Minggu, 21 Desember 2014

12 DESAIN JEMBATAN PALING MENCENGANGKAN



1. Tulip Bridge

Bridge-Concept-Designs-Tulip

Belanda emang terkenal dengan bunga tulipnya. Tak heran, para arsitek di sana berambisi menciptakan landmark terbaru kota Amsterdam berupa jembatan yang berbentuk bunga tulip. Dari atas jembatan ini memang mirip bunga. Uniknya, jembatan yang seluruhnya terbuat dari kayu ini bisa terangkat kelopaknya apabila kapal akan lewat. Wow, keren!

2. Meadows Salford Elliptical Bridge

Concept-Bridge-Design-Elliptical

Desain jembatan suspensi ini superkeren! Pasti banyak yang setuju.

3. Habitable Brigde

Bridge-Concept-Designs-INhabitable

Lagi2 desain jembatan mencengangkan dari Amsterdam. Jembatan ini tak hanya untuk memperlancar transportasi saja, melainkan akan dilengkapi kafe dan restoran sehingga bisa menjadi tempat hang out bagi warganya.

4. Pedestrian Bridge

Concept-Bridge-Designs-Pedestrian

Jembatan yang dirancang untuk menghubungkan dua gedung pencakar langit ini memang eyecatching dengan desain modern-nya yang enak dlihat.

5. Garden Bridge

Concept-Bridge-Designs-Heatherwick-London

Desain taman di atas jembatan ini memang benar-benar jenius. Apalagi dibangun di atas Sungai Thames di London. Pasti jika benar2 dibangun akan menjadi landmark baru Inggris.

6. Energy Bridge

bridge-concepts-wind-tunnel-foot-bridge

bridge-concepts-solar-wind-francesco-colarossi

Bisakah jembatan2 dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik? Ya tentu dengan desain2 turbin angin yang dengan cerdas dikombinasikan dengan jembatan ini.

7. Skycraper Bridge

bridge-skyscraper-2

Unifikasi Korea Selatan dan Korea Utara tentu menjadi impian semua warga dari kedua negara yang berseteru tersebut. Uniknya, kawasaan DMZ yang menjadi wilayah perbatasan kedua negara tersebut menjadi wilayah alami yang tak tersentuh selama 50 tahun. Akibatnya, kehidupan alami di sana sangatlah lestari. Sang arsitek berharap, apabila kedua negara benar2 bersatu kelak, akan dibuat jalan/jembatan yang tak merusak ekosistem tersebut, sehingga dibuatlah jembatan pencakar langit yang takkan sedikit menyentuh hutan di bawahnya ini.

8. Hoover Dam Re-Imagined

bridge-concepts-hoover-dam-reimagined

Desain ini merupakan khayalan seorang arsitek Cina apabila Hoover Dam yang terletak di Nevada, Amerika Serikat “diizinkan” direstorasi olehnya. Dengan desain seperti itu, bendungan itu tentu langsung menjadi objek wisata favorit.

9. LM Harbor Gateway

bridge-concepts-lm-gateway-steven-holl

Jembatan menakjubkan ini rencananya akan dibangun untuk menghubungkan dua gedung pencakar langit di Copenhagen, Denmark. Selain itu, jembatan ini akan berfungsi sebagai gerbang pelabuhan di kota tersebut.

10. Velo Towers

Skybridges-Velo-Towers-1

Kedua gedungnya saja sudah tampak menakjubkan, apalagi jembatan yang menghubungkan kedua. Coba tebak dimana gedung keren ini akan berdiri? Yap, tepat. Di Seoul, Korea Selatan.

11. The Sky Table

Skybridges-Sky-Table

Konsep mencengangkan ini diperkenalkan di Rusia. Dimana bangunan2 menyerupai jembatan dibangun di atas lokasi2 yang terlalu padat penduduk. Di atasnya akan dibangun semacam “kota kecil” yang ramah lingkungan, karena mengandalkan energinya dari energi matahari dan angin serta dilengkapi pusat daur ulang sampah hingga taman.

12. Informal Bridge City

bridge-concepts-informal-city-italy

Mungkinkah rencana kontroversial untuk membangun kota di atas jembatan di Italia ini akan terwujud? Jembatan ini jelas terinspirasi oleh Ponte Vecchio di Florence, Italia. Yang pasti jikapun terlaksana, kota ini sama sekali bukan untuk orang2 yang takut ketinggian.

BONUS:
Medieval Bridge

bridge-scan

pprarch6.0

Dua gambar ini menunjukkan daya khayal para arsitek Eropa kuno. Keduanya menggambarkan kota yang dibangun di atas jembatan (jembatan kedua jelas nggak bisa dibangun). Bagaimana menurut kalian?

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog