Kamis, 08 Januari 2015

21 Cara Singkat Menghilangkan Kepenatan Kerja



Seringkali kita tenggelam dalam rutinitas kerja yang membosankan, dan seringkali timbul rasa lelah dan penat setelah seharian mengerjakan tugas-tugas kantor. Nah mungkin tips ini bermanfaat untuk menyegarkan pikiran anda kembali.

1. Dapatkan sinar matahariJika bekerja di bawah cahaya lampu sepanjang hari, maka gunakan 10 menit untuk mendapatkan sinar matahari. Mendapatkan sinar matahari dapat memberikan efek menyegarkan. 
Selain itu, mendapatkan sinar matahari juga memiliki manfaat yang nyata. Hal tersebut dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang penting untuk kesehatan. Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yang dapat meningkatkan mood dan membantu tidur lebih baik pada malam hari.
2. Naik turun tangga"Naik turun tangga selama 10 menit adalah cara yang bagus agar jantung dapat memompa darah dengan lebih baik," kata Christine Gerbstadt, MD, RD, juru bicara American Dietetic Association.
3. Istirahat sambil minum kopi sejenakDavid Leopold, MD, direktur Integrative Medical Education di Scripps Center for Integrative Medicine, San Diego merekomendasikan espresso khusus. "Espresso Brewing merupakan ekstrak semua rasa kopi yang juga memiliki sifat antioksidan terkuat," kata Leopold.
4. Mengisi teka-teki silang (TTS)
5. Melakukan pereganganJika badan terasa kaku setelah duduk di meja kerja seharian, melakukan peregangan dapat membuat badan terasa lebih segar.
6. Membuat minuman smoothie atau jus buah
7. Menutup mata dan membayangkan liburan ke tempat yang kita sukai.
8. Membaca sejenak misalnya membaca novel, komik, majalah dan lain-lain.
9. Jalan-jalan sejenak
10. Jangan ngemil makanan yang mengandung gula dan karbohidrat terlalu banyak, lebih baik memilih cemilan yang mengandung sejumlah protein.
11. Menulis di buku harian atau blog pribadi.
12. Tertawa.Belum terdapat bukti pasti apakah tertawa dapat bermanfaat untuk kesehatan, namun setidaknya tertawa dapat membuat merasa lebih baik.
13. Membasuh muka menggunakan air dingin.
14. Beralih ke teh hijauTeh hijau memiliki tingkat tertinggi antioksidan seperti senyawa EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang memungkinkan dapat mendukung kesehatan, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.
15. Mencoba aromaterapi.
16. Pertimbangkan mengonsumsi suplemen.
17. Mendengarkan musikMusik yang tepat benar-benar dapat memperbaiki mood.
18. Mengonsumsi cokelat.Cokelat merupakan stimulan ringan, dan mungkin juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko kardiovaskular.
19. Menata ruang kerja dan meja kerja
20. Menyempatkan makan sesuai jadwal makan
21. Menarik napas dalam-dalamMengambil napas dalam-dalam dapat meredakan stres dan ketegangan.
Cara-cara diatas sebenarnya merupakan hal yang sangat sepele, tetapi mungkin justru tidak diperhatikan oleh sebagian orang. Namun, memang tidak ada salahnya untuk mencoba mempraktikkan.
Jangan membuang waktu istirahat 10 menit dengan kegiatan yang pasif. Waktu 10 menit akan sangat berguna jika digunakan untuk kegiatan aktif yang positif. Hal tersebut dapat membuat badan dan pikiran segar kembali.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog