Rabu, 05 Agustus 2015

Memalukan! Sang Merah Putih Dikibarkan Terbalik



Bendera merah putih adalah bendera indonesia, pemersatu bangsa, wujud kebanggan seluruh rakyat Indonesia. Bendera merah putih mengandung filosofi yang luar biasa. Merah yang artinya berani, melambangkan jiwa berani rakyat Indonesia dalam memerangi penjajah, dan putih yang berarti suci, melambangkan kesucian Negara Indonesia.
Selain itu, pastilah bangga menjadi pengibar bendera merah putih. Baik di sekolah-sekolah, maupun upacara-upacara nasional, apalagi mendapat kesempatan untuk mengibarkan bendera merah putih di Istana Negara.
Namun, apa jadinya jika mengibarkan bendera merah putih terbalik, yaitu putih merah? Betapa malunya bagi si pengibar bendera maupun bagi yang melihatnya. Namun hal itu benar-benar pernah terjadi di Indonesia.
4 cerita memalukan ketika mengibarkan bendera merah putih dengan terbalik.
  1. Kibarkan Bendera Terbalik, Paskibraka Dumai Dijemur

    Cerita petama datang dari Paskibraka Dumai saat bertugas dalam upacara HUT Korpri ke 41 pada November 2012. Pada saat dikibarkan, bendera yang seharusnya merah putih tapi malah dikibarkan putih merah. Hal ini membuat para tamu undangan tegang dan pandangan tertuju pada petugas pengibaran.
    Pengibaran bendera merah putih terbalik / tribunnews.com
    Akibat insiden itu, Paskibraka dihukum oleh para pembina dengan memberikan hormat pada bendera merah putih. 
  2. Bendera Terbalik di Depan Kantor Lurah Kedonganan

    Peristiwa ini sebenarnya tak sengaja diketahui oleh I Gede Agus Astapa, Wakil Komisi Informasi Bali pada awal tahun 2015 lalu. Saat itu Agus hendak pergi ke Denpasar dari arah Jimbaran, namun tak sengaja ia melihat bendera merah putih yang terpasang terbalik di depan kantor lurah Kedonganan.
    Bendera di depan kantor lurah Kedonganan terbalik / bali.tribunnews.com
    Langsung saja Agus mengabadikan peristiwa tersebut dan mengunggahnya di akun facebooknya. Banyak respon dari netizen, baik negatif maupun positif.
  3. Bendera Terbalik di Acara Supermentor

    Acara Supermentor adalah acara yang diselenggarakan oleh Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal. Acara itu dihadiri oleh mantan Presiden Indonesia BJ. Habibie, SBY, mantan Wapres Try Sutrisno, Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao.
    Acara Supermentor / rmol.co
    Melihat tamunya saja sudah tentu acara ini bukan acara main-main. Namun, karena kesalahan teknis file pengibaran bendera merah putih milik panitia Supermentor tidak diputarkan, namun pemutara video pengibaran bendera merah putih adalah video yang dipilih secara sepihak oleh teknisi.

    Atas kesalah tersebut, Dino meminta maaf yang sebesar-besarnya dan memberi teguran keras pada teknisi tersebut. 
  4. Pengibaran Bendera Merah Putih yang Salah di Gedung DPRD Papua Barat

    Senin lalu tanggal 27 Juli 2015, bendera putih merah berkibar selama tujuh jam di depan kantor DPRD Papua Barat. Yunus Kondororit, Sekretaris DPRD Provinsi Papua Barat menjelaskan bahwa hal itu disebabkan oleh kelalaian satpam piket jaga malam.
    Ilustrasi bendera merah putih terbalik / bantentimes.com
    "Pengibaran bendera merah putih terbalik putih merah itu bukan dilakukan oleh staf sekretariat DPRD Papua Barat tetapi dilakukan oleh petugas satpam," kata Yunus seperti dikutip dari Antara.
Terlihat agak memalukan, bahkan bagi sebagian orang itu merupakan hal lucu. Ada baiknya periksa secara teliti sebelum ditampilkan kepada khalayak ramai. Karna nila setitik, rusak susu sebelanga, karena kesalahan kecil akan berdampak besar.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog