Rabu, 24 Juni 2015

Wow, Ini Dia Makhluk Yang Disebut Kupu-Kupu Laut



Kupu-kupu laut? bagaimana bisa ada kupu-kupu di laut? Nah ternyata keragaman flora dan fauna laut memang menakjubkan. Memang ada yang disebut kupu-kupu laut, well memang tidak sama persis seperti kupu-kupu darat namun tetap sama cantiknya.

















Makhluk ini sebenarnya bukan serangga namun biasa disebut siput laut kadang disebut juga Pteropod. Siput laut sendiri terdiri dari Thecosomes (Cangkang Keras), pseudothecosomes (Cangkang gelatin) dan gymnosomes (Tanpa cangkang)


















Kenapa disebut kupu-kupu? karena makluk ini tidak seperti siput yang merayap, dia bergerak dengan sepasang kaki yang berbentuk seperti sayap kupu-kupu. Mereka berpindah tempat dengan mengepakkan "sayap".

Clione limacina sea butterfly

Makhluk ini sulit dilihat dengan mata telanjang karena siput ini biasanya berukuran sangat kecil, tidak sampai 1 centimeter, dan juga kebanyakan transparan.

Cavolinia uncinata sea butterfly

Makhluk ini memangsa plankton dengan cara melepaskan semacam benang yang memancing plankton untuk mendekat. Mirip-mirip strategi laba-laba menangkap mangsa.

Cavolinia uncinata sea butterfly

Gymnosome

Yang unik kupu-kupu laut sangat sensitif dengan pencemaran lingkungan, keberadaan makhluk ini bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan laut di sekitar mereka tinggal.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog