Sabtu, 25 Oktober 2014

Manusia punya waktu tidur ideal 7-8 jam sehari. Hanya pada kondisi tertentu orang bisa tidur sambil berdiri, atau misalnya separuh mata terjaga dan separuhnya tertidur. Bagaimanapun, kualitas tidur tidak optimal. Hal ini berbeda dengan jenis hewan tertentu yang punya keahlian tidur dengan cara unik.

Nah, fakta unik apa saja soal tidur dalam dunia fauna?


10. Kucing


Rata-rata kucing tidur selama 13 - 14 jam setiap hari, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Ini juga berlaku bagi kucing-kucing besar seperti singa dan macan yang biasa berburu di malam hari.


9.Siput gurun


Kalau kamu pikir kucing hewan paling malas, tapi rekor tidurnya masih kalah dengan yang satu ini. Bahkan beruang, yang terkenal suka hibernasi (tidur panjang) selama musim dingin juga kalah jauh. Ya, inilah pemegang rekor terlama: siput gurun. Hewan yang satu ini bisa tertidur sampai tiga tahun berturut-turut tanpa terbangun.


8.Lumba Lumba

Lumba-lumba bisa berenang dengan sebagian otak mereka tertidur. Mereka bisa memiliki gelombang otak non-REM yang berfungsi sama seperti ketika manusia tidur, sementara sebagian otaknya tetap terbangun.


7. Kuda dan Sapi


Kuda dan sapi bisa tidur sambil berdiri. Namun mereka tidak mengalami tidur REM secara penuh. Ini menyebabkan kuda dan sapi tak bisa tidur nyenyak, hingga bermimpi, kecuali saat mereka tidur sambil berbaring.


6. Jerapah


Jerapah memiliki kemampuan yang unik dalam har menahan kantuk. Ini karena jerapah bisa bertahan terus terjaga hingga berminggu-minggu tanpa tidur siang.


5. Platypus


Saat tidur, platypus melakukan gerakan yang sama dengan saat dia sedang mencari mangsa. Ini kemungkinan besar untuk menutupi bahwa dia sedang tertidur, sehingga mangsa atau musuh tak akan berani mengganggunya.


4. Babon papio Afrika


Untuk menghindari pemangsa, monyet babon papio Afrika tidur di pucuk pohon tanpa berbaring. Mereka bisa tertidur sambil duduk dan berpegangan pada pohon.


3. Kelelawar


Kelelawar tidur dengan kepala menghadap ke bawah. Ini tentu bukannya tanpa alasan. Posisi ini menguntungkan saat ada pemangsa yang mendekat. Dengan begitu, mereka bisa langsung terbang untuk melarikan diri.


2. Albatros

Albatros adalah salah satu jenis burung yang memiliki kebiasaan tidur unik. Tak perlu mencari sarang untuk tertidur, karena burung albatros bisa tidur sambil terbang.


1. Semut

Kebanyakan orang mengira semut tidak pernah tidur. Padahal faktanya, semut pekerja bisa tidur sebanyak 253 kali dalam sehari. Bagaimana bisa? Ini karena mereka hanya menghabiskan waktu 1,1 menit saja untuk satu kali tidur.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog