Minggu, 23 November 2014

10 Bagian Tubuh Orang Meninggal Ini Masih Disimpan



Jika seseorang meninggal, sudah pasti apa yang tersisa di dunia ini adalah nama baiknya dan orang-orang yang selalu mengingatnya dalam doa. Tapi ternyata selama perkembangan kehidupan manusia ada saja bagian-bagian tubuh seseorang yang sengaja disimpan. Ternyata tak hanya disimpan, tetapi bagian tubuh manusia yang semasa hidupnya terkenal ini dijadikan pajangan untuk dinikmati banyak orang. Ini dia 10 di antaranya yang paling terkenal. Apakah ada yang berani melihat?

1. Pecahan Tengkorak Lincoln

http://www.awesomestories.com/images/user/thumb_14e2e5c058.jpg
Seandainya kamu berkunjung ke sebuah museum kesehatan dan kedokteran di Maryland, ada beberapa peninggalan tubuh Abraham Lincoln seperti pecahan tengkorak kepalanya. Lincoln sendiri tewas tertembak lalu tim medis berusaha melepaskan proyektil peluru yang bersarang di kepalanya sehingga menyisakan lubang di tengkorak kepala Lincoln. Serta tentunya pecahan tengkorak Lincoln.

2. Bola Mata Einstein 
http://1.bp.blogspot.com/-zUhsG5rg1mY/UiUKJM3g2HI/AAAAAAACZwg/3AVsb5K7IH4/s1600/Bola+Mata+Einstein.jpg

Jika orang-orang suci atau pemuka agama yang telah meninggal kerap kali dianggap keramat oleh pengikutnya, maka Albert Einstein yang menjadi sosok berpengaruh dalam ilmu pengetahuan dunia juga mengalami hal serupa. Kini tim dokter masih menyimpan bagian bola mata sang jenius tersebut. Khusus bola matanya, orang-orang berharap itu bisa memotivasi dan menginspirasi umat manusia. Seorang dokter di New York mengakui menyimpan bagian bola mata Einstein dengan harapan agar pria cerdas itu tetap bersamanya.

3. Kepala Raja Henry 
http://3.bp.blogspot.com/_poCtb9ZLZIU/TQnWqcPy0dI/AAAAAAAAA18/isqeFxTTL5c/s1600/Henri-IV-Henri-IV-tete-momifiee.jpg

Pada saat peristiwa revolusi, bukan hanya orang hidup yang menjadi korban namun mayat seseorang juga menjadi korban kekerasan. Saat revolusi Prancis terjadi, semua hal yang mengenai kerajaan menjadi sasaran kemarahan massa seperti makam para raja. Salah satu jasad raja yang menjadi korban penistaan adalah Raja Henry IV yang semasa hidupnya dianggap raja terbaik dan pendiri dinasti Bourbon. Makam Henry itu dibongkar lalu tubuhnya dimutilasi dan salah satunya yang sempat hilang adalah bagian kepala mayat Henry yang baru ditemukan pada 2010.

4. Kepala Cromwell 
http://talesofcuriosity.com/v/CromwellsHead/i/cromwellhead1.jpg

Saat hidup Oliver Cromwell adalah kriminal dan pembunuh terkenal yang hampir tidak tersentuh hukum. Sehingga ketika dia sudah meninggal, giliran jasadnya yang diadili. Jasad Cromwell lalu diambil dari makam, digantung dihadapan publik dan lehernya dipancung di Westminster Hall. Kini khusus bagian wajahnya disimpan dan diawetkan untuk generasi selanjutnya. Namun rupanya bagian kepala Cromwell itu sempat dicuri penjaga museum sampai akhirnya pada 1960 bagian kepalanya dimakamkan di kampus tua Universitas Cambridge secara rahasia.

5. Jari Tangan Galileo
http://www.abc.net.au/news/image/1151074-3x2-940x627.jpg

Tahukah anda, yang membuat Galileo tersohor sebagai salah satu ilmuwan berpengaruh sepanjang kehidupan manusia di bumi adalah saat dia berani menyangkal kepercayaan jika bumi bergerak mengelilingi matahari. Karena itu, pihak gereja menangkap dan memenjarakan Galileo, sekalipun saat dimakamkan dia diletakkan secara terhormat. Saat masyarakat dunia memahami pemikiran Galileo, jasadnya lalu dipindah ke tempat yang lebih mewah. Tapi saat proses itu dilakukan, salah satu penggemar usil mengambil bagian jari tengah Galileo dan menyimpannya. Kamu bisa melihat bagian tubuhnya di museum Sejarah Ilmu Pengetahuan Galileo di Florence.

6. Gigi Buddha
http://4.bp.blogspot.com/-ZmJhHmhNNs0/T_1ramgp6eI/AAAAAAAAHtw/IgVloRqP5_c/s1600/Gigi+Buddha.jpg

Sidharta Gautama adalah pemimpin spiritual sekaligus penemu ajaran Buddha di abad ke-6 SM di India. Sebagai sosok religius, semua hal yang berhubungan dengan Buddha menjadi obyek keramat para umatnya. Buddha yang meninggal lalu jenazahnya dikremasi, namun bagian tubuh yang tersisa adalah gigi taring. Karena hal itu, gigi taring sang Buddha sampai saat ini disimpan dan dikeramatkan umatnya. Saking populernya, saat perang pecah di India, bagian gigi itu menjadi harta karun berharga sampai akhirnya kini disimpan di sebuah kotak emas di Kandy, Sri Lanka.

7. Otak Einstein

http://media.npr.org/assets/img/2012/11/20/fig05-whole-brain_custom-60fc79f3efbefb7afd04350544b2bb9c058ef44b-s6-c30.jpg

Pemikiran jeniusnya yang mengubah banyak sekali ilmu pengetahuan dunia membuat banyak tim dokter begitu ingin mencari tahu bagaimana struktur otak seorang Albert Einstein. Karena itu otak Einstein menjadi organ tubuh manusia paling populer hingga abad ke-21 saat ini. Beberapa jam setelah kematiannya, otak Einstein diambil untuk diteliti dan memahami jalan pemikirannya. Dari penelitian itu ditemukan perbedaan otak Einstein dengan otak manusia lainnya.

8. Kepala Bentham 

Jeremy Bentham adalah seorang filusuf utilitarian terkenal di dunia yang membuat wajahnya ingin diabadikan dalam seni patung. Sehingga saat meninggal, bagian kepala Bentham diambil untuk diawetkan. Namun hal buruk terjadi yang membuat proses pengawetan gagal dan justru merusak wajah Bentham sampai ditambal dengan lilin. Jadi itulah delapan bagian tubuh orang meninggal dunia yang masih tersimpan atau dengan kata lain sengaja disimpan untuk keperluan sesuatu.
9. Alat Kelamin Rasputin
http://3.bp.blogspot.com/-ene4BVaFA9U/UEktRAlzOPI/AAAAAAAAK2I/FvloTHiSlJQ/s1600/penis-31.jpg
Semasa hidupnya, Grigori Yefimovich Rasputin adalah legenda Rusia pada masa-masa akhir dinasti Romanov. Salah satu hal yang membuat Rasputin populer adalah mengenai kehidupan cintanya. Rasputin mengakui jika hubungan seksual adalah salah satu cara untuk menyebarkan pesan suci di kalangan wanita meski akhirnya ia dibenci rakyat sampai bangsawan Rusia.
Sudah pasti bagian alat kelamin Rasputin menjadi hal yang paling menarik, sampai kematiannya. Konspirasi untuk membunuh Rasputin dilakukan sampai pengebirian dirinya. Kini alat kelamin Rasputin itu ada di museum erotis St. Petersburg. Disebutkan pembantu kerajaan-lah yang mengambil bagian pribadi Rasputin itu dari jenazah sang raja.
10. Alat Kelamin Napoleon
http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2012/09/penis-napoleon.jpg
Semasa hidupnya, kaisar Prancis ini digambarkan sebagai sosok bertubuh pendek namun hasrat berkuasa yang tinggi. Tapi rupanya menurut arkeolog dan sejarawan dunia, tinggi tubuh Napoleon masih pada tinggi rata-rata manusia di zamannya. Saat Napoleon meninggal, otopsi dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian namun sebuah hal janggal terjadi.
Tim dokter menyatakan bagian alat kelamin Napoleon telah diamputasi. Hingga tahun berlalu, banyak sekali lelang dan pameran bagian tubuh digelar termasuk memamerkan alat kelamin yang diduga milik Napoleon. Apakah itu benar miliknya?

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog