Kamis, 20 November 2014

10 Fakta Menarik di Balik Amazon.com.



1. Logo awal Amazon.com

Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994. Pada awalnya Amazon hanya toko buku online, yang fokus menjual buku saja secara online.
Bagaimana bentuk logo Amazon.com pada awal-awal berdirinya?

Ini dia logo awal Amazon.com (tahun 1995)
logo amazon.com pertama

2. Bagaimana rupa desain website Amazon.com pada awal berdirinya?

Ini dia penampakan website Amazon.com pada tahun 1995. Jadul banget pokoke :)

website amazon.com pertama 1995


3. Makna logo terkini Amazon.com (2002 – 2014)

Ini logo Amazon.com yang sekarang kita kenal. Logo ini masih terpampang manis di website Amazon.

Ini dia logo Amazon.com yang sekarang terpampang di laman website dan kardus Amazon.com
arti logo amazon.com

Apa makna logo Amazon ini?
Logo ini dikenal dengan sebutan “the smile and arrow”. Lihat gambar anak panah yang melengkung membentuk senyuman pada logo Amazon tersebut. Itulah “the smile and arrow”.
Arti filosofi di balik gambar anak panah yang senyum itu adalah “kami dengan senang hati menghantarkan barang apapun, dimana saja”.
Pada sebuah rilis, Amazon memberikan keterangan bahwa lengkungan gambar anak panah bermula dari huruf “a” menuju huruf “z”, yang berarti bahwa Amazon.com menjual barang apa saja yang dicari oleh konsumen ketika belanja online, dari A – Z pokoke.

3. Apa buku yang pertamakali laku di Amazon.com?

Buku yang pertama kali laku di Amazon.com berjudul “Fluid Concepts & Creative Analogies: Computer Models of the Fundamental Mechanisms of Thought“, yang ditulis oleh Douglas Hofstadter.

Lihat gambar sampul bukunya. Unik ya? kesan kunonya dapet banget :)
buku fluid concepts and creative analogies amazon

Sampai sekarang buku ini masih dijual di Amazon.com. Kamu bisa membelinya seharga $17.

4. Coba tebak berapa pendapatan tahunan Amazon.com?

Saat ini Amazon.com adalah rajanya e-commerce dunia. Belum ada yang mengalahkan Amazon.com. Pendapatan Amazon.com pada tahun 2010 sebesar $34,2 milyar. Tahu tidak pendapatan tersebut 5x lipat pendapatan Walmart +Target.com + Buy.com. Yup! pendapatan Walmart digabung sama pendapatan Target dan Buy.com kemudian dikali 5 maka itulah pendapatan Amazon.com!
pendapatan tahunan amazon 2010-2013
Tahukah kamu bahwa pendapatan Amazon.com pada tahun 2010 tersebut lebih besar dari Produk Domestik Bruto (PDB) sebagian negara berkembang di dunia ini. Sebutlah contoh, 2x lebih besar dari Honduras, 17x Sierra Leone, 6x Rwanda, dan beberapa negara lainnya.

5. Bagaimana jika Amazon.com dimisalkan sebuah negara?

Jika Amazon.com dimisalkan sebuah negara. Dan yang menjadi warga negara adalah jumlah pelanggan aktifnya. Maka negara Amazon besarnya 2x negara Canada.
Amazon.com melayani 137 juta konsumen setiap minggu. Ini artinya Amazon melayani 19,5 juta konsumen setiap hari. Coba hitung berapa jumlah konsumen Amazon.com dalam sebulan?

Ini peta Canada. Bayangkan peta ‘negara’ Amazon yang besarnya 2x Canada?
peta canada


6. Karyawan Amazon.com kena penalti jika suka ngobrol.

Melayani 137 juta konsumen setiap hari tentu butuh konsentrasi tinggi. Oleh karena itu karyawan Amazon dituntut fokus dalam bekerja. Salah satu aturan di Amazon.com adalah melarang karyawan di gudang ngobrol terlalu lama dengan rekan kerja. Setiap karyawan Amazon.com yang bekerja di gudang (warehouse) diawasi dengan sistem GPS. Jika ketahuan ngobrol terlalu lama maka langsung mendapat teguran, dan bahkan siap mendapat penalti.

Kerja yang serius ya… jangan ngobrol! :)
pekerja gudang amazon fakta



7. Kena penalti jika terlalu lama atau terlalu sering ke toilet.

Setiap step pekerjaan di Amazon.com sudah ditentukan alokasi waktunya, yaitu hanya 33 detik. Setiap karyawan Amazon.com di gudang selalu dimonitor agar setiap langkah pekerjaan yang mereka lakukan efektif dan efisien.
Waktu makan siang ditentukan hanya 10 menit. Bahkan waktu ke toilet pun ditentukan. Jika terlalu sering dan terlalu lama menghabiskan waktu di toilet maka siap-siap ditegur, dan bahkan dipecat.

Foto di bawah ini sudah cukup sedikit menggambarkan kesibukan karyawan Amazon di gudang.
karyawan amazon sibuk bekerja



8. Barang paling mahal di Amazon.com

Pada tahun 2010 Amazon.com secara mengejutkan menjual CD-ROM seharga $2.904.980.000 atau seharga Rp 31.954.780.000 jika dirupiahkan dengan kurs $1 = Rp 11.000. CD-ROM apaan kok harganya segitu mahalnya?
brian klug amazon email order
Walaupun harganya selangit, namun tetap saja ada calon pembeli. Brian T Klug mencoba membeli CD-ROM tersebut, namun ternyata Amazon.com membatalkan transaksi jual beli tersebut. Klug mendapat sebuah surel (email) dari Amazon yang mengatakan “We are sorry, we’re unable to complete your order from this Amazon Merchant. We have canceled this transaction…” Kemudian Amazon juga menghubungi Klug langsung via telepon untuk memastikan Klug bahwa transaksi tersebut  benar-benar telah dibatalkan.
brian klug amazon cd rom order canceled
Brian T Klug memposting tentang transaksi jual belinya dengan Amazon.com di Reddit sehingga berita tentang ini jadi viral dan heboh.

9. Amazon.com down selama 49 menit pada 31 Januari 2013. Coba tebak berapa kerugian yang dialami Amazon.com pada saat itu?

Website Amazon.com pernah down selama 49 menit pada 31 Januari 2013. Pada saat itu pengunjung Amazon.com membludak sehingga server Amazon kolaps karena tidak sanggup melayani jumlah pengunjung pada saat itu.

Ini dia tampilan laman website Amazon.com ketika down selama 49 menit.
web amazon 49 menit down
Coba lihat fakta no. 4 di atas? tahu kan akibatnya jika website Amazon.com down? yap! pendapatan penjualan Amazon.com langsung anjlok.
Kita hitung berapa ruginya Amazon.com berdasarkan perbandingan pendapatan tahunan pada tahun 2012. Pada tahun 2012 pendapatan Amazon.com sebanyak $61,09 milyar (milyar dolar loh!). Ini pendapatan setahun. Dalam satu jam pendapatan Amazon sebanyak $6.963.470. Berarti selama 49 menit down website Amazon.com kerugiannya hampir mendekati angka $5,7 juta. Jika dirupiahkan dengan kurs $1 = Rp 11.000 berarti mendekati angka kerugian Rp 62.700.000.000! yak Rp 62,7 milyar!

10. Bekerja di gudang Amazon.com itu ‘sehat’ loh!

Amazon.com memiliki 80 gudang barang di sejumlah negara. Luas rata-rata gudang-gudang tersebut lebih dari 100.000 meter persegi. Karyawan Amazon.com yang bertugas untuk mengambil barang pesanan konsumen (pick ambassadors)  setiap harinya harus berjalan 11 mil atau 27 mil bekerja mengitari gudang untuk memilih barang pesanan konsumen.
Beginilah gambaran pekerjaan pick ambassador di gudang Amazon.com
gudang amazon com
Pada satu sisi ini sepertinya menyehatkan, namun di sisi yang lainnya realita ini cukup meletihkan bagi karyawan gudang Amazon.com

Lihatlah betapa luasnya gudang Amazon.com ini.
ini gudang amazon

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog