK IS THAT???” Tanaman menyerupai batu ini hanya hidup di gurun pasir Arizona hingga Colorado, Amrik. Oleh penduduk asli Amerika, tumbuhan parasit ini bermanfaat sebagai makanan. Wait a minute, SOMEONE EAT THAT THING???”
Gue: shock mode on
klinik tong fang lucu  klinik tong fang lucu  klinik tong fang lucu
Nah, demikian para readers, 10 tanaman parasit paling indah (dan juga aneh). Ternyata walaupun parasit, beberapa dari mereka tetep ada gunanya. Tapi tetep, jadi parasit bukanlah filosofi hidup yang baek, ya nggak? Jadi parasut aja makanya #halah nggak nyambung#

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog