Sabtu, 15 Februari 2014

6 Fakta Unik Negara Thailand

Tahukah Anda, Thailand punya kota yang namanya memiliki 169 huruf, festival makanan khusus untuk monyet, dan kelelawar terkecil di dunia. Berikut, 6 fakta unik tentang Thailand, yang mungkin wisatawan belum tahu!

1. Negara paling ramah nomor 13 di dunia
Menurut World Economic Forum, Thailand menempati peringkat ke-13 sebagai negara paling ramah untuk turis di dunia tahun 2013. Tak heran, tahun ini Global Destinations Cities Index memprediksikan bakal ada 16 juta turis yang datang ke Thailand. Indonesia sendiri duduk di peringkat ke-114 dari 140 negara paling ramah di dunia.

2. Thailand punya kelelawar terkecil di dunia
Kelelawar berhidung babi (Craseonycteris thonglongyai) merupakan kelelawar terkecil di dunia dan bisa ditemukan di gua-gua di wilayah bagian barat Thailand.

Kelelawar ini panjangnya hanya 29-33 mm dan berat hanya mencapai 2 gram saja. Kelelawar tersebut pun menjadi satwa paling dilindungi pemerintah setempat.

3. Festival khusus untuk monyet
Monkey Buffet Festival adalah festival unik di Kuil San Phra Kan dan Prang Sam Yot, Lopburi. Sesuai namanya, festival ini penuh dengan monyet-monyet dan jadi daya tarik turis mancanegara.

Dalam festivalnya, kawanan monyet bakal menyerbu 3.000 kilogram buah dan sayuran yang dipersembahkan dari masyarakat setempat. Tak hanya itu, ada juga roti, kue, kacang, hingga minuman seperti susu dan minuman soda. Tradisi ini dipercaya masyarakat setempat akan membawa nasib baik.

 4. Phuket Vegetarian Festival, paling ngeri!
Kalau Anda tak punya nyali, maka jangan sekali-sekali menyaksikan Phuket Vegetarian Festival. Inilah festival makanan sekaligus penampilan yang bikin ngeri. Aksi yang ditampilkan di festival ini seperti debus, yaitu naik tangga dari pisau, mandi minyak panas dan lainnya. Festival Vegetarian berlangsung di Phuket dari tanggal 5-13 Oktober.

Selain itu, Anda bisa berburu aneka kuliner enak saat festival berlangsung. Ada juga banyak jajanan yang lezat, seperti springroll, pad thai seafood dan lainnya. Malam harinya selalu ada pesta kembang api.

5. Stupa tertinggi di dunia
Thailand memiliki Phra Pathom Chedi di Nakhon Pathom sebagai stupa tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 127 meter. Tak hanya stupa, The Great Buddha of Thailand juga menjadi patung tertinggi kesembilan di dunia yang berada di Biara Wat Muang, Provinsi Thong Ang.

6. Bangkok, kota di Thailand dengan 169 huruf
Siapa yang tak kenal Bangkok? Kota ini jadi favorit traveler saat datang ke Thailand untuk berburu kuliner, datang ke kuil, atau memborong aneka suvenir khas Negeri Gajah putih tersebut.

Tapi, siapa sangka kalau nama asli kota Bangkok adalah Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Ambil nafas dulu dan bersyukurlah Anda tidak perlu sulit menghafal nama dengan 169 huruf tersebut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog