Jumat, 09 Januari 2015

Inilah 8 Kota Dengan Suasana Bak Venesia



Apa yang terbayang ketika anda mendengar Venesia? sebuah kota Italia yang sebagian besar tertutup air dengan gondola dan kapal sebagai transportasi utamanya. Karena keunikannya Venesia kerap terlihat di berbagai film-film box office, baik yang bergenre action sampai drama romantis. Nah kali ini menghadirkan 8 kota yang memiliki keunikan seperti Venice, kota apa saja itu?

1. SUZHOU

Suzhou canal lanterns

Sebuah kota tua di provinsi Jiangsu China, siapa sangka kota ini menyajikan pemandangan khas mirip-mirip dengan Venesia. Di beberapa bagian kota tua terdapat kanal-kanal yang menghubungkan beberapa blok kota. Dilain pihak walau Suzhou nampak seperti kota tua yang tenang pada kenyataannya Suzhou adalah salah satu kota terkaya di China.

2. BRUGES

Bruges canal

Bruges, kota yang terletak di Belgia ini memiliki kanal-kanal yang mirip dengan Venisia, dimana disekeliling sungai berdiri bangunan-bangunan tua dan bersejarah.

3. BANGKOK

Bangkok floating market

Bangkok juga memiliki kanal-nya sendiri yang diberi nama Khlong, pemandangan Khlong agak semrawut dikarenakan sungai ini juga menjadi semacam pasar apung dan waterway bagi yang tidak mau terjebak kemacetan jalanan kota Bangkok. Tidak seperti dua kota diatas, kebanyakan bangunan di pinggir Khlong adalah bangunan panggung sederhana.

 4. GIETHOORN

Giethoorn canal

Daya tarik kota yang terletak di Belanda ini adalah kanal-kanalnya yang indah, dan suasana bebas polusinya, karena di daerah ini sangat jarang kendaraan bermotor. Selain itu rumah-rumah penduduk tidak selalu berjajar, sebagian malah berdiri menyendiri membentuk sebuah pulau. Untuk aktifitas sehari-hari penduduk lebih mengandalkan kapal kecil atau berjalan kaki melewati jembatan-jembatan antar pulau.

5. BIRMINGHAM

Birmingham canal

Kota ini memiliki kanal-kanal yang dulu digunakan sebagai transportasi barang ketika era industri, sekarang peran kanal ini tidak sevital dahulu dan lebih banyak digunakan untuk tujuan wisata.

6. KERALA

Kerala Backwaters

Terletak di Kerala, India sungai ini membentang sepanjang 900 mil sampai ke laut. Kebanyakan digunakan sebagai transportasi barang namun tidak sedikit yang memanfaatkannya sebagai tujuan turisme. Di sekitar sungai ini banyak dijumpai penduduk yang menawarkan perahu untuk wisata air.

7. CAN THO

Can Tho floating market

Can Tho terletak di Vietnam  menawarkan wisata air yang tidak sepadat sungai di Bangkok, sungai disini cukup lebar karena merupakan bagian dari sungai Mekong. Kebanyakan penduduk memanfaatkan sungai untuk menjual hasil kebun.

8. STOCKHOLM

Stockholm canal

Ibukota Swedia ini juga mencakup beberapa pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai, tidak heran kalau kemudian sungai ini menjadi sara turisme.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog