Jumat, 12 Juni 2015

10 Gol Tercepat Sepanjang Masa



Dalam permainan sepak bola diperlukan waktu yang cukup lama untuk menciptakan sebuah gol. Biasanya gol itu tercipta antara menit ke-10 sampai menit ke-20, atau bahkan tidak tercipta satu gol pun sampai pertandingan berakhir.

Namun, apa yang terjadi jika gol itu tercipta beberapa detik setelah kick-off dimulai? Tentu itu merupakan hal yang tak biasa dan sangat jarang terjadi dalam dunia sepak bola. Meskipun kelihatannya mustahil menciptakan sebuah gol dalam hitungan detik ketika pertandingan baru dimulai, nyatanya sejarah mencatat ada beberapa gol yang pernah dibuat dalam hitungan detik.

Dari situlah gol-gol tersebut dinobatkan sebagai gol tercepat sepanjang masa dalam dunia sepak bola. Berikut ulasan gol tercepat, seperti dikutip Wow Menariknya dari Sporteology.

10. Jesus Navas - Manchester City vs Tottenham Hotspur - 14 detik


(foto: Sporteology)

Hanya butuh waktu 14 detik untuk pemain sayap Manchester City, Jesus Navas menciptakan sebuah gol saat kontra Tottenham Hotspur pada bulan November 2013 lalu.

Saat kick-off dimulai, City langsung menyerang Spurs tanpa ampun. Kiper Spurs, Hugo Lloris sempat kewalahan menerima serangan bertubi-tubi para penyerang City saat babak pertama baru dimulai. Sergio Aguero mendapat kesempatan melepaskan tembakan ke gawang Lloris, tetapi tendangannya berhasil ditangkis kiper asal Perancis itu. Sayangnya, bola memantul tepat ke kaki Navas dan pemain sayap itu langsung melesatkan tembakan dari sudut yang berbuah gol. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh City dengan skor 6-0 atas Tottenham Hotspur.

9. Dwight Yorke - Aston Villa vs Coventry City - 13 detik

(foto: Sporteolgoy)

Dwight Yorke menciptakan gol tercepat dengan hanya membutuhkan waktu 13 detik untuk membobol gawang lawannya, saat Aston Villa kontra Coventry City pada tahun 1995. Saat pertandingan baru dimulai, striker Trinidad itu mendapatkan umpan silang yang mantap dari Ian Taylor. Tak menyia-nyiakan umpan tersebut, Yorke langsung menyulapnya menjadi sebuah gol.

8. Mark Viduka - Leeds United vs Charlton Athletic - 11,1 detik

(foto: Sporteology)

Pemain internasional asal Australia, Mark Viduka dikenal sebagai pencetak gol paling produktif. Namanya mulai banyak dikenal orang ketika ia mencetak 4 gol saat melawan Liverpool. Selain itu, dia juga menciptakan gol tercepat dalam sejarah Premier League pada tahun 2001 saat kontra Charlton Athletic. Dia membobol gawang lawannya dalam waktu 11,1 detik.

7. Alan Shearer - Newcastle United vs Manchester City - 10,4 detik

(foto: Sporteology)

Alan Shearer pernah mencetak gol tercepat sepanjang sejarah Premier League. Bermain untuk Newcastle United kala itu, Alan berhasil mencetak gol dalam waktu 10,4 detik ketika melawan Manchester City pada tahun 2003.

6. Ledley King - Tottenham Hotspur vs Bradford City - 10 detik

(foto: Sporteology)

Pada bulan Desember tahun 2000, mantan bek Tottenham Ledley King juga ikut mencatatkan namanya sebagai pencetak gol tercepat sepanjang sejarah Premier League ketika melawan Bradford City.

Saat babak pertama dimulai, King langsung menggiring bola sendirian ke wilayah musuh. Sekitar 22 meter dari gawang lawan, dia langsung melesatkan tendangan keras hingga membuahkan gol. Tendangan keras dan gol cepat King membawa namanya melambung kala itu.

5. Roy Makaay - Bayern Munich vs Real Madrid - 10 detik

(foto: Sporteology)

Mantan striker Belanda Roy Makaay membutuhkan waktu 10 detik untuk menjebloskan bola ke gawang tim raksasa Spanyol, Real Madrid. Roy yang bermain untuk Bayern Munich kala itu menerima umpan silang dari Hasan Salihamidzic dan langsung menjadikannya sebuah gol. Gol Roy itu merupakan gol tercepat dalam sejarah Liga Champions.

4. Tim Cahill - New York Red Bulls vs Houston Dynamo - 7 detik

(foto: Sporteology)

Pemain Australia Tim Cahill mencetak gol tercepat dalam sejarah MLS hanya dalam waktu 7 detik. Saat kick-off dimulai, bola dipasing ke Dax McCarty, dan langsung meluncurkan umpan lambung ke Cahill. Pemain Australia itu langsung membobol gawang kiper lawannya. Akhir pertandingan dimenangkan oleh New York Red Bulls dengan skor 3-0 atas Houston Dynamo.

3. Nawaf Al Abed - Al-Hilal vs Al-Shoalah - 2,4 detik

(foto: Sporteology)

Butuh waktu 2,4 detik bagi Nawaf Al Abed untuk mencetak sebuah gol. Dalam pertandingan melawan Al-Shoalah, Al Abed melihat kiper lawannya keluar dari posisi dan maju terlalu depan. Dia pun langsung melesatkan tembakan dari tengah-tengah lapang. Anehnya, tembakan Al Abed langsung 'merobek' jaring gawang Al-Shoalah.

Al-Hilal memenangkan pertandingan dengan skor 4-0 atas Al-Shoalah. Gol cepat Nawaf menjadi 'bombardir' bagi Al-Shoalah.

2. Marc Burrows - Cowes Sport vs Eastleigh - 2 detik

(foto: Sporteology)

Bermain untuk Cowes Sport, Marc Burrows berhasil mencetak gol dalam waktu 2 detik ketika melawan Eastleigh. Sama seperti Al Abed, Marc juga melihat kiper lawannya terlalu maju dan dia pun langsung melesatkan tembakan jarak jauh dari tengah-tengah lapang.

Tendangan jarak jauh Marc langsung 'merobek' gawang dan mental para pemain Eastleigh. Marc meninggal pada tahun 2009 di usia 30 tahun karena penyakit kanker.

1. Nicklas Bendtner - Arsenal vs Tottenham Hotspur - 1,8 detik

(foto: Sporteology)

Gol tercepat sepanjang masa diciptakan oleh pemain Arsenal Nicklas Bendtner saat kontra Tottenham Hotspur. Striker Denmark itu mencetak gol ketika menerima umpan dari Cesc Fabregas menuju sudut dan langsung menjebloskan bola ke gawang musuh.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog