Minggu, 09 Agustus 2015

5 Hal Positif Dari Rokok Yang Jarang Diketahui




Merokok memang selalu dikaitkan dengan berbagai macam penyakit seperti jantung, kanker, atau gangguan lainnya. Merokok juga disebut-sebut sebagai 'tiket' untuk kematian dini. Tapi bagi Anda yang suka merokok, ternyata ada beberapa hal positif dari merokok lho.

Meski merokok memilki efek positif, tapi dalam dunia kesehatan tentu saja merokok sangat tidak dianjurkan. Tidak ada dokter yang akan menyarankan pasiennya untuk merokok meskipun rokok mengurangi risiko beberapa penyakit tertentu. 

Berikut seperti dilansir Wow Menariknya dari Live Science beberapa hal positif dari merokok yang jarang Anda ketahui

1. Mengurangi risiko kerusakan atau operasi lutut

Hasil mengejutkan dari sebuah riset baru-baru ini mengungkapkan bahwa pria yang merokok memiki risiko yang sangat kecil untuk terkena gangguan sendi dibandingkan pria yang tak pernah merokok. Dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, University of Adelaide, Australia menjaelaskan bahwa kandungan nikotin dalam tembakau membantu mencegah tulang rawan dan kerusakan sendi.

2. Mengurangi risiko terkena parkinson

Seorang perokok memilki perlindungan dari penyakit parkinson. Penelitian ini tentu sangat mengejutkan. Apalagi setelah para peneliti menemukan hal baru jika seorang  perokok berhenti merokok, sistem perlindungan dari penyakit parkinson pun menurun.

3. Mengurangi risiko terkena obesitas

Merokok, khususnya nikotin dalam asap tembakau adalah penekan nafsu makan. Nikotin bertindak sebagai stimulan dan menekan nafsu makan yang membuat perokok cenderung tak nafsu makan bahkan hanya untuk sekedar cemilan.

4. Menurunkan risiko kematian setelah serangan jantung

Dibanding dengan non-perokok, perokok yang telah mengalami serangan jantung tampaknya memiliki tingkat kematian lebih rendah. Seorang perokok memang sangat erat dengan gangguan pada jantung, tapi seorang perokok biasanya mengalami serangan jantung 10 tahun lebih muda dibanding non-perokok sehingga memungkinkan perokok untuk melakukan terapi penyembuhan.

5. Membantu kerja obat clopidogrel untuk memperbaiki kerja jantung

Clopidogrel adalah obat untuk menghambat penggunaan darah bagi penderita penyakit arteri koroner dan penyakit darah lainnya yang mengarah ke stroke dan serangan jantung. Sebuah studi oleh beberapa peneliti Korea di tahun 2010 mengungkapkan bahwa kandungan dalam asap rokok mengaktifkan protein yang disebut sitokrom yang membuat clipdogrel bekerja lebih aktif.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog