Minggu, 28 Juni 2015

Menakjubkan 5 Bangunan Ini Memanfaatkan Kertas Karton Sebagai Material Bangunan



Kita tidak sedang membahas rumah-rumahan kertas tapi 6 bangunan unik ini memanfaatkan kertas karton sebagai salah satu material bangunan. Mungkin sulit bagi kita membayangkan kertas yang sangat rapuh bisa menjadi bagian dari material rumah, namun bagi Shigeru Ban (arsitektur pemenang Pritzker Prize, salah satu penghargaan di bidang arsitektur bergengsi)  rumah yang terbuat dari kertas memang sangat memungkinkan untuk diwujudkan, mari kita simak 6 bangunan unik ini.

1. The Paper House, Yamanashi, Japan, 1995

9 Paper Buildings By the Winner of Architecture's Top Prize

9 Paper Buildings By the Winner of Architecture's Top Prize

Bangunan ini memanfaatkan kayu dan kertas karton sebagai material utama, di gambar anda bisa melihat tiang-tiang berwarna coklat yang sebenarnya terbuat dari kertas karton tebal.

2. Rumah Pengungsian

Shigeru Ban's shelters in Rwanda

Emergency shelters in Kobe, Japan

Indoor emergency shelters in Japan


Adalah Shigeru Ban yang memiliki ide unik mengaplikasikan tabung karton sebagai bahan dasar pembuatan tempat pengungsian, Ban berpikir rumah pengungsian haruslah aman, mudah dipindahkan, tidak berat, namun tahan terhadap cuaca, dan semua itu bisa di dapat di tabung kertas karton. Ban mengaplikasikan tabung sebagai kerangka rumah atau dinding rumah.
3. Gereja Kertas di Kobe
9 Paper Buildings By the Winner of Architecture's Top Prize
Didirikan setelah gempa besar di Kobe tahun 1995, awalnya dimaksudkan sebagai gereja sementara. Tujuan utamanya adalah membuat gereja dengan bobot ringan, cepat dikerjakan, dan rendah biaya. Dilengkapi dengan 58 tiang kertas karton  setinggi 5 meter menopang tenda yang terbuat dari teflon.
4. Rumah Kontainer
Sesuai namanya rumah kontainer memang menggunakan kontainer sebagai rumah tinggal sementara, namun Shigeru Ban juga memasukkan unsur kertas di dalamnya dimana kita bisa menjumpai pilar-pilar kertas di dalamnya.
5. Hualin Temporary Elementary School







Ketika gempa bumi Sichuan melanda China tahun 2008 banyak gedung sekolah rata dengan tanah. Ban lalu mengusulkan agar membangun sekolah dengan (lagi-lagi) tiang kertas karton. Kertas karton yang digunakan khusus sehingga kuat, ringan, anti air dan api.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog