Sabtu, 22 November 2014

13 JENIS MONYET TERANEH DI DUNIA

Douroucouli-NightMonkey
Kalo disuruh nyebut jenis-jenis monyet, mungkin kalian akan menjawab jenis-jenis monyet yang standar seperti lutung, simpanse, gorila, orang utan, Sung Go Kong, dan lain-lain. Tapi apakah kalian pernah mengetahui jenis-jenis monyet di bawah ini? Melihat fotonya, kita pasti akan tergelitik karena wajahnya yang aneh-aneh. Nah, berikut ini adalah daftar 13 jenis monyet teraneh di dunia (sayangnya, sebagian besar terancam punah).

1. Pigmy marmoset 
 
image
Hewan ini adalah jenis monyet terkecil di dunia. Kera berbulu keemasan ini hidup di hutan hujan Amazon dan memakan cairan batang pada tumbuhan berkayu.
 
2. Monyet proboscis
 
image
Monyet yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan ini memiliki hidung yang teramat besar. Hidung besar ini ternyata cuma terdapat pada hewan jantan. Bahkan saking besarnya, monyet jantan terlebih dahulu harus mengangkat hidungnya itu apabila mau makan. Keunikan lainnya, monyet ini memiliki kaki berselaput yang membuatnya menjadi perenang handal. 
 
3. Emperor tamarin
 
image
Kera ini disebut sebagai emperor tamarin konon karena kemiripannya dengan Kaisar Jerman Wilhelm II. Hewan ini hanya ditemukan di Amazon dan keunikannya tentu adalah kumisnya yang panjang.
 
4. Spider Monkey
spider-monkey
Hmm...merasa pernah punya teman mirip dia? Hewan ini dijuluki spider monkey karena lengan dan kakinya yang sangat panjang mirip laba-laba. Hewan ini dikenal sebagai jenis monyet yang paling akrobatik.
 
5. Night Monkey
 
image
Monyet yang juga dijuluki owl monkey ini hanya keluar pada malam hari. Selain matanya yang besar, hewan ini juga terkenal karena wajahnya yang selalu “tersenyum”.
 
6. Golden snub-nosed monkey
 
image
Monyet unik ini dikenal sebagai satu-satunya jenis monyet yang hadir dalam paket “full color”. Hewan ini hanya bisa ditemui di Myanmar dan konon juga sangat fotogenik lho.
 
7. Colobus monkey
 
image
Hewan ini bisa dibilang sebagai “panda”nya dunia monyet. Jenis monyet ini hanya hidup di Afrika timur dan hanya memakan dedaunan.
 
8. Babon
 
MandrillBaboon_J01-FaceCloseup
Jenis kera yang cuma ada di Afrika ini terkenal karena wajah seriusnya. Sayangnya, populasinya terus menurun mendekati kepunahan gara-gara kerusakan habitat.
 
9. Gelada
 
image
Bermuka seperti kakek-kakek menakutkan, hewan ini dikenal hidup di dataran tinggi Etiopia. Monyet ini berkerabat dengan babon.
 
10. Mona monkey
 
image
Hmm...kenapa dunia dipenuhi monyet-monyet dengan muka seperti ini. Monyet jenis ini hidup di Afrika barat dan memakan buah-buahan. Uniknya monyet ini biasa membawa makanan mereka dalam pipi mereka.
 
11. Tonkin snub-nosed
 
000202838
Monyet ini sayangnya termasuk jenis monyet yang terancam punah. Habitatnya di hutan-hutan tropis di Vietnam.
 
12. Lesula
 
ap_new_monkey_species_jp_120913_wblog
Monyet ini uniknya adalah spesies baru yang baru ditemukan pada 2007 dan hidup di hutan di Kongo, Afrika. Mukanya sedih banget yak?
 
13. Douc Langur
 
image
Monyet aneh ini hidup di Asia Tenggara, terutama di Kamboja, Laos, dan Vietnam.Hufh…mirip alien ya?
image
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog