Minggu, 15 Desember 2013

Kamuflase Luar Biasa dari Serangga Daun



Serangga daun atau daun berjalan merupakan serangga yang unik. Serangga ini lah yang dapat berkamuflase mirip seperti daun paling nyata dari seluruh kerajaan hewan. Tampilan tersebut berfungsi untuk membunyikan diri dari para predator.
Kelebihan unik menyerupakan daun ini kerap membuat bingung para predator yang sulit membedakan antara serangga mangsanya dengan daun yang nyata. Untuk lebih membingungkan predator, serangga daun itu akan berjalan bolak-balik agar nampak seperti daun sungguhan yang ditiup angin.

00031512 copy
Serangga Daun dengan Kamuflase yang Luar Biasa (Sumber : amusingplanet.com)

Serangga ini pertama kali didokumentasikan oleh seorang sarjana bernama Antonio Pigafetta yang berlayar bersama penjelajah Portugis dalam perjalanan ke Hindia pada abad ke-15. Ia mempelajari dan mencatat fauna di sebuah pulau Cimbonbon selagi menunggu armada darat diangkut untuk perbaikan. Selama waktu menunggu tersebut ia mendokumentasikan serangga yang unik dengan kalimat berikut :
“Di pulau ini ditemukan beberapa jenis pohon tertentu, ketika daun jatuh nampak seperti animasi, daun itu berjalan. Mereka seperti daun pohon murbei, tapi tidak begitu lama, mereka nampak miliki tangkai daun pendek dan runcing disetiap sisi dua kakinya. Jika disentuh mereka akan melarikan diri, tetapi jika mereka hancur juga tidak mengeluarkan darah. Aku menyimpannya selama 9 hari di dalam sebuah kotak. Ketika saya membukanya serangga daun itu pergi terbang mengelilingi kotak. Saya percaya jika mereka hidup di atas udara.”
walking-leaves-82 copy walking-leaves-93 copy walking-leaves-36 copy
Serangga daun bisa ditemukan di Asia Selatan hingga Asia Tenggara dan Australia. Saat ini, para peneliti menyimpulkan bahwa serangga daun masuk dalam keluarga Phylliidae.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Arsip Blog Klik disamping Kiri bulan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...