Senin, 16 Desember 2013

5 Rollercoaster Tertinggi dan Terekstrem di Dunia

Menguji keberanian bukanlah seperti menantang seseorang untuk berkelahi, saling memacu kendaraan dalam sebuah balapan liar, ataupun memijit-mijit bel tetangga yang memelihara anjing dan ataupun tetangga galak.Melainkan dengan hal yang menyenangkan dengan sedikit keberanian, salah satunya dengan mencoba permainan uji nyali seperti menaiki rollercoaster. Ketinggian puncak, liukan dan kemiringan lintasan dari rollercoaster bahkan sering menjadi taruhan apakah seseorang berani menaiki atau tidak. Berikut adalah 5 rollercoaster tertinggi di dunia:

 1. Kingda Ka
Rollercoaster Kingda Ka adalah salah satu wahana uji nyali di Six Flags Great Adventure di Jackson, New Jersey yang mempunyai lintasan sepanjang 950 meter dan  mempunyai tower utama setinggi 456 kaki (139 meter), membuatnya tercatat sebagai roller coaster tertinggi. Kingda Ka resmi diperkenalkan pada 29 September 2004 dan menjadi berita utama untuk para media dan mulai bisa dinikmati umum pada tanggal 21 Mei 2005.
Kingda Ka, Jackson, New Jersey (Sumber: About.com)

Dalam durasi 59 detik, para penumpang akan dibawa naik pada puncak tower utama dan kemudian akan menukik ke bawah dengan akselerasi sampai 206 km/jam dalam 3,5 detik. Kereta yang berisi 18 orang ini akan beroperasi dengan sistem hidrolik merupakan wahana outdoor.
2. Top Thrill Dragster
Top Thrill Dragster ini serupa dengan Kingda Ka hanya ketinggian yang membuat mereka berbeda. Sama-sama didesain oleh perusahaan bernama Intamin pada tanggal 4 Mei 2003. Berlokasi di tamana hiburan Cedar Point kota Sandusky, Ohio, rollercoaster ini memiliki lintasan sepanjang 400 kaki (122 meter) dengan puncak lintasan setinggi 420 kaki (128 meter). Merupakan rolercoaster tertinggi kedua setelah Kingda Ka.
Top Thrill Dragster, Cedar Point, Sandusky, Ohio. (Sumber: Socialtravelsite.com)

Dalam durasi kurang lebih 30 menit, kereta berpenumpang 18 ini akan naik pada kemiringan 90 derajat vertikal yang lalu dilanjutkan dengan beberapa liukan spiral 270 derajat dan menukik dengan kemiringan 90 derajat dengan beberapa ornamen liukan yang lebih banyak pada saat naik.
3. Superman : Escape from Krypton
Rollercoaster yang ini agak berbeda dari dua sebelumnya, Superman : Escape from Krypton digerakan oleh gaya induksi magnetik bukan hidrolik. Berlokasi di Six Flag Magic Mountain di kota Valencia, California, rollercoaster ini memiliki 2 lintasan dengan 2 kereta.
Superman Rollercoaster, Six Flag Mountain, Valencia, California. (Sumber: 4.bp.blogspot.com)

Dengan kecepatan 160 km/jam menempuh lintasan sepanjang 1,235 kaki (376 meter), penumpang akan ditarik kebelakang dan lalu memanjat lintasan dengan kemiringan 90 derajat dengan puncak setinggi 415 kaki (127 meter) dan lalu meluncur lagi dengan lintasan yang sama pada saat ditarik mundur.
4. Tower of Terror II
Bertempat di Dreamworld di kota Queensland, Australia, Tower of Terror merupakan rollercaster yang menggunakan tenaga induksi magnetik. Diresmikan pada tanggal 23 Januari 1997 yang merupakan rollercoaster pertama dengan kecepatan yang paling tinggi yaitu 161,9 km/jam.
Tower of Terror II, Dreamworld, Queensland, Australia (Sumber: Listverse.com)

Berdurasi selama 28 detik, wahana yang berpenumpang 15 orang ini akan ditarik ke belakang dan lalu dibawa ke kemiringan 90 derajat dengan puncak tertinggi 115 meter dan lalu meluncur kembali di lintasan yang sama. Sistem kerja The Tower of Terror ini hampir sama dengan Superman: Escape from Krypton hanya kecepatan laju kereta yang menjadikannya lebih menegangkan.
5. Stell Dragon 2000
Berlokasi di Nagashima Spa Land di kota Nagasihima, Jepang, Steel Dragon 2000 ini merupakan rollercoaster berundak-undak seperti naga dengan puncak tertinggi berada di angka 97 meter. Maksimal kemiringan yang akan dirasakan oleh para penumpang terletak di kemiringan 65 derajat.
Steel Dragon 2000, Nagashima Spa Land, Nagasihima, Jepang (Sumber: 2dayblog.com)

Selain termasuk 5 besar rollercoaster tertinggi di dunia,  Steel Dragon pun menduduki nomor satu untuk kategori rollercoaster dengan lintasan terpanjang di dunia. Penumpang wahana ini akan diajak menikmati petualangan lintasan menyerupai naga sepanjang 8,133 kaki (2,479 meter) dengan durasi 3 menit 12 detik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog