Minggu, 15 Desember 2013

5 Fakta di balik Tragedi Kapal Titanic Yang Belum Anda Tahu

Film Titanic adalah salah satu film romantis terbaik yang pernah memikat perhatian pecinta film. Film yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio ini didasarkan pada kisah nyata tragedi tenggelamnya kapal Titanic alias kapal super yang bertujuan untuk mengawali perjalanan niaga antar Atlantis. Pada tanggal 15 April 1912 bencana tersebut mengakibatkan 1517 penumpang tewas karena menabrak gunung es di Samudera Atlantik Utara dan menjadi peristiwa tak terlupakan sepanjang sejarah. Berikut uniknya.com merangkum fakta di balik tragedi kapal Titanic.

1.    Jumlah Perahu Penolong



Hanya ada 20 perahu penolong yang diangkut oleh kapal Titanic bersama dengan 3.560 jaket pelampung, yang terbuat dari gabus dan kampas. Kedua puluh perahu penolong ini memiliki total tampung 1178 orang. Ingat! Dari 1517 orang yang tewas, 306 jenazah dapat diselamatkan dan sisanya tidak ditemukan. Timbul pertanyaan!

2.    Makna Sebenarnya dari Singkatan RMS


RMS berarti Royal Mail Steamer (diterjemahkan: Kapal Pos Kerajaan). Namun apabila Anda melihat pengertian profesionalnya, maka RMS adalah singkatan dari Royal Merchant Ship (Kapal Niaga milik Kerajaan). Dengan demikian, Titanic berfungsi mengantarkan surat di bawah wewenang Kerajaan Inggris.

3.    Seorang Pemuda Lompat Menyelamatkan Diri



Ketika Titanic sedang jatuh tenggelam, seorang pemuda 17 tahun lompat dari kapal tersebut dan berenang dengan cepat mencoba meraih perahu penolong dan berhasil lolos dari maut. Pemuda itu bernama John Borland “Jack” Thayer, kelahiran 24 Desember 1894 dan meninggal tanggal 20 September 1945.

4.    Peringatan Diberikan Lebih Awal



Para petugas kapal telah menerima kabar bahwa ada gumpalan es terapung di sekitar daerah terjadinya kecelakaan namun peringatan tersebut diabaikan. Kapal tersebut malah tetap mengarah kepada bukit tersebut. Hal ini didasarkan pada penyelidikan yang dilakukan setelah tragedi tersebut terjadi.

5.      Kapal ini Benar-benar Baru



 
Sebelum berlayar tanggal 10 April 1912, kapal tersebut dibuat selama 3 tahun. Nyatanya, pelayaran tersebut merupakan perjalanan pertama kali dan orang-orang yang berlayar di dalam kapal tersebut adalah para penumpang pertama dan terakhir di RMS Titanic. Beberapa di antara mereka telah melihat beberapa tanda “cat yang masih basah” pada beberapa bagian kapal yang menunjukkan bahwa kapal ini masih baru. (**)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog