Selasa, 25 Agustus 2015

Mitos-Mitos Kepercayaan Masyarakat Dari Berbagai Negara




Setiap masyarakat di seluruh dunia memiliki mitos dan kepercayaannya masing-masing. Ada yang percaya akan keberadaan makhluk supranatural, benda-benda berkekuatan magis, dewa dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri banyak mitos-mitos yang dipercayai masyarakat. Setiap suku yang ada di Indonesia biasanya memiliki mitos-mitos kepercayaan mereka masing-masing.

Selain di Indonesia, di negara lain juga ada mitos-mitos yang terbilang aneh dan tak biasa. Namun masyarakat beberapa negara ini percaya betul dengan mitos-mitos ini meskipun agak tidak masuk akal. Berikut ulasannya

6. Agimat - Filipina

(foto : thepinoywarrior.com)
Agimat atau yang biasa disebut anting-anting ini adalah sebuah jimat yang terkenal di Filipina. Masyarakat Filipina percaya bahwa Agimat memilki kekuatan sihir yang dapat memancarkan pesona atau aura-aura positif.

5. Ganesa - India

(foto : anacaraka.co.id)
Ganesa adalah seorang dewa yang dipercayai agama Hindu. Ganesa diwujudkan sebagai manusia berkepala gajah. Ganesa depercayai sebagai pengusir segala rintangan, Dewa saat memulai pekerjaan, pelindung seni dan ilmu pengetahuan serta Dewa kecerdasan dan kebijaksanaan.

4. Mudang - Korea Selatan

(foto : nytimes.com)
Mudang adalah kepercayaan masyarakat Korea akan dukun yang dapat mengabulkan permintaan atau meramal. Beberapa permintaan yang biasa diminta kepada Mudang misalnya untuk segera mendapat jodoh, anak, rezeki atau mengusir roh jahat.

3. Boneka Herbal - Uzbekistan

(foto : ronsprimitiveskills.blogspot.com)

Masyarakat percaya di setiap rumah memiliki roh jahat dan roh yang baik. Untuk mengusir roh-roh jahat, masyarakat Uzbekistan membuat boneka yang terbuat dari tanaman herbal dan menyimpannya dalam rumah atau digantung pada pintu.

2. Kachina - Amerika

(foto : horsekeeping.com)
Kachina adalah sebuah boneka yang biasa dijadikan hadiah untuk anak-anak. Masyarakat percaya bahwa dalam boneka Kachina ditinggali roh. Boneka Kachina biasa dihiasi dengan ukiran-ukiran khas yang jadi ciri masyarakat Pueblo Barat. 

1. Zashiki Warashi - Jepang

(foto : chinhy-sou.devianart.com)
Zashiki Warishi adalah hantu penunggu rumah yang berwujud seperti anak perempuan berambut pendek. Menurut kepercayaan, siapa saja yang dapat melihat Zashiki Warashi di rumahnya, maka ia akan mendapat kebahagian terus menerus, dengan kata lain Zashiki Warashi adalah hantu pembawa keberuntungan.

Itulah beberapa kepercayaan masyarakat dari berbagai negara. Percaya atau tidak percaya, kita tetap harus menghormati kepercayaan orang lain.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog