Minggu, 01 Juni 2014

5 Hoax Legendaris



 kali ini kita akan membahas mengenai 5 hoax yang cukup terkenal dimulai dari jaman kuno sampai hoax modern


Kuda Troya





















Cukup mengejutkan karena kisah Kuda Troya dianggap sebagai hoax. Legenda mengatakan Yunani yang sedang berperang dengan Troya membuat kuda kayu raksasa dan memberikannya pada bangsa Troya. Tanpa curiga bangsa Troya membawa masuk kuda tersebut, tanpa sadar bahwa id dalam kuda tersebut ada ratusan prajurit Yunani.

Siaran "Perang Dunia"




















Ingat War Of The World yang dibintangi Tom Cruise? di malam Halloween, 1938, sebuah stasiun radio menyiarkan novel fiksi ilmiah H.G. Wells buatan tahun 1989 "The War of the Worlds"sampai-sampai banyak orang yang percaya alien benar-benar menyerang Amerika. Siaran dibuat dalam format "pemberitahuan darurat", menimbulkan kepanikan yang besar pada pendengarnya

Piltdown Man





Tahun 1912, Charles Dawson dan Arthur Smith Woodward menemukan fossil aneh di Sussex, England. Fragmen ini jika disatukan menjadi tengkorak "Piltdown Man" dan diklaim merupakan "Missing Link" antara manusia dengan monyet. Perlu 40 tahun sampai tengkorak ini diketahui palsu, bahkan siapa yang membuat hoax ini juga belum diketahui.

U505
















Pertengahan Perang Dunia II Juni 4, 1944, Angkatan Laut AS menangkap kapal selam Jerman U-505 dan merahasiakan awak yang tertangkap. Pasukan Aliansi berharap medapat informasi dari kapal selam tersebut.

U-505 di seret ke Bermuda. 58 prajurit Nazi ditangkap dan tidak diperkenankan menulis surat. Pihak Jerman menganggap mereka mati, walaupun sebenarnya ketika perang berakhir para prajurit tersebut dilepaskan.

Bocah Balon


















Kisah tentang seorang bocah, Falcon Heene, yang terbang (tanpa sengaja) ke langit Colorado dengan balon udara keluarga-nya, mendapat perhatian penuh media tanggak 15 Oktober 2009.
Heene kemudian ditemukan selamat bersembunyi di rumah keluarganya. Saat wawancara esok harinya barulah si Heene keceplosan kalau aksinya tersebut hanya untuk "pertunjukan". Orang tuanya, Richard dan Mayumi Heene, adalah otak dibalik layar untuk mendapat publisitas. Kedua-nya kemudian didenda dan masuk penjara.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog