Kamis, 06 Februari 2014

Wow! Bukit Pasir Ini Bergerak Tanpa Henti, Menelan Hutan dan Perumahan

Bukit Pasir raksasa Pyla, terletak 60 km dari Bordeaux di daerah Arcachon Bay, Perancis, dan menjadi bukit pasir tertinggi di Eropa. Juga dikenal dengan nama Great Dune of Pilat, gundukan pasir yang sangat besar ini - dengan lebar 500 meter, panjang 3 km dan menjulang hingga ketinggian 107 meter di atas permukaan laut. 
Karena keindahan dan lokasinya yang tak terduga, bukit pasir ini adalah tujuan wisata yang terkenal dengan lebih dari satu juta pengunjung per tahun.
Menariknya, bukit pasir yang bergerak tanpa henti ke arah daratan, perlahan-lahan menutupi hutan, rumah, jalan dan bahkan bagian dari Tembok Atlantik. 
Laju gerakan bukit pasir ini diskontinyu, kadang-kadang bergerak cepat (10 meter dalam setahun) dan kadang-kadang sangat lambat (kurang dari satu meter). 
Selama 57 tahun terakhir, bukit pasir ini telah bergerak sekitar 280 meter an. Jadi rata rata pergerakan tahunannya sekitar 4,9 meter per tahun.
Migrasi dari bukit pasir raksasa seberat 60 juta ton ini telah menutupi hampir dua puluh properti pribadi, dan setiap tahun pasir di lereng timur menutupi 8000 meter persegi hutan pinus di sekitarnya. 
Pada bagian Timur Laut bukit pasir, terdapat jalan yang tertutup oleh gundukan pasir setelah terjadinya longsor pasir di tahun 1987, dan tertutup sepenuhnya pada tahun 1991. 
Sebuah rumah yang terkubur oleh gundukan pasir diberitakan dalam surat kabar terbitan 19 September 1936. Di Timur Selatan bukit pasir, keluarga Bordeaux telah memutuskan untuk memiliki sebuah villa yang dibangun pada tahun 1928. 
Dua tahun kemudian, pasir mulai menyerang rumah dan pada tahun 1936, rumah itu telah sepenuhnya hilang terkubur oleh pasir.
Pergerakan bukit pasir ini disebabkan oleh angin laut. Oleh karena itu di sisi yang menghadap ke laut memiliki lereng yang lembut sedang di sisi sebaliknya (yang menghadap ke hutan) kasar dan curam. Untuk pengunjung yang atletik, mendaki lereng ini merupakan tantangan nyata. 
Untuk yang lain, tersedia tangga yang membuat pendakian sedikit lebih mudah. Di bagian atas, pemandangan spektakuler dari pantai laut, hutan pinus yang luas dari Les Landes dan, ketika cuaca cerah, terlihat barisan pegunungan Pyrennees

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog