Sabtu, 13 September 2014

10 PENEMUAN INDIA YANG MASIH KITA GUNAKAN HINGGA SAAT INI



chess
Kali ini aku akan membuat kalian, bangsa Asia bangga. Sebab dalam 3 postinganku ini, aku akan membahas penemuan2 yang diciptakan bangsa Asia, dimulai dari India. Kita mungkin tahunya sebagian besar barang2 yang kita pakai dalam kehidupan sejhari2 diciptakan oleh bangsa Eropa. namun ternyata ada hal2 yang tak terduga yang kita warisi dari bangsa India. Bahkan penemuan yang mungkin terkesan modern pun ternyata sudah diciptakan bangsa India sejak ribuan tahun lalu. Nah apa saja penemuan itu?? Mari kita simak bersama-sama!

1. Baju
closet-clothes-donate-600
Yap, baju yang kita pakai adalah warisan bangsa India guys. Bangsa India kuno adalah bangsa pertama yang memperkenalkan kain dari bahan kapas (katun). Bahkan wol pertama berasal dari Kashmir, India. Tak hanya itu, aksesoris baju seperti kancing baju juga berasal dari India. Kancing ditemukan sekitar 5.000 tahun lalu di Mohenjo-Daro dan dibuat dari cangkang kerang.

2. Dunia Kedokteran
DOKTER
Hippocrates boleh disebut sebagai bapak ilmu kedokteran, namun ilmu kedokteran zaman India kuno sudah sangat maju dibanding Eropa kala itu. Tabib2 India kuno telah mampu melakukan operasi katarak hingga operasi plastik! Sushruta, seorang tabib India, dikenal sebagai dokter bedah pertama yang tercatat dalam sejarah dunia. Bahkan pada abad ke-8, tabib2 India telah menemukan vaksin cacar. Ilmu2 kedokteran yang mereka ciptakan dirangkum dalam kitab suci mereka Ayurvedha.

3. Berlian
Berlian
Berlian bukan berasal dari Afrika guys, tapi dari India. Berlian pertama kali ditambang di India. Bahkan hingga abad ke-18, India adalah satu2nya negara penghasil berlian sebelum akhirnya tambang2 berlian ditemukan di berbagai penjuru dunia. Selain sebagai batu berharga, kekuatan berlian yang mampu memotong apapun dimanfaatkan sebagai alat serbaguna.

4. Pelabuhan
Beautiful-Port-Adriano-in-Mallorca
Pelabuhan pertama di dunia terdapat di Lothal, india dan dibangun sejak 2.400 SM! Pelabuhan ini bukan pelabuhan sembarangan, sebab dari rancangannya terlihat jelas bahwa orang India kuno telah memperhitungkan secara teliti mengenai gelombang pasang, hidrografi, dan oceanologi.

5. Baja
Salah besar jika menganggap baja berasal dari zaman modern pada masa Revolusi Industri Eropa. Baja telah diciptakan oleh bangsa India kuno sejak 300 SM dengan cara meleburkan besi dengan karbon.

6. Tinta
1078835_ink_pot_
Orang Cina kuno boleh menemukan kertas, namun orang India-lah yang pertama kali menemukan tinta pada abad ke-4 SM. Tinta berbahan dasar karbon ini sangat berguna untuk menulis manuskrip2 kuno.

7. Segala jenis permainan
 ChessSet
Catur, ular tangga, dadu, kartu, name it! Semua permainan itu berasal dari India kuno. Permainan catur berasal pada abad ke-7 M dan disebut “Chaturanga”. Sementara umur dadu lebih tua lagi sebab sudah ditemukan pada 3.000 SM.

8. Gula
sugar-busters-1
Tanaman tebu secara alami berasal dari wilayah tropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Bangsa India-lah yang pertama kali menemukan teknik pengkristalan (rafinasi) menjadi gula yang kita gunakan sekarang.

9. Penggaris
ruler-p1
Yup, bukan orang Yunani rupanya yang menemukan penggaris berskala, melainkan orang2 India kuno pada tahun 1.500 SM. Penggaris kuno ini dibuat dari gading dengan ketelitian 2 mm dan menjadi penyebab mengapa bangunan2 prasejarah di India dibuat dengan sangat presisi.

10. Angka 0 (nol)
history-of-zero_1
Angka nol mungkin tak memiliki nilai, namun tanpanya, matematika takkan berarti banyak. Angka 0 pertama kali ditemukan oleh ahli matematika bernama Aryabhatta pada 650 M.
BONUS:
Rumah Sakit
In-patient-003
Konsep rumah sakit mungkin berasal dari kuil Asclepius, dewa kesehatan Yunani. Namun tentu saja perawatan yang diberikan masih berbau takhyul karena didasarkan pada penyembahan terhadap Dewa Asclepius. Rumah sakit dengan konsep modern pertama di dunia baru tercatat dari laporan seorang biksu Cina bernama Fa Xian pada tahun 400 M di India. Sistem yang dianut di rumah sakit ini miirp rumah sakit pada masa sekarang. Pasien yang merasa sakit datang, diperiksa oleh dokter, kemudian dirawat dengan obat2an dan makanan hingga sembuh, kemudian diperbolehkan pulang.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog