Jumat, 23 Januari 2015

Mall yang Berubah Menjadi Kolam Ikan



Pusat Perbelanjaan (mall) The New World di Bangkok, Thailand, telah ditinggalkan dan tak digunakan lagi sejak tahun 1997. Tapi benarkah tidak digunakan lagi? Bangunan yang tinggal empat lantai dan tanpa atap ini telah menjadi surga bagi berbagai jenis ikan. Mengapa bisa begitu?



Mall yang dibangun pada tahun 1982, awalnya setinggi 11 lantai dan sangat terlihat karena menjulang tinggi di daerah sekitarnya. Tapi kemudian terungkap bahwa ternyata pengembang hanya memiliki izin untuk membangun sebuah gedung empat lantai. Pada tahun 1997, Mahkamah Agung Thailand memerintahkan pembongkaran tujuh lantai dari mall tersebut dan hal ini meninggalkan lubang menganga di atap. Selama bertahun-tahun, hujan merubah lantai dasar mal menjadi kolam dangkal, dan kemudian menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk.

Untuk melawan masalah nyamuk, penduduk di sekitarnya membeli ikan dari berbagai macam spesies dan dilepaskan di mall yang telah menjadi kolam tersebut untuk memakan nyamuk dan larvanya. Selain warga setempat, hanya beberapa orang yang tahu tentang kolam ikan di mall tersebut sampai baru-baru ini ketika foto-foto kolam ikan tersebut di upload ke Facebook, dan membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi bekas mall tersebut. Para pejabat kota mengkhawatirkan keamanan pengunjung karena bangunan dinilai rawan runtuh.


The Bangkok Metropolitan Administration (BMA) kini telah memutuskan untuk menangkap semua ikan-ikan disana dan membuang air dari bangunan.





Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog