Kamis, 15 Januari 2015

TOP 8 penemuan yang ternyata diciptakan di JEPANG!!



Jepang memimpin sebagai negara dengan kemajuan IPTEK yang pesat. Apa kamu tahu kalau beberapa dari benda sehari-hari ini berasa dari negara matahari terbit?

1. Butiran kopi



Percaya atau nggak, butiran kopi ditemukan oleh seorang pelajar Jepang bernama Satori Kato tahun 1881 ketika dia sedang studi di Chicago. Ketika sedang meneliti bubuk teh hijau, sesuatu yang khas bagi Jepang, dia berhasil membuat butiran kopi yang kering. Penemuan ini kemudian dikenalkan di Pan0American Exposition di Buffalo, New York dan telah memuaskan hasrat pecandu kafein sejak tahun 1901.


2. Mi instant.


Ramen adalah bagian penting dari budaya Jepang, jadi nggak heran kalau mi instant ditemukan di Jepang. Momofuku Ando mendirikan raksasa mi instant Nissin.

Dulu mi instant dianggap sebagai barang mewah karena harganya yang sangat mahal, tapi sekarang malah jadi makanan pilihan anak kos kalau lagi seret.


3. Mesin penjawab telepon.


Mesin penjawab telepon diciptakan oleh Hashimoto Kazuo tahun 1951. Dia baru saja pindah ke apartemen baru ketika penyewa sebelumnya menelepon Hashimoto untuk menanyakan masalah pembayaran sewa. Walau Hashimoto berjanji untuk segera membayar, orang itu tetap menelepon terus-terusan, dan biasanya selalu malam hari.

Gara-gara terganggu, Hashimoto membuat prototype pertama dari mesin penjawab (yang dinamainya telepon penjawab) dengan menggunakan tape recorder, battery, rasa frustasinya.
Dia kemudian mematenkan mesin penjawab teleponnya ini di Jepang tahun 1954.


4. Kereta peluru.


Apa lagi yang identik dengan Jepang? Yap, kereta peluru. Kereta peluru pertama dibangun tahun 1964. Jalur Tokaido menghubungkan para penumpang ke tiga kota besar metropolitan: Tokyo/Yokohama, Nagoya dan Osaka/Kyoto. Sampai sekarang jalur ini masih menjadi jalur paling sibuk di Jepang.


5. Karaoke.


Musisi Jepang Daisuke Inoue dikatakan sebagai penemu karaoke. Inoue seringkali mendapat request dari para tamu untuk merekam penampilannya, dan dia membuat tape recorder ciptaannya sendiri terinspirasi dari music box yang dapat memainkan lagu kalau memasukkan koin 100 yen. Dia menamainya 8-Juke.

Sekarang, franchise karaoke adalah salah satu bisnis modern terbesar di Jepang.


6. Blok braille.


Block Brailler yang banyak ditemukan di jalanan adalah hasil temuan Miyake Seiichi dari Yayasan Pusat Penelitian Keselamatan Lalu Lintas pada tahun 1965. Blok braille ini pertama kalianya diletakkan di sepanjang jalanan dekat Sekolah Okayama untuk para tuna0-netra, di Prefektru Okayama.


7. Kamera handphone.


Leluhur dari smartphone kita yang tipis dan berkilau didesain dan diciptakan oleh Kyocera Corporation di Jepang. Handphone bewarna yang pertama diciptakan di Pusat Penelitan dan Pengembangan Yokohama, dan di launching ke publik tahun 1999. Handphone itu punya kamera yang menghadap depan, cocok untuk selfie (dari dulu uda ada selfie!) dan video calls, dan sanggup untuk menghasilkan 2 video frame per detik.


8. Logo gender toilet.


Yep. Logo gender toilet ini juga berasal dar Jepang. Awalanya didesain adan digunakan selama Olimpiade Tokyo tahun 1964. Karena Olimpiade ini pertama kalinya diadakan di negara dengan bahasa utama yang bukan alfabet, tim design Tokyo memutuskan untuk menggunakan logo ini ynag bisa menjembatani berbagai bahasa, sehingga orang asing pun dapat mauk ke toilet yang sesuai.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog