Senin, 06 April 2015

8 Makhluk Mengerikan Penguasa Sungai Amazon



Hutan Amazon adalah rumah bagi beribu-ribu spesies hewan aneh dan indah yang mungkin hanya dapat ditemukan di sana. Di kedalaman hutan hujan ini juga terdapat sungai terpanjang kedua di dunia yaitu Sungai Amazon dengan panjang 6.437 km. Dengan luas dan panjang Sungai Amazon yang begitu mengesankan, sudah pasti banyak makhluk-makhluk menakutkan yang hidup di sana.

Jika berbicara tentang penguasa lautan sudah pasti jawabannya hanya satu yaitu hiu, tetapi di Sungai Amazon, sepesies hewan baik yang kecil atau yang besar semuanya berpotensi menjadi para penguasa Amazon dengan berbagai kemampuan membunuh yang mematikan sekaligus mengerikan.

Berikut makhluk-makhluk mengerikan yang menguasai wilayah Sungai Amazon.

8. Cainman Hitam



Cainman pada dasarnya adalah buaya. Bedanya saja, buaya ini memiliki tubuh berwarna hitam dan dapat tumbuh hingga enam meter dan tengkorak cainman lebih berat daripada buaya Nil.

Spesies buaya ini juga merupakan predator puncak di Sungai Amazon yang berarti cainman dapat dengan mudah membunuh predator lainnya seperti ikan piranha atau anaconda. Yang lebih mengejutkannya lagi, buaya ini pernah menyerang manusia.

Pada tahun 2010, seorang ahli biologi bernama Deise Nishimura diserang oleh cainman saat sedang membersihkan ikan. Untungnya ia berhasil selamat meski harus kehilangan satu kakinya saat bertempur dengan buaya ganas itu.

7. Anaconda Hijau


Salah satu jenis ular terbesar di dunia memang hidup di Amazon, yaitu anaconda. Tetapi anaconda hijau jauh lebih besar dan lebih berat lagi dibandingkan dengan jenis anaconda lainnya yang hidup selain di Amazon.

Anaconda hijau betina pada umumnya lebih berat daripada yang jantan dengan bobot yang dapat mencapai 250 kg dan dapat tumbuh hingga sembilan meter panjangnya. Diameter tubuhnya saja mencapai 30 cm, yang berarti seekor rusa dan bahkan jaguar bisa ditelannya bulat-bulat.

6. Arapaima


Melihat gambar di atas, mungkin kamu tidak akan percaya ada ikan sebesar itu. Tapi di Sungai Amazon semua yang tidak kamu percaya bisa jadi kenyataan.

Arapaima atau juga disebut pirarucu adalah ikan karnivora raksasa yang hidup di Sungai Amazon atau danau sekitar Amazon. Ikan ini dapat tumbuh dengan panjang yang mencapai lebih dari 2,7 meter dengan berat yang mencapai 90 kg.

Santapan favorit ikan ini adalah ikan dan burung. Mereka cenderung tetap dekat dengan permukaan air karena ikan ini juga memerlukan udara. Keganasan ikan ini tak hanya tampak pada wujudnya, pada bagian lidahnya saja terdapat gigi kecil yang berguna untuk menghaluskan mangsanya.

5. Candiru


Tak hanya yang besar yang sangat berbahaya, yang kecil pun di Sungai Amazon bisa menjadi mesin pembunuh mematikan. Seperti makhluk mungil yang satu ini, di mana kemampuannya akan membuat kamu merinding.

Candiru adalah parasit yang terkenal suka masuk ke dalam uretra ketika ada seseorang yang berani kencing di sekitar sungai. Nantinya candiru akan bersarang dalam saluran kemih. Korbannya akan merasakan nyeri yang tak terelakan karena pada bagian punggung candiru terdapat duri-duri kecil yang tajam.

Meskipun kasus seperti ini jarang terjadi, tapi ada salah satu orang yang harus menjalani operasi untuk mengeluarkan candiru dari tubuhnya. Namun, candiru sebenarnya lebih suka bersarang dalam tubuh ikan dan secara perlahan akan meminum darah inangnya.

4. Belut Listrik


Banyak dari kalian yang sudah mengenal belut listrik. Sesuai namanya, belut listik memang dapat mengantarkan listrik dari tubuhnya. Tenaga yang dikeluarkan benar-benar sangat kuat, bahkan seekor kuda pun bisa pingsan dalam sekali kejutan.

Kekuatan listrik yang bisa dihasilkan belut listrik dapat mencapai 600 volt. Meskipun satu kejutan tidak dapat membunuh manusia, tetapi orang yang terkena sengatan belut listrik dapat mengalami gangguan pernapasan hingga akhirnya pingsan dan tenggelam. Karena spekulasi tersebut, banyak anggapan bahwa belut listrik adalah penyebab beberapa orang menghilang di sekitar sungai.

3. Ikan Piranha


Sejenak ikan ini memang terlihat seperti ikan pada umumnya, tetapi ketika ikan ini membuka mulutnya disitulah kamu baru tahu siapa piranha sebenarnya.

Ikan piranha disebut-sebut sebagai makhluk yang paling ditakuti di kedalaman Sungai Amazon, terutama ikan piranha dengan perut berwarna merah. Mereka selalu mencari mangsa dengan cara bergerombol dan dapat menghabisi seekor sapi dalam sekejap, menurut sebuah film Hollywood.

Giginya yang tajam dan kuat serta saling terikat, membuat mereka dengan mudah mencabik-cabing daging mangsanya.

2. Payara (Ikan Vampire)


Ternyata Sungai Amazon memang benar-benar menakutkan, bagaiaman tidak makhluk penghisap darah hidup di sana dan bereinkarnasi menjadi ikan yang disebut Payara atau ikan vampire.

Payara benar-benar predator yang sangat ganas dan kejam yang mampu melahap mangsanya hingga setengah ukuran tubuhnya. Mereka mendapat julukan ikan vampire karena mereka memiliki dua gigi yang sama dengan makhluk penghisap darah itu.

Tapi jangan pernah sekali-kali mencoba menggigitkan kedua taring ikan itu ke leher dengan harapan bisa menjadi vampire yah.

1. Pacu


Jika berbicara tentang makhluk mengerikan di Sungai Amazon, pasti yang kamu sebutkan adalah ikan piranha atau anaconda. Tapi masih ada yang lebih mengerikan daripada piranha, yaitu ikan pacu.

Bagaimana tidak mengerikan, ikan ini memiliki gigi yang mirip dengan gigi manusia. Ikan pacu tergolong dalam ikan omnivora yang sewaktu-waktu memerlukan diet memakan 'kacang'. Kacang di sini bukan berarti kacang pada umumnya, melainkan ada sebuah laporan bahwa ikan pacu pernah menggigit testis seorang perenang pria.

Menurut cerita orang Papua Nugini, ikan pacu menganggap organ vital pria adalah santapan yang enak dan mudah. Jadi, hati-hati saja kalau nanti berenang di Sungai Amazon.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog