Kamis, 15 Januari 2015

10 SENJATA LEGENDARIS PALING KEREN



Semua senjata ini benar2 ada, walaupun mungkin ceritanya bercampur dengan mitologi. Apa saja senjata2 keren itu? Simak saja top ten ini.

1. Excalibur
3033728-excalibur
Sebutin satu aja pedang paling terkenal di dunia. Pasti pikiran kalian bakal melayang ke pedang milik milik Raja Arthur asal Inggris ini. Pedang ini dinamakan Excalibur karena dipercaya saking kuatnya pedang ini, bahkan ia bisa memotong baja. Kita mungkin mengira bahwa Excalibur adalah pedang yang ditarik Arthur  keluar dari batu (dimana nggak ada seorangpun kecuali Arthur yang bisa menariknya). Padahal ternyata pedang tersebut dengan pedang Excalibur adalah dua pedang yang berbeda.
2. Durandal
images   rocamadour-sword-durandal
Durandal mungkin adalah pedang kedua paling terkenal di Eropa setelah Excalibur. Pedang ini dimiliki oleh Roland, salah satu dari dua belas “Paladin” atau ksatria Kaisar Charlemagne. Charlemagne sendiri dianggap sebagai pemersatu Eropa sebab ialah kaisar Eropa pertama setelah 300 tahun jatuhnya Kekaisaran Romawi. Pedang ini kini diyakini tertancap di salah satu tebing di kota Rocamadour, Prancis.
3. Kusanagi
2-kusanagi-e1384476334102
Pedang ini dianggap sangat suci di Jepang dan diwariskan secara turun-temurun dalam kekaisaran Jepang. Pedang ini dipercaya merupakan pemberian dari Dewa Matahari, Amaterasu dan selalu tersimpan di Kuil Atsusa di Prefektur Nagano. Pedang ini tidak boleh dilihat oleh umum, namun secara berkala dipertunjukkan pada upacara penobatan para kaisar Jepang, walaupun tetap terbalut erat oleh kain penutup. Dengan kata lain, selama ratusan tahun mungkin tak pernah ada yang melihat wujud asli pedang ini kecuali para kaisar Jepang sendiri.
4. Muramasa
cunzhengWSD (2)
Alkisah seorang pandai besi bernama Muramasa menginginkan pedang2 yang dibuatnya mejadi pedang pembawa kematian yang sangat dahsyat. Konon, permintaan ini dikabulkan para dewa sehingga pedang2nya diyakini didiami oleh iblis2 yang haus darah. Bahkan, apabila pedang ini tidak digunakan untuk membantai manusia dalam peperangan, maka pedang ini akan mendorong pemiliknya melakukan bunuh diri untuk memuaskan rasa haus darahnya. Pedang ini digunakan oleh Shogun Tokugawa yang dikenal sangat kejam terhadap musuh2nya. Namun sang Shogun sendiri juga ternyata kewalahan dengan pedang ini dan menganggapnya terkutuk, sebab pedang ini hampir membunuh seluruh keluarganya, bahkan nyaris mencelakakan nyawa sang Shogun sendiri.
5. Masamune
5-masamune-e1384476415914
Pedang ini seringkali dibanding2kan dengan Murasama. Pedang ini konon dibuat oleh Masamune, seorang biksu yang juga pandai besi terkenal, sekaligus guru Murasama. Menurut legenda, Murasama yang sombong menantang gurunya sendiri untuk membuat pedang yang lebih baik dari dirinya. Murasama dan Masamune kemudian menancapkan kedua pedang buatan mereka di tengah aliran sungai. Pedang Murasama segera memotong apapun yang menghalangi jalannya, namun pedang Masamune tak memotong apapun. Murasama menertawakan gurunya, namun seorang bijak yang lewat kemudian mengatakan bahwa pedang Murasama haus darah dan akan memotong apapun, bahkan ikan dan kupu2 yang tak sengaja melewatinya. Namun pedang Masamune menolak untuk memotong apapun yang tidak berdosa, bahkan udara dan air sekalipun.
Legenda lain mengatakan bahwa selembar daun jatuh ke pedang Murasama dan terpotong dua. Namun begitu melewati pedang Masamune, kedua potongan daun itu pulih kembali. Kesimpulannya, Murasama dianggap sebagai pedang yang jahat, sedangkan Masamune dianggap sebagai pedang yang baik. Hmmm, cerita ini mengingatkanku pada pedang Tetsusaiga dan tenseiga di Inuyasha. Sayangnya, keberadaan pedang ini tak diketahui hingga saat ini.
6. Damascus Steel
DSCN9702
Damascus steel adalah sebutan bagi baja2 yang khusus dibuat di Damascus dengan teknik yang khusus pula. Pedang2 ini dibuat sejak abad ke-3 hingga abad ke-17 di Timur Tengah dengan bahan baja yang didatangkan khusus dari India. Pedang2 yang dibuat dari baja Damascus dikatakan sangatlah tajam, hingga sehelai rambut yang tak sengaja jatuh ke atas bilahnya akan langsung terpotong. Keunikan lain dari baja Damascus ini adalah adanya pola2 organik pada permukaan pedangnya.
Penyelidikan terkini mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa baja2 Damascus ini memiliki “carbon nanotube” yang kini hanya bisa diperoleh melalui teknologi modern yang melibatkan ilmu fisika tingkat tinggi. Pedang terkenal yang dibuat dari baja Damascus ini antara lain pedang milik Saladin, ksatria Arab yang berhasil mengalahkan pasukan Eropa dalam Perang Salib.
saladin
7. Chakram
callisto_dArc_PDVD_391
Melihat senjata ini kita pasti langsung teringat pada Xena The Warrior Princess yang serial TV-nya pernah sangat terkenal satu dekade lalu. Senjata menyerupai frisbee ini memiliki tepi yang setajam mata pedang dan digunakan dengan cara dilempar untuk menebas musuh2nya.
8. Halberd
HA14Z_Halberd
Senjata indah ini berasal dari Jerman dan digunakan pada abad 14-15. Senjata ini merupakan gabungan antara kapak dan tombak. Beda dengan pedang dan tombak yang hanya punya satu sisi tajam saja, senjata ini lebih efektif sebab memiliki hingga 3 sisi tajam untuk mengoyak dan menusuk musuhnya.
9. Pedang Goujian dan Pedang Bercabang Tujuh
Kedua pedang ini kumasukkan dalam satu list karena kemisteriusannya. Pedang Goujian ditemukan dalam sebuah makam pada 1965 di Cina dan dipercaya merupakan milik Kaisar Goujian. Walaupun berumur 2.000 tahun lebih, pedang ini masih amatlah tajam. Bahkan jari seorang arkeolog yang menyentuh mata pedangnya pun sampai berdarah. Bagaimana mungkin pedang yang disimpan selama 2 milenia masih terjaga ketajamannya? Semua itu masih misteri, namun diduga teknik metalurgi bangsa Cina dua ribu tahun lalu sangatlah sempurna sehingga mereka menambahkan bahan anti karat ke permukaan pedang, bahkan menyimpannya dalam wadah kedap udara.
e01adf94d7641bd002f0d0edf786c8fe   images (3)
Pedang bercabang tujuh juga sama misteriusnya dengan pedang Goujian. Pedang ini ditemukan pada tahun 1945 di Kuil Isonokami, Jepang. Diduga pedang ini merupakan pemberian raja Korea kepada Kaisar Jepang saat itu, Empress Jingu. Keunikan pedang ini tentu terletak pada bentuknya yang tak biasa.
images (1)   images (2)
10. Tombak Takdir
Fra_Angelico_027  images (5)
Dikenal sebagai salah satu relik paling penting dalam agama Kristen, tombak takdir (Spear of Destiny) adalah tombak yang dipercaya menusuk lambung Yesus pada saat disalibkan 2.000 tahun lalu. Tombak ini kini dipercaya disimpan di Vienna, Austria, walaupun banyak pula yang memperdebatkan keasliannya. Uniknya, rumor mengatakan siapapun pemilik tombak ini akan mampu menguasai dunia. Konon, pada Perang Dunia II, tombak ini sempat dimiliki Hitler, namun kemudian diselamatkan oleh Jenderal Sekutu, Goerge S. Patton, mengakibatkan kekalahan dan bunuh dirinya Hitler.
BONUS:
Pasopati
Brahmastra
Senjata dewa dalam mitologi India ini pasti sudah tak asing di telinga kita. Namun interpretasi modern terhadap senjata Arjuna ini (apalagi dengan hangat2nya teori Ancient Aliens) ternyata sangat mencengangkan. Senjata yang sering digambarkan sebagai panah dalam dunia pewayangan ini diduga adalah sebuah misil nuklir prasejarah. Hal ini diklaim oleh catatan kuno mengenai kekuatan senjata ini: mampu melenyapkan segala bentuk kehidupan, mencemari sumber2 air, menyebabkan tanah tak mampu ditanami, bahkan menyebabkan penyakit dan cacat menurun bagi korban2 yang selamat.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog