Rabu, 05 Februari 2014

KOLEKSI pohon pohon TERTINGGI di dunia .. PATUNG LIBERTY kalah TINGGI gan !!!



Ini adalah beberapa pohon terbesar di dunia, menjulang anggun keluar dari lereng bersalju sepanjang pegunungan Sierra Nevada. Fotografer Michael Nichols menghabiskan dua minggu untuk mengabadikan gambar dari 'The Presiden' - pohon terbesar kedua di dunia yang setidaknya berusia 3.200 tahun di Taman Nasional Sequoia.

Pohon Sequoia hanya tumbuh di lereng barat Sierra Nevada, pegunungan yang membentang 400 mil melalui Nevada dan California. Sequoias raksasa bisa mencapai 247-kaki - setinggi bangunan 20 lantai.

Pohon terbesar kedua di dunia ini adalah pohon sequoia yang dijuluki sang Presiden, di lereng barat pegunungan Sierra Nevada.

Pohon-pohon Sequoias di wilayah tersebut  dapat tumbuh setinggi bangunan 20 lantai

Fotografer Michael Nichols menghabiskan waktu dua minggu untuk mengabadikan gambar menakjubkan dari pohon megah ini.

Berikut ini adalah kutipan dari majalah National Geographic edisi Desember 2012: "Pohon ini bukan pohon terbesar di Bumi. Namun pohon ini adalah terbesar kedua di dunia".

"Penelitian terbaru oleh ilmuwan Steve Sillett dari Humboldt State University dan rekan-rekannya telah mengkonfirmasi bahwa Presiden berada diperingkat nomor dua di antara semua pohon-pohon besar yang sudah pernah diukur.

Pohon ini tidak setinggi pohon tertinggi di dunia seperti pohon coast redwood atau Eucalyptus regnans di Australia, namun tinggi bukanlah segalanya, karena pohon ini jauh lebih besar daripada coast redwood atau eukaliptus.

"Meskipun batangnya tidak sebesar pohon raksasa terbesar, General Sherman, namun pohon ini memiliki 'mahkota' yang lebih lengkap daripada Sherman. Presiden memiliki hampir dua miliar daun.

'Pohon ini tumbuh tinggi dan lebar karena persaingan dengan pohon-pohon lain, berlomba ke atas, keluar untuk mencapai sinar matahari dan air.

Dan pohon tidak berhenti untuk semakin besar - tidak seperti mamalia atau burung, yang ukurannya dibatasi oleh gravitasi setelah mereka dewasa secara seksual. Sebuah pohon juga dibatasi oleh gravitasi, tapi tidak dalam cara yang sama seperti burung condor atau jerapah.

"Pohon tidak perlu melakukan pergerakan cepat, dan mereka membentengi strukturnya dengan terus menambah lebih banyak kayu.

Dengan  memberinya sumber daya dari langit dan tanah, dan dengan waktu yang cukup, pohon dapat menjadi besar dan kemudian terus berkembang. Giant Sequoia menjadi raksasa karena mereka sudah sangat, sangat tua. "
 
Presiden adalah salah satu wisata utama menarik di Monumen Nasional Sequoia Raksasa yang meliputi sebagian besar daerah Sierra Nevada

Pohon sequoias begitu tinggi dan besar sehingga tidak mungkin untuk melihat keseluruhan mereka dalam satu kali pandang pada jarak relatif dekat.

Seorang peneliti memanjat sequoia sebagai bagian dari upaya untuk mengukur dan memetakan pohon-pohon raksasa

Banyak pohon-pohon yang paling mengesankan dihancurkan segera setelah mereka ditemukan oleh pemukim di abad ke-19

Pohon-pohon megah dianggap sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di AS

Setidaknya berusia 1.500 tahun, raksasa setinggi 300-kaki di Prairie Creek Redwoods State Park California ini, memiliki 'mahkota' paling kompleks yang telah dipetakan. Foto yang diabadikan oleh Michael Nichols ini, adalah sebuah mosaik yang terdiri dari 84 gambar.
Ukuran raksasa mereka memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dari bencana yang menghapus banyak pesaing mereka di hutan - mereka tidak terpengaruh oleh badai, tahan terhadap kebakaran hutan dan bahkan bisa tetap hidup setelah disambar petir.

Dan pohon-pohon tidak pernah berhenti tumbuh bahkan ketika mereka telah mencapai tinggi ratusan meter - pada kenyataannya, telah diketahui bahwa laju pertumbuhan mereka adalah untuk meningkatkan usia mereka. Batangnya terus melebar, sementara cabang-cabang tumbuh semakin kuat meskipun pohon semakin tua.

Steve Sillett dan para pembantunya membuktikan temuan tak terduga ini dengan memanjat pohon raksasa ini dan mengukur nya secara lebih menyeluruh daripada yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pohon-pohon raksasa ini menjadi daya tarik besar ketika mereka ditemukan oleh pemukim

Destruction: Para pemukim awal tidak takut untuk menebang pohon-pohon kayu raksasa

Seorang pemukim pada tahun 1890 dengan bangga berdiri di jalan yangmelintasi batang pohon pohon sequoia raksasa Wawona yang dilobangi


RAJA SIERRA NEVADA
Giant sequoia - Sequoiadendron giganteum  - cenderung untuk hidup selama berabad-abad, memungkinkan mereka untuk tumbuh lebih besar daripada spesies lain dari tanaman.

General Grant
Pohon-pohon ini secara alami hanya ditemukan di daerah Sierra Nevada California, hampir semuanya dimasukkan kedalam daerah Monumen Nasional Giant Sequoia.

Meskipun mereka telah berhasil ditanam di daerah lain di Amerika Utara dan di seluruh dunia, belum ada yang berdiri tumbuh cukup lama untuk menantang rekor ukuran yang dibuat oleh raksasa-raksasa Sierra Nevada ini.

Mereka dapat hidup sampai 3.500 tahun, mencapai ketinggian sebanding dengan gedung pencakar langit.

Pohon-pohon terbesar yang masih hidup dan tumbuh saat ini adalah termasuk sang Presiden, General Sherman dan General Grant, semua memiliki tinggi di atas 240ft - tetapi mereka masih kurang besar dan kurang tinggi dibandingkan dengan pohon terbesar dan pohon tertinggi yang dikenal dalam sejarah.

Segera setelah pohon-pohon sequoia itu ditemukan oleh pemukim Amerika di awal abad 19, banyak spesimen yang paling mengesankan yang ditebang untuk dipamerkan dan untuk membuat orang banyak melongo.

Salah satu yang terbesar dari mereka semua dikenal sebagai Mother of Forest, yang berdiri di daerah itu dari tahun 668 SM dan ditemukan oleh George Gale pada tahun 1852. Dia mengupas kulit pohon tersebut, menyebabkan kematian cepat pada pohon, sementara kebakaran hutan pada tahun 1908 menghancurkan apa yang tersisa dari pohon yang sangat tua itu.

General Sherman adalah pohon terbesar di dunia yang masih berdiri, dengan tinggi 275ft


General Sherman adalah Giant Sequoia terletak di Giant Forest of Sequoia National Park di California. Pohon-pohon yang terkenal dari Giant Forest masuk dalam daftar pohon-pohon terbesar di dunia. Jika diukur berdasarkan volume, lima dari sepuluh pohon terbesar di planet ini berlokasi di dalam hutan ini. Dengan diameter bagian bawah sekitar 11,1 meter (36,5 kaki), General Sherman adalah pohon yang terbesar dari semua pohon yang pernah diketahui dan diukur. Umur pohon ini diyakini antara 2.300 dan 2.700 tahun. 

Hyperion - Pohon Tertinggi di Dunia

Pohon tertinggi di dunia adalah coast redwood (Sequoia sempervirens), dijuluki Hyperion, nama seseorang dalam mitologi Yunani. Pohon ini tingginya kurang lebih 115,72 m (379,7 kaki)! Pohon besar ini ditemukan baru pada bulan Agustus 2006 di bagian terpencil di Redwood National Park, California oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor. Pengukuran pertama mereka dilakukan dengan peralatan laser secara profesional berdasarkan ilmu ukur sudut.

Coast Redwood, merupakan salah satu dari tiga jenis pohon Sequoia, bersama-sama dengan giant sequoia (Sequoiadendron giganteum) dan dawn redwood (Metasequoia glyptostroboides). Coast redwood tumbuh di daerah, pantai sepanjang Samudra Pasifik di barat dan barat laut Amerika Serikat (kebanyakan California). Ini adalah pohon tertinggi di dunia.

Hyperion (Photo by M. D. Vaden Landscaping and Tree)
Pada bulan September 2006 pohon itu diukur kembali oleh Steve Sillett. Kali ini dilakukan dengan cara yang paling akurat: ia naik ke atas pohon untuk menjatuhkan/menjulurkan pita panjang dari puncak langsung ke tanah. Pengukuran ini difilmkan untuk National Geographic (Lihat video dibawah).

Pada bulan Juni dan Juli 2006 beberapa pohon tinggi lainnya ditemukan: "Helios" (nama dewa matahari Yunani), (114,09 m), "Icarus" (113.14 m), dan "Daedalus "(110.76 m).

Penemuan-penemuan pohon tinggi tahun 2006 ini memang luar biasa: pohon-pohon tampak tumbuh di lereng dan bukan di tengah-tengah lembah di mana air paling banyak, dan di mana semua pesaing sebelumnya untuk "pohon hidup tertinggi di dunia", tumbuh. Ini berarti bahwa bukan tidak mungkin bahwa ada pohon yang lebih tinggi, karena lokasi mereka, jarang dikunjungi orang.

Pada tahun 2007 Chris Atkins dan Michael Taylor sudah memindai sebagian besar lokasi-lokasi baru yang tak terduga. Mereka pikir sudah kecil kemungkinan ada pohon yang lebih tinggi dari Hyperion akan ditemukan, tapi kita tidak pernah benar-benar tahu.

Hyperion ini adalah pohon yang cukup beruntung: hanya beberapa ratus meter dari pohon ini adalah daerah terakhir dari lokasi penebangan hutan di tahun tujuh puluhan. Sekitar dua minggu sebelum Hyperion juga akan diserang oleh gergaji rantai, lembah ini dimasukkan ke daerah yang dilindungi, Redwood National Park selama pemerintahan Carter. Perusahaan penebangan yang tahu daerah ini akan dilindungi, bekerja 24 jam sehari tiap minggu di lembah-lembah yang luas dan terus melakukan penebangan hutan redwood yang telah ada di sana jauh sebelum manusia memasuki lembah-lembah tersebut.




Pada tahun tujuh puluhan, hanya 15% dari hutan redwood yang tersisa, saat ini hanya 4% yang masih ada dan bahkan hari ini, saat Anda membaca ini, hutan tua di California sedang ditebangin.



Menurut standar redwood, Hyperion masih cukup muda dan masih terus berkembang dan tumbuh. Sillett berpikir pohon ini mungkin "baru" 600 tahun usianya, yaitu sekitar 20 tahun jika dia manusia.





Sampai Juli 2006 Sequoia sempervirens tertinggi yang dikenal adalah "Stratosphere Giant" (gambar di bawah). Tingginya adalah 112,83 m (10 kaki lebih rendah dari Hyperion, diukur pada tahun 2004, Steve Sillett) dan ditemukan pada bulan Agustus tahun 2000 (oleh Chris Atkins) di Humboldt Redwoods State Park, California, di mana banyak pohon raksasa tumbuh. Sangatlah sulit untuk melihat kemegahan dan tinggi pohon tersebut dari foto. Foto di bawah ini memberikan sedikit rasa skala.: Bandingkan pemanjat berbaju biru dengan pohonnya (klik untuk melihat versi yang lebih besar).

Stratosphere Giant (370 kaki). Karena ukurannya yang tinggi, fotografer harus mengambil banyak foto, kemudian menyatukannya.

Sama seperti halnya dengan raksasa lainnya, "Giant Federation" (112 m), lokasi tepat nya dirahasiakan oleh penjaga taman untuk menghindari serbuan wisatawan berkunjung ke pohon ini. Ini bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang rapuh dari hutan dan dapat membahayakan pohon secara langsung: di masa lalu sudah ada pohon-pohon tinggi yang merana karena menjadi terlalu populer (lihat judul Popularitas di bawah).


Untuk menunjukkan gambaran seberapa tinggi 115,72 m (379,7 kaki) itu kepada anda, bayangkanlah: tinggi Big Ben di London adalah 96,3 m (316 kaki), bahwa dari patung Liberty adalah 46,5 + 46,9 m (151 + 154 kaki), sehingga kedua konstruksi tinggi sebagian besar lebih rendah dari pohon-pohon ini.

Perhatikan bahwa meskipun pohon hidup tertinggi di dunia adalah redwood coast, pohon hidup terbesar di planet ini adalah spesimen dari spesies terkait, yaitu giant sequoia. Giant Sequoia terbesar bernama "General Sherman".



POPULARITAS
Pohon tertinggi menjadi populer pertama kalinya pada tahun 1963, ketika National Geographic Society menyelenggarakan ekspedisi di hutan redwood. Mereka menemukan sebuah pohon yang tingginya 111,9 m,  dan mereka mendaulatnya sebagai "Pohon Tertinggi" ... Segera, pohon itu menjadi terkenal.

Keterkenalan ini memiliki keuntungan dan kekurangan: masyarakat umum menyadari keunikan pohon raksasa ini dan tuntutan untuk membuat Taman Nasional menjadi lebih ramai. Tapi ketenaran juga membawa banjir wisatawan. Jalan dan tempat parkir dibangun dan bus mulai membawa banyak wisatawan, yang semuanya berdiri di lantai hutan yang lembut.

Seperti dapat Anda lihat pada gambar di sebelah kanan ukuran daun mengecil dengan meningkatnya ketinggian. Alasan untuk ini adalah bahwa pohon harus melakukan upaya yang lebih besar dan lebih besar lagi untuk mengantarkan air ke bagian yang lebih tinggi. Kehadiran para wisatawan, membuat tanah di sekitar pohon memadat dan semakin sedikit mengandung air. Akibatnya, pada tahun tujuh puluhan, 3-5 meter ujung pohon itu mulai sekarat dan mati. Pada tahun 1990 pohon kehilangan puncaknya tiga meter dan pada tahun 1991 ia tidak lagi tertinggi. Saat ini, pohon ini dikenal sebagai "Pohon National Geographic Society" dan merupakan Sequoia sempervirens tertinggi kelima yang dikenal.

Pada tahun 1996 pohon tinggi ditemukan dan resmi menjadi pohon tertinggi di dunia: "Mendocino Tree" (111,4 m), tumbuh di lembah terpencil dengan medan yang sulit. Petugas jagawana merahasiakan lokasi pohon itu untuk menghindari kerusakan pada pohon dan perahasiaan lokasi ini juga dilakukan tahun 2000 saat "Stratosphere Giant" setinggi 112,83 meter ditemukan. Pohon ini masih tumbuh sampai saat ini. Hanya beberapa petugas jagawana yang tahu dimana pohon ini berada (catatan: pohon berdiri di tengah-tengah pohon-pohon lain yang serupa)

Demikian juga lokasi pohon-pohon tinggi yang ditemukan tahun 2006 tidak diungkapkan. Menurut penemunya, pohon-pohon ini tumbuh di daerah terpencil yang tidak mudah diakses pula.

Apakah Hyperion ini adalah Sequoia sempervirens tertinggi sepanjang sejarah?. Memang, sangat mungkin bahwa di bagian hutan redwood yang telah ditebang (96%), ada spesimen yang lebih tinggi, yang menjadi korban gergaji rantai yang lapar.

Spesies lain yang dapat tumbuh sangat tinggi adalah konifer, yang juga tumbuh secara alami di pantai barat laut Amerika Utara. Douglas-fir (Pseudotsuga menziesii) dengan tinggi 100,3 m (329 kaki), diikuti oleh Sitka spruce (Picea sitchensis), dimana spesimen tertinggi yang dikenal nya adalah 96,7 m (317,3 kaki). Sama seperti kayu Coast Redwood, kayu dari pohon-pohon ini adalah kualitas yang sangat baik, sehingga hutan yang dulunya penuh berisi pohon-pohon besar ini hampir sepenuhnya hilang. Tanpa keraguan ada spesimen lebih tinggi di sana. Sebagai contoh, pada tahun 1900 sebuah Douglas-fir setinggi 125,5 m (411,7 kaki) berhasil ditebang.


POHON TERTINGGI YANG PERNAH DIUKUR
Pohon tertinggi yang pernah diukur bukan Sequoia sempervirens, namun jenis eukaliptus (Eucalyptus), pohon kayu Australia (lihat gambar). Pada tahun 1872, rimbawan William Ferguson melihat pohon mountain ash (Eucalyptus regnans) yang sangat tinggi dekat Sungai Watts, Victoria, Australia. Konon tingginya mencapai 132,6 m (435 kaki). Sekitar waktu itu, beberapa spesimen dengan ketinggian 140 m dilaporkan di Victoria, Australia daratan.

Kita tidak dapat memeriksa ukuran pohon-pohon tinggi australia ini lagi: semua pohon telah ditebang ... pohon mountain ash (Eucalyptus regnans) adalah dan merupakan bahan konstruksi yang penting di Australia.


Bahkan saat ini penggundulan hutan di daratan Australia dan Tasmania terus berlangsung. Hubungan antara organisasi lingkungan dan perusahaan negara Tasmania Forestry cukup tegang, terutama karena Tasmania Forestry membakar pohon terbesar Australia "El Grande", meskipun itu diakui sebagai kecelakaan oleh Tasmania Forestry.

Eukaliptus hidup tertinggi dapat ditemukan di Tasmania. Yang tertinggi, bernama "Centurion", kini tingginya sekitar 100 m (328 ft). Pohon eukaliptus ini ditemukan pada bulan Oktober 2008 dengan menggunakan laser yang dipasang di pesawat, yang sedang mengukur ketinggian medan, tinggi hutan dan biomassa hutan.

Pada gambar di sebelah kanan Anda dapat melihat pesaing sebelumnya yang dijuluki "Icarus Dream". Pohon ini memiliki ketinggian 97 m (318,2 kaki).

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog