Jumat, 16 Januari 2015

10 HEWAN MITOLOGI PALING KEREN



1. Naga
 
dragonwallpaper2
 
Hewan ini pastilah hewan mitologi paling terkenal di dunia. Naga Eropa ternyata berbeda lho dengan naga yang dikenal dalam mitologi Asia, terutama Cina. Naga Eropa digambarkan sebagai makhluk jahat yang menyerupai kadal raksasa atau dinosaurus, memiliki sayap seperti kelelawar, dan dapat menghembuskan api. Sedangkan naga di Asia digambarkan sebagai makhluk yang bijaksana, menyerupai ular, dan lebih dikisahkan sebagai makhluk air (walaupun dapat terbang juga).
 
2. Unicorn dan Pegasus
 
licorne_03 
 
Unicorn digambarkan sebagai kuda putih yang memiliki satu tanduk. Hewan mitologi ini terkenal, apalagi untuk pecinta dongeng hingga novel Harry Porter. Hewan ini dianggap sebagai lambang keagungan dan kesucian. Uniknya, hingga abad ke-19, orang-orang Eropa masih mempercayai bahwa unicorn benar-benar ada dan hidup di India. Padahal mungkin unicorn adalah salah pemahaman manusia terhadap auroch (sejenis banteng) bertanduk dua yang terlihat seperti bertanduk satu apabila dilihat dari samping. Bahkan ada yang menduga bahwa unicorn sebenarnya adalah badak.
459px-Ian-Hornak-Acrylic-Canvas-Pegasus-1991 
 
Setiap orang pasti sudah tahu dengan hewan mitologi yang satu ini. Dalam dongeng Yunani, pegasus dikisahkan sebagai kuda yang memiliki sepasang sayap. Dikisahkan bahwa Perseus (putra Zeus) menunggangi Pegasus untuk menyelamatkan putri Andromeda. Bentuk hewan mitologi ini memang sangat romantis dan menginspirasi banyak karya seni tentangnya. 
 
3. Centaur
 
 
Hewan mitologi ini mengambil bentuk separuh kuda dan separuh manusia. bangsa centaur juga dikenal sebagai pemanah yang ulung dalam legenda Yunani. Dalam ilmu perbintangan, centaur diabadikan dalam rasi bintang Sagitarius.  
 
4. Pheonix
 
Pheonix
 
Pheonix dalam mitologi sering digambarkan sebagai seekor burung yang saat mati akan terbakar dan seekor burung pheonix baru akan bangkit dari dalam abunya. Tak heran burung mitos ini menjadi lambang pembaharuan dan kelahiran kembali. Pheonix dan naga merupakan dua hewan mitologi yang sering dikait-kaitkan dengan elemen api.
 
5. Griffin
 
grif
 
Griffin adalah gabungan dua hewan terbuas di muka bumi, yaitu elang dan singa. Griffin digambarkan memiliki kepala, kaki, dan sayap elang, namun bertubuh singa. Karena itu griffin sering menjadi simbol kekuasaan.
 
6. Mermaid
 
mermaid_02_original
 
Mermaid atau putri duyung mungkin lebih terkenal gara-gara film Disney. Namun sebenarnya, legenda tentang putri duyung sudah ada ratusan tahun lalu. Para pelaut Eropa sangat mempercayai adanya putri duyung sampai-sampai Christopher Columbus sendiri mengaku pernah melihatnya (walaupun banyak yang menduga yang ia lihat sebenarnya adalah ikan duyung atau dugong). Berbeda dengan versi dongengnya, putri duyung dalam legenda dikisahkan sebagai makhluk jahat yang menggoda para pelaut dan menenggelamkan kapal. 
 
7. Qilin
 
 
Chimera adalah hewan mitologi Yunani yang memiliki bentuk campuran dari tiga binatang sekaligus. Chimera memiliki tubuh dan kepala singa dengan kepala kambing mencuat dari punggungnya dan memiliki ekor berkepala ular. Wah, pasti mengerikan sekali hewan ini kalo benar-benar ada. Dalam mitologi Yunani, hewan ini dikalahkan Pegasus.
 
8. Kraken
 
kraken
 
Kraken adalah makhluk mitologi yang sempat dianggap ada dan meneror para pelaut selama berabad-abad. Kraken disebut-sebut sebagai monster gurita raksasa yang hidup di laut Norwegia hingga Greenland dan sering menyerang dan menenggelamkan kapal-kapal yang berlayar di daerah itu. Bahkan Carolus Linnaeus, sang bapak taksonomi mempercayai makhluk ini benar-benar ada dan memberinya nama ilmiah Microcosmus marinus. Kini, kraken dianggap sebagai kesalahpahaman para pelaut terhadap cumi-cumi raksasa yang memang bisa tumbuh hingga 15 m.
 
9. Burung Stymphalia
 
Stymphalian_bird_by_DwarvenArchitect
 
Hewan mitologi ini muncul di dalam kisah Hercules. Dikisahkan, Hercules ditugaskan untuk membasmi burung-burung raksasa pemakan manusia yang menghantui Pulau Stymphalia, Yunani. Burung-burung itu dikisahkan memiliki paruh dari tembaga dan sayap metalik yang sangat tajam. Bahkan kotoran mereka saja dianggap sangat beracun. 
 
 
10. Cerberus
 
cerberus_1024x768
 
Hewan ini juga adalah makhluk mitologi Yunani yang terkenal. Anjing berkepala tiga ini dikisahkan sebagai penjaga gerbang neraka yang bertugas mencegah para penghuni neraka untuk melarikan diri. Hewan ini juga dikenal sebagai peliharaannya Hades, sang dewa kematian. 
 
bonus

Garuda
 
garuda3
 
Siapa tak kenal makhluk mitologi ini? Burung yang berasal dari mitologi India ini digunakan sebagai lambang negara kita, Indonesia bukan tanpa alasan. Garuda menjadi lambang kemerdekaan karena usaha Garuda untuk membebaskan ibunya dari perbudakan. Garuda dikisahkan bertubuh manusia namun bersayap dan memiliki paruh elang. Dalam agama Hindu, Garuda merupakan tunggangan Dewa Wisnu.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog