Jumat, 13 Maret 2015

Fakta-fakta UNIK seputar MATRYOSHKA (russian doll)

Matryoshka (матрёшка) adalah boneka khas Rusia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang lebih kecil. Nama "matryoshka" diambil dari nama "Matryona", yang merupakan nama dari seorang wanita yang bertubuh gemuk.



Model-model boneka matryoshka dapat bervariasi sebagai contoh bentuk gadis petani dengan pakaian tradisional, karakter dongeng sampai para pemimpin Soviet. Berikut fakta-faktanya:

Boneka Matryoshka Berasal Dari Jepang ???


Really? Ya, ternyata pembuatan boneka
Matryoshka terispirasi dari boneka Daruma yang berasal dari Jepang. Boneka ini adalah model dari pendiri Zen Budhism, dan melambangkan kemakmuran serta keberuntungan. Sedangkan desain dari boneka Daruma itu sendiri terinspirasi oleh boneka yang serupa dari Cina.

Kapan Matryoshka Pertama Kali Dibuat ??

Well, pada tahun 1980, seorang pengrajin bernama Vasily Zvyozdochkin mengukir boneka
Matryoshka pertama yang didesain oleh seorang pelukis bernama Sergey Maluytin. Mereka terinspirasi dari pameran seni Jepang yang menampilkan boneka Daruma.

Perbedaan Bagian Luar dan Dalam Matryoshka

Jadi gini gan, boneka bagian luar adalah seorang ibu yang mengenakan sarafan atau baju petani. Sedangkan boneka bagian dalam bisa laki-laki atau perempuan.

Penghargaan

Pada tahun 1900, boneka Matryoshka memenangkan medali perunggu pada Exposition Universelle (World Fair) di Perancis. Kemudian pembuatan boneka ini banyak ditiru seniman lain, hingga seperti yang kalian lihat sekarang ini. Boneka ini menjadi souvenir khas Rusia yang terkenal di dunia.

Dari Apa Matryoshka Dibuat ??

Boneka Matryoshka biasanya dibuat dari cahaya, pohon birch, pohon alder, kapur, kayu balsa, dan aspen. 30.5% orang membutuhkan waktu dua tahun untuk menyembuhkan (mengeringkan) kayu sebelum dapat digunakan untuk membuat boneka lagi.

.
Berapa Banyak Kayu yang Digunakan ??

Setiap satu set boneka Matryoshka terbuat dari sepotong kayu. Boneka terkecil dibuat pertama, kemudian menyusul yang besar. Satu set boneka yang dijual biasanya memiliki sebanyak 20 buah boneka, dan boneka terkecil adalah ukuran Tic Tac.

Berapa Ukuran Matryoshka Terbesar ??

Ukuran boneka Matryoshka terbesar adalah 27.5 inci dan berisi 70 buah boneka. Gila banyak banget ya gan mungkin kalo kita bisa buat patungan beli bonekanya, terus sampai di rumah dibagi-bagi sama 70 orang, jadi masing-masing orang dapat 1 boneka, mantap gan. Boneka ukuran ini dibuat oleh perusahaan Golden Cockerel Rusia, yang bonekanya ditunjukkan di mall di Hong Kong pada tahun 2010 lalu.

Matryoshka di Cina

Ternyata di alun-alun kota Manzhouli Cina juga ada patung
Matryoshka setinggi 100 kaki gan dan lebih dari 200 patung boneka tersebar di alun-alun jadi kalau kalian ingin foto dengan Matryoshka tidak perlu jauh-jauh ke Rusia, cukup pergi ke Cina saja

Tapi perlu dicatat, boneka Matryoshka yang ada di Cina tidak terbuat dari kayu ya, karena mungkin kayunya bisa jamuran kalau kepanasan dan kehujanan terus setiap hari selama bertahun-tahun.

Matryoshka Bukan Babushka

Nah disini banyak yang menyebut Matryoshka dengan Babushka Dolls. Perlu dicatat ya gan, kalau sebutan ini salah. Kenapa? Karena dalam bahasa Rusia, Babushka berarti Nenek dan Matryoshka berarti Ibu kecil sebagai boneka dalam mewakili anak-anaknya.

Perkembangan Desain Matryoshka

Sekarang, boneka Matryoshka bukan hanya ibu-ibu kecil, mereka dibuat dalam berbagai ukuran dan desain dari seluruh dunia. Dan boneka ini benar-benar keren dan mengagumkan.

Berapa Harga Matryoshka ??

Untuk harga boneka Matryoshka tergantung di mana mereka dibuat, siapa yang membuat, teknik apa yang digunakan, dan berapa jumlah boneka di bagian dalam. Satu set Matryoshka bisa dijual dengan harga $ 5.000+++ Gimana gan tertarik untuk membelinya? :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog