Selasa, 17 Juni 2014

Pemandangan Bawah Air Paling Menakjubkan di Dunia



Saat menyelam ke bawah air biasanya Anda bertemu terumbu karang dan aneka ikan cantik lainnya. Namun semua itu berbeda jika Anda menyelam di 3 negara ini. Sebuah pemandangan luar biasa akan mencengangkan Anda.

Menyelam dan menikmati alam bawah air tidak selalu harus mencari terumbu dan ikan cantik. Kehidupan bawah air seperti kota atau museum juga bisa Anda temukan, seperti di tiga negara berikut ini.


1. Pavlopetri, Yunani - Kota bawah laut





Negara pertama yang memiliki pemandangan bawah laut menakjubkan adalah Pavlopetri. Kota ini adalah kota tua di Yunani yang diperkirakan berumur 5.000 tahun dan berada 4-5 meter di bawah permukaan Laut Laconia.

Kota tua ini awalnya berada di permukaan tanah, kemudian pada tahun 1.000 SM diperkirakan tenggelam. Tidak percaya? Coba saja menyelam langsung, Anda bisa menemukan sisa-sisa bangunan sebuah kota yang masih utuh.

Di antara bangunan yang bisa dilihat adalah reruntuhan bangunan, jalan, makam, halaman, dan benda-benda peninggalan, seperti tembikar dan keramik. Penyelam benar-benar dibawa ke kota bawah laut.

Barang bersejarah paling menarik yang ditemukan adalah saringan tanah liat dari zaman Mycenaean. Saringan ini kemungkinan digunakan untuk memproduksi minuman alkohol. Sedangkan, temuan yang paling mengejutkan para peneliti adalah bangunan aula besar.

2. Kota Shi Cheng dan Dia Cheng, China - Kota bawah danau





Selain Yunani, negara lain yang juga memiliki kota di bawah laut adalah China. Negara kini malah punya dua kota di bawah permukaan danau raksasa bernama Qindao. Kedua kota itu adalah Shi Cheng dan Dia Cheng.

Danau Qiandao yang terletak di Zhejiang sekitar 150 km dari Hangzhou, China memang berbeda dengan danau lain pada umumnya. Ternyata, dulu sebelum danau ini dibuat, tepat di tempat danau berada berdiri dua kota kuno yang megah, yaitu Shi Cheng dan Dia Cheng.

Kota Shi Cheng dibangun lebih dari 1.300 tahun lalu, sedangkan Dia Cheng lebih tua, dibanding Shi Cheng. Dulunya, dua kota ini merupakan pusat bisnis yang ada di sepanjang Sungai Xin'an. Kemudian, pada tahun 1959 kedua kota ini tenggelam karena banjir.

Menyelam ke Danau Qiandao bagaikan menyelam ke dalam kerajaan bawah air. Gerbang raksasa yang cantik dengan aneka ukiran, tampak paling dominan dibanding bangunan yang lain.

Sebuah dinding yang mengelilingi kota, juga masih kokoh tegak bediri. Sebuah kota bawah danau memang telah siap menyambut kedatangan setiap turis penyelam. Ukiran-ukiran cantik di setiap dinding juga masih tampak jelas. Bahkan, Anda bisa langsung menyentuhnya untuk memastikan ini adalah dinding asli.

3. Isla Mujeres, Meksiko - Museum patung bawah laut









Setelah China dan Yunani, kini waktunya beralih ke Meksiko di dasar laut lepas Pantai Cancun. Ada sebuah taman nasional dengan 400 patung manusia dengan ukuran sebenarnya yang akan mengagetkan Anda.

Patung-patung ini bukan tenggelam tanpa sengaja. Adalah Jason deCaires Taylor sang seniman patung asal Inggris yang membuat patung-patung tersebut.

Taman nasional ini memang terkenal memiliki pemandangan bawah laut paling indah di Meksiko. Patung-patung manusia tersebut dibuat dengan berbagai model. Ada yang sedang berbaris, tidur, duduk, membuat lingkaran, dan bahkan ada juga yang sedang bersepeda.

Untuk bisa ikut manyaksikan sendiri indahnya museum patung, Anda bisa datang terlebih dahulu ke Taman Nasional Isla Mujeres. Taman nasional ini dilengkapi dengan paket wisata menyelam di museum patung.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog