Sabtu, 22 November 2014

10 PARASIT PALING NAJIS DAN NGGAK BANGET (SUMPAH DEH AMPE MUAL BACANYA)



Denger kata parasit kita langsung teringat ama lagunya Gita Gutawa. Yap, kalo ketemu ama parasit kita emang langsung kepengen "Kamehame" mereka. Tapi kalo parasitnya seperti yang ada di list ini, yang ada malah kita kabur atau bahkan tak sadarkan diri saking jijiknya. Inilah 10 parasit paling menjijikkan, baik dilihat dari segi cara mereka masuk ke tubuh kita, atau bahkan keluarnya. Siap2 ember buat muntah deh sapa tau kalian bakal mual abis baca postingan ini.
1. Taenia (Cacing Pita)
File:Taenia saginata adult 5260 lores.jpg
NB: gambar penggaris di atas adalah penggaris berukuran 30 cm
Ini dia cacing pita yang paling bikin najis seumur-umur. Parasit yang satu masuk ke dalam tubuh kita melalui daging sapi atau babi yang nggak dimasak matang. Cacing ini memang bukan jenis parasit mematikan, nggak kayak cacing tambang yang bisa membuat penderitanya mati kehabisan darah. Paling banter cacing ini bikin sakit perut ampe diare. Karena itu banyak orang yang nggak menyadari mereka terinfeksi cacing ini. Mereka baru nyadar begitu pas mereka be'ol, ada cacing panjang yang bergelantungan keluar lewat their ass. YIKES!!! Apalagi cacing ini (yang normal aja) umumnya tumbuh hingga 2-3 meter bahkan bisa mencapai panjang 10 meter dalam usus manusia. YIKES AGAIN!!!
2. Bot Fly
File:Cephenemya stimulator.jpg
Pernah melihat acara TV kabel "Monsters Inside Me" di National Geographic?  Acara itu bisa dibilang infotainment orang2 biologi dan kedoketran dan bercerita tentang pengalaman orang2 yang pernah terinfeksi parasit (ada dramatisasinya lagi, dah kayak realitiy show aja). Di salah satu episodenya yang bisa kubilang paling menjijikkan, diceritakan seorang olahragawan yang menderita pusing2 setelah berwisata ke Amerika Tengah. Eh, ternyata di kepalanya tumbuh larva lalat atau belatung. Yap, BELATUNG! Bot fly adalah lalat yang menetaskan telurnya di kulit hewan yang terluka. kemudian belatung yang tumbuh akan memakan jaringan hewan yang terluka itu lalu tumbuh menjadi lalat, pop keluar dari tubuh hewan itu. Sialnya mereka juga bisa menginfeksi manusia. Yikes, bayangin aja ada belatung netas jadi lalat di kepala kita, ampun deh.
3. Filaria
 
Cacing ini benar2 menyusahkan bila sampai menginfeksi kita. Cacing ini menular lewat gigitan nyamuk dan menyerang pembuluh limfa. Akibatnya cacing-cacing yang sudah mati akan menyumbat pembuluh limfa dan kaki akan membengkak, menyebabkan penyakit kaki gajah (elephantiasis). Namun istilah elephantiasis banyak diperdebatkan karena artinya sendiri penyakit yang disebabkan oleh gajah, jadi sekarang lebih banyak digunakan istilah penyakit filariasis. Oya, kacaunya, sekali terinfeksi penyakit ini, kamu nggak bakal bisa sembuh. Gambar penyakit kaki gajahnya sendiri terlalu sadis kalo kutaruh di blog ini.
NB: Oya, percaya nggak percaya, cacing ini juga bisa menyerang testis, kalo nggak percaya silakan baca wikipedia, tapi nggak tanggung jawab kalo kalian ampe muntah2 liatnya.
4. Dracunculus (Cacing Guinea)
image
Cacing ini selalu masuk top ten cacing2 parasit paling menjijikkan di dunia. Cacing yang punya nama yang wow banget ini masuk ke tubuh manusia lewat bantuan kutu. Begitu masuk, cacing akan tumbuh dewasa dan apabila siap keluar, cacing ini akan menyebabkan ruam dan rasa gatal2 pada kulit. Kemudian cacing2 akan nyelonong keluar lewat luka tersebut. Oya, buat catatan cacing ini ukurannya lumayan besar, yah seukuran spaghetti deh (I'll never see spaghetti the same way again).
NB: Uniknya, cara untuk mengeluarkan cacing ini (yaitu dengan melilitkannya pada sebatang lidi, soalnya bahaya bila ditarik, bisa putus dan menyebabkan infeksi) mungkin menginspirasi Rod of Asclepius yang menjadi lambang dunia kedokteran saat ini.
5. Candiru
Hewan ini bisa dibilang adalah makhluk paling mengerikan yang pernah ada di dunia. Hewan ini merupakan hewan paling ditakuti di Amazon, bahkan oleh ikan piranha! Hewan sejenis ikan ini sebenarnya adalah parasit pada ikan lain yang lebih besar dengan cara masuk ke insang korbannya dan menghisap darahnya hingga puas. Nah, sialnya hewan ini juga tertarik dengan aroma urine manusia. Saat ada orang tak berdosa pipis di sungai Amazon, ikan ini akan melompat masuk ke dalam kemaluan orang itu dan mulai beraksi (tentunya dengan menyebabkan rasa sakit tak terperikan di bagian “itu”-nya). Nah, sialnya lagi nih, satu-satunya cara untuk mengeluarkan adalah dengan ini...
NB: Pastikan dokter yang melakukannya
6. Loa
File:L loa whole HBa.jpg
Namanya mungkin terdengar tak berdosa, namun cacing ini dikenal dengan nama yang notorious: cacing mata. Menular lewat lalat, cacing ini masuk ke aliran darah dan bisa jalan2 ke berbagai bagian tubuh kita. Namun mereka umumnya terlihat dengan jelas apabila mereka sampai ke mata dan terlihat sedang menggeliat di bola mata kita. Hmmm....unik ya? Bentar ya pembaca ...
##admin ambil ember dan langsung muntah2###
7. Cordyceps
 
Jamur emang jenis makhluk yang menjadi "pain in the ass", bahkan bagi serangga sekalipun. Jamur ini tak sekedar bikin panu, jamur parasit ini dengan kejam akan memangsa serangga yang terinfeksi. Tak hanya itu, untuk berepoduksi, jamur ini akan memunculkan tangkai seperti jamur lazimnya untuk menyebarkan sporanya ... tepat di atas tubuh inangnya! Nah, untungnya jamur ini bisa dimanfaatkan manusia untuk membasmi serangga yang menjadi hama pertanian. Well, aku bisa bayangin bagi petani yang udah gemes liat tanaman padinya puso gara2 serangan belalang atau wereng, cara ini bisa menjadi sweet revenge yang terindah hehehe.
8. Cymothoa exigoa
Hewan ini adalah sejenis Crustacean (berkerabat dengan udang2an) yang punya jalan hidup yang sungguh nista dan tak kenal belas kasihan. Hewan ini akan memarasiti ikan-ikan tak berdosa, memakan lidah mereka, kemudian menempel pada rongga mulut untuk menggantikan lidah mereka. Yap, makanan yang masuk ke dalam tubuh ikan pun sebagian akan masuk ke tubuh mereka. Mantan pacar separasit apapun dijamin masih kalah sama makhluk ini ….
9. Parasitoid
 image
Hewan jenis ini menginspirasi monster di film alien (setelah ditambahi lidah Cymothoa exigoa tentunya) karena cara hidupnya yang teramat sadis. Parasitoid adalah serangga yang meletakkan telur mereka di dalam tubuh serangga lain (umumnya berbeda spesies). Nah, di sini nih mulai kayak film horor. Larva parasitoid akan tumbuh di dalam tubuh serangga inangnya dan memakan organ-organ dalam tubuhnya HIDUP-HIDUP!!! Ketika sudah besar, hewan ini akan menggali keluar dari dalam tubuh inangnya kayak alien beneran !!! 
10. Trichomonas gallinae
File:Tyrannosaurus with infection.jpg
Melihat parasit2 yang menyerang manusia di list, kita mungkin dibikin gemes, nggak tahu diri banget sih mereka menyerang makhluk Tuhan yang paling unyu2 ini? Tapi parasit yang satu ini udah kelewatan beraninya. Parasit purba ini sudah ada sejak manusia belum muncul dan karena nggak ada korban lain, mereka menyerang T-REX!!! Yap, rekonstruksi yang dilakukan terhadap fosil tengkorak T-rex pada 2009 membuktikan bahwa dinosaurus ini pernah diserang oleh parasit yang menimbulkan lesi (luka) pada mulut dan menyebabkannya mati kelaparan. Buseeet dino aja diserang (ampe mati lagi), orang mah diketekin ama dia.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog