Senin, 30 Juni 2014

13 Cara Buat Ngilangin Stres Saat Bekerja



Namanya juga kerja, wajar banget kalau terkadang kamu merasa stres dan jenuh. Tapi tenanglah, jangan terlalu dibawa pusing. Kamu masih bisa menyiasati rasa stres saat bekerja dengan cara-cara ini kok!

1. Dahulukan bagian tersulit


Kerjakan dahulu bagian-bagian yang kamu anggap paling sulit. Saat kamu baru memulai sebuah pekerjaan, kamu masih merasa fresh dan semangat. Gunakan kesempatan itu untuk mengerjakan hal-hal yang berat, sehingga pada saat kamu sudah mulai merasa lelah, kamu tinggal mengerjakan bagian yang mudah.


2. Lakukan olahraga ringan


Khususnya buat kamu yang kerjanya lebih banyak duduk, saat otot-ototmu mulai sedikit mengencang dan kaku, cobalah untuk melakukan olahraga kecil. Kamu bisa coba gerakan-gerakan stretching yang biasa kita lakukan sebelum berolahraga. Melakukan peregangan otot bisa membantu mengurangi rasa sakit dan stres.


3. Kerja sambil ngemil


Bawalah cemilan favorit untuk menemanimu bekerja. Ketika kamu sangat berkonsentrasi saat mengerjakan pekerjaan, energimu telah banyak yang terbuang. Cemilanmu itu bisa memberimu sedikit asupan energi, selain itu bisa menjaga mood kamu juga.


4. Ajak teman untuk mengobrol


Agar lebih santai, ajak teman kerjamu untuk mengobrol. Ngobrol tentang hal-hal yang lucu dan ringan dengan teman bisa memberikan sedikit hiburan dan membantumu mengatasi stres dan kejenuhan. Hindari mengobrol tentang pekerjaanmu, karena bisa membuatmu semakin kepikiran dan stres.


5. Makan siang bareng teman sekantor


Selalu usahakan untuk makan siang bareng teman-teman kantormu. Pergunakan waktu makan siangmu itu untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Kalau kamu punya hubungan yang baik dengan orang-orang di kantormu, itu akan membawa dampak yang positif untuk kinerjamu.


6. Mengecek social media


Selain ngajak ngajak ngobrol temanmu, kamu juga bisa mengatasi kejenuhanmu dengan mengecek akun-akun social media-mu. Membuka Facebook, Twitter, Instagram atau Path bisa sedikit menghiburmu, dan mood kamu bisa kembali oke lagi.


7. Lakukan relaksasi


Jangan terlalu memaksa otakmu untuk terus menerus fokus pada pekerjaanmu. Lakukan relaksasi sederhana, tenangkan hati dan pikiranmu sejenak.  Ambil nafasmu dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Hal ini bisa membuat beban pikiranmu sedikit berkurang.


8. Buat daftar hal-hal yang membuatmu cemas


Jika kamu sudah memulai cemas dengan semua pekerjaanmu yang mulai menumpuk, tulislah hal-hal apa saja yang membuatmu cemas dan khawatir. Lalu pecahkan satu per satu masalah tersebut, dengan memulai dari hal yang termudah terlebih dahulu.


9. Nyalakan musik favoritmu


Musik adalah salah satu senjata ampuh untuk menjaga semangat dan mood saat bekerja. Buatlah playlist musik favoritmu, dan bekerjalah sambil mendengarkannya.


10. Atur dan rapihkan meja kerjamu


Suasana kerja yang nyaman adalah salah satu faktor pendukung dalam menjaga produktivitasmu saat bekerja. Atur dan rapihkan meja kerjamu agar kamu selalu semangat bekerja. Taruhlah barang-barang favoritmu di sana, seperti aksesoris-aksesoris lucu atau bisa juga foto pacarmu.


11. Sesekali alihkan pandangan dari layar komputer


Paparan cahaya pada komputer banyak menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti pusing kepala dan mata lelah. Sesekali alihkan pandangan matamu dari layar komputermu, setidaknya setiap 20 menit sekali.


12. Lakukan apapun untuk kembali fokus


Kalau kamu masih merasa stress dengan pekerjaanmu, lakukan apapun yang kamu ingin lakukan agar kamu bisa membuang jauh-jauh pikiran stress-mu. Kalau kamu merasa lelah dan ingin tidur, pejamkan matamu dan tidurlah sebentar. Lakukan hal apa saja yang bisa membuatmu bisa kembali fokus dengan pekerjaanmu.

13. Mintalah teman untuk saling bergantian memijat


Kamu bisa juga ajak temanmu untuk saling bantu mengurangi rasa tertekan akibat pekerjaan. Ajaklah temanmu untuk saling bergantian memijat. Pijatlah beberapa bagian yang sering terasa tegang, seperti pundak, leher, kepala atau kening. Dengan memberikan pijatan pada bagian tersebut, bisa membantu melancarkan kembali peredaran darah, melemaskan otot dan juga bisa sedikit lebih rileks.

sumber 

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog