Senin, 13 Januari 2014

10 Bunga Cantik dengan Bentuk yang Unik dan Aneh

Di dunia ini ada banyak sekali jenis bunga. Selain mawar, melati, krisan dan sebagainya, ada banyak jenis bunga yang cantik. Tapi bentuknya juga banyak yang unik dan bahkan terkesan aneh.

Ada bunga yang bentuknya mirip bebek terbang, ada yang mirip kepala monyet, ada yang seperti pria tanpa busana, bahkan ada yang bentuknya seperti hati berdarah. Berikut ini 10 bunga dengan bentuk unik dan bahkan bisa dibilang aneh:

1. Monkey Face Orchid


Ada wajah monyet yang tercetak di atas kelopak anggrek ini. Ini benar-benar alami, bukan editan foto, bukan dilukis dengan kuas. Bunga anggrek jenis ini memang tumbuh dengan motif mirip wajah monyet.

Nama bunga ini adalah Dracula simia atau lebih dikenal dengan nama Monkey Face Orchid atau Anggrek Wajah Monyet. Seperti wajah monyet yang bisa berekspresi, bentuk wajah monyet di bunga ini bermacam-macam, ada ekspresi wajah monyet yang sedang gembira, ada yang sedih.


2. Bleeding Heart Flower


Nama bunga ini cukup menyeramkan, yaitu Dicentra spectabilis atau lebih dikenal dengan nama adalah Bleeding Heart Flower, atau Bunga Hati Berdarah. Mengapa disebut bunga Bleeding Heart?

Anda bisa melihat bentuknya yang unik, seperti bentuk hati yang utuh dan sama persis seperti hati merah jambu di kartu-kartu cinta.

Bunga berbentuk hati ini ada dalam berbagai warna, ada yang merah muda pucat, putih atau hampir merah. Sayangnya, Bleeding Heart tidak tumbuh di semua negara. Bunga ini tumbuh di negara beriklim sejuk. Ukuran bunga ini tidak terlalu kecil, biasanya tumbuh memanjang dan bergerombol.


3. Bee Orchid


Yang satu ini juga termasuk keluarga anggrek, seperti bunga wajah monyet. Nama bunga ini adalah Ophrys apifera atau lebih dikenal dengan nama Bee Orchid atau Anggrek Lebah. Tidak perlu dijelaskan kenapa diberi nama seperti itu, karena bentuknya memang mirip lebah.

Bunga ini memiliki kelopak warna ungu yang cantik, dan bagian yang bentuknya mirip tubuh lebah gendut. Yang unik lagi dari bunga ini, bagian yang mirip lebahnya membentuk aksen seperti wajah yang tertawa lebar.

Bagian samping mirip tangan yang seolah mengajak bermain. Menyenangkan melihat bunga ceria ini saat sedang sedih.


4. Flying Duck Orchid


Satu lagi keluarga anggrek yang memiliki bentuk unik, kali ini adalah bentuk bebek yang sedang terbang. Nama anggrek ini adalah Caleana major atau lebih dikenal dengan nama Flying Duck Orchid, atau Anggrek Bebek Terbang. Bunga ini tampak cantik dengan gradasi warna merah tua dan ungu.

Yang mengagumkan dari bunga ini tentu saja bentuk kelopaknya yang menyerupai bebek yang sedang terbang. Bunga anggrek ini sebenarnya kecil dan akan tumbuh di batang yang sudah setinggi 50 cm. Bunga anggrek Bebek Terbang banyak dijumpai di Australia.


5. Lily of the Valley


Bunga yang satu ini punya ukuran sangat kecil. Kate Middleton memakainya sebagai salah satu bunga di buket pernikahan yang dia bawa. Nama bunga ini adalah Lily of the Valley, bentuknya mungil, yang membuatnya unik adalah bentuknya yang mirip lonceng terbalik.


6. Hanging Naked Men


Bunga yang unik ini benar-benar ada, menyerupai pria tanpa busana. Nama ilmiah bunga anggrek ini adalah Orchis italica, namun orang-orang lebih suka menamainya Hanging Naked Men atau Laki-Laki Yang Tergantung Tanpa Busana.

Dalam bentuk bergerombol, bunga ini tampak cantik dan tidak ada yang aneh. Namun bila Anda mendekatinya dan melihat lebih dekat, kelopak bunga ini memang mirip seperti pria yang tergantung tanpa busana. Bunga cantik ini banyak tumbuh di Eropa, khususnya di Spanyol.


7. Lady Orchid


Kalau yang satu ini bisa dikatakan pasangan si anggrek Hanging Naked Men. Namun bunga anggrek ini adalah Lady Orchid atau Anggrek Perempuan, nama ilmiahnya Orchis purpurea.

Mengapa disebut Lady Orchid? Karena jika dilihat lebih dekat, bunga ini mirip perempuan memakai rok lebar yang sedang bergandengan tangan.

Bunga ini memang mirip dengan anggrek pria, bentuknya bergerombol, namun jika dilihat satuan dan lebih dekat, bentuknya mirip wanita yang memakai rok.

Lady Orchid tumbuh dengan warna putih yang dihiasi dengan warna ungu gelap di bagian pinggir dan bagian tengah. Lucu ya, ada bunga yang sepasang mirip manusia.


8. Holy Ghost Orchid


Masih dari keluarga anggrek, Anda akan menemukan hal unik dari bunga yang satu ini. Namanya adalah Peristeria elata, namun lebih dikenal sebagai Holy Ghost Orchid.

Entah mengapa diberi nama demikian, karena yang tampak dari bunga cantik ini adalah seekor merpati di bagian dalam kelopak.

Bunga anggrek ini berwarna putih cantik, sekilas tidak ada yang aneh. Namun jika Anda mendekat ke arah bagian tengah kelopak, ada bentuk yang mirip dengan seekor merpati yang sedang mengepakkan sayapnya. Bentuk merpati itu benar-benar mirip merpati sungguhan.


9. Osteospermum fruticosum


Sekilas, jika melihat bunga ini, bentuknya tidak seperti bunga yang ada di Bumi. Kalau Anda menyukai film-film tentang alien, pasti sering melihat bunga yang bentuknya seperti ini ada di planet lain. Namun ternyata, di Bumi juga ada bunga dengan bentuk kelopak unik ini.

Bunga ini tampak aneh karena bagian tengah kelopaknya menggulung ke bagian tengah, sehingga tidak seperti kelopak bunga pada umumnya. Bunga ini sering disebut bunga Alien, nama ilmiahnya Osteospermum fruticosum. Sebenarnya cantik, walau sedikit agak 'alien'.


10. The Kissing Flower


Bunga yang satu ini bentuknya seperti bibir yang sedang memakai lipstik warna merah menyala. Nama bunga unik ini adalah Psychotria elata atau lebih dikenal dengan nama The Kissing Flower atau Bunga Ciuman. Ada juga yang memberi nama The Hot Lips. Namanya juga secentil bentuknya.

Lihat deh, bunga ini kadang berbentuk bibir yang ingin mencium sesuatu. Bunga ini tumbuh secara alami dengan warna merah menyala.

Mudah tumbuh di daerah tropis. Biasanya, bunga ini tumbuh liar di dalam hutan. Karena bentuknya yang unik, banyak yang menanam The Kissing Flower di kebun rumah.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog