Senin, 23 Juni 2014

Orang Top Yang Tumbang Karena Kanker Pankreas



Kanker pankreas memang tidak sepopuler kanker payudara, serviks atau paru-paru. Namun tingkat kematiannya tidak kalah tinggi, apalagi sebagian besar pengidapnya baru ketahuan setelah terlambat karena memang susah dilakukan deteksi dini.

Berdasarkan statistik di seluruh dunia, tingkat kesembuhan kanker pankreas termasuk rendah. Diperkirakan hanya sekitar 15-20 persen penderitanya yang mampu bertehan hidup dalam 5 tahun setelah diagnosis. Steve Jobs yang bisa bertahan sampai 7 tahun, dikatakan sudah sangat mengagumkan.



Beberapa tokoh dunia yang akhirnya meninggal karena kanker pankreas adalah sebagai berikut.

1. Sally Ride, Wanita Astronot Pertama di AS


Perempuan Amerika Serikat pertama yang menjelajah antariksa, Sally Ride akhirnya meninggal setelah kurang lebih 17 bulan bertarung melawan kanker pankreas. Ia meninggal pada 23 Juli 2012 dalam usia 61 tahun. Perjalanan ke luar angkasa dilakukannya di usia 32 tahun, dengan menumpang pesawat ulang-alik Challenger.

2. Patrick Swayze, Bintang Film Ghost


Aktor yang ngetop melalui film Ghost ini meninggal akibat kanker pankreas pada September 2009, pada usia 57 tahun. Swayze meninggal hanya 20 bulan semenjak diagnosis. Sementara istrinya, Lisa Niemi hingga kini aktif mengkampanyekan kesadaran tentang bahaya kanker pankreas dengan menjadi juru bicara nasional untuk Pancreatic Cancer Action Network.

3. Steve Job, Pendiri Apple


Pendiri sekaligus mantan pimpinan perusahaan komputer Apple ini terbilang cukup lama bergulat dengan kanker pankreas, yakni sekitar 7 tahun sebelum akhirnya meninggal pada usia 56 tahun beberapa waktu lalu. Jenis kanker yang diderita Jobs yakni neuroendocrine pancreatic tumor juga termasuk langka, sehingga kemampuannya utnuk bertahan hidup sedemikian lama bisa dibilang sangat mengagumkan.

4. Luciano Pavarotti, Penyanyi Opera


Penyanyi opera yang legendaris ini didiagnosis kanker pankreas pada Juli 2006. Ketika itu, Pavarotti sudah menjalani operasi pengangkatan tumor ganas dan kondisinya sempat pulih setelah operasi. Namun akhirnya, ia meninggal pada September 2007 di Italia.

5. Michael Landon, Bintang Film Seri Little House on the Prairie


Bagi yang pernah melewatkan masa kecil di awal 1980-an, serial Bonanza dan Little House on the Prairie tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu bintangnya, Michael Landon juga meninggal karena kanker pankreas pada usia 54 tahun. Dalam sebuah wawancara, ia pernah mengungkapkan keputusasaannya menghadapi kanker tersebut.

"Aku akan mati, maut akan melakukan banyak perjuangan untuk merenggutku," katanya pada majalah Life, kurang lebih 3 pekan setelah menerima diagnosis kanker

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog