Minggu, 30 Januari 2011

3 Triliun triliun dolar Zimbabwe sama dengan 50 sen Amerika










Harare, Zimbabwe - Seorang perempuan dia bis membayar dengan tarif lama 3 triliun dolar Zimbabwe - sama dengan 50 sen Amerika. Kolektor yang menerima batu bata yang rapi dilipat kumpulan yang masing-masing tanpa mengganggu triliun untuk menghitung catatan.

"Tidak seorang pun tampaknya perlu khawatir, dan berhasil," kata perempuan, Lucy Denya, Harare seorang sekretaris yang mengatakan bahwa dia melihat polisi menggunakan catatan lama naik ke bis.

Dolar Zimbabwe yang secara resmi adalah mati. Ia tewas di berharap dari rekor dunia curbing inflasi miliar persentase poin, dan Zimbabwe telah diganti dengan dollar AS dan rand Afrika Selatan.

Namun peran yang lama Zimdollar, seperti diketahui, di dalam aliran. Hal ini masih digunakan, dan telah menjadi titik dari pertandingan lain untuk dibagi kepemimpinan di negeri ini, sekarang salah satu yang paling miskin di dunia.

Presiden Robert Mugabe telah dipanggil untuk kembali dari Zimdollar sebagai hukum tender, yg mengeluh bahwa kebanyakan Zimbabweans kurangnya hard mata uang dasar yang diperlukan untuk membeli barang. Yang di bawah gubernur bank sentral Gideon Gono, satu orang setia Mugabe, telah diakui cetak lokal uang ekstra untuk dana pemerintah yang fueled inflasi.

Tetapi Menteri Keuangan Tendai dikaitkan, yang bergabung dengan pemerintah sebagai bagian dari kuasa-Nya berbagi kesepakatan antara Gerakan untuk Perubahan Demokratik dan Mugabe's ZANU-PF partai, telah dinyatakan lokal dolar tanpa usang. Dia telah berhenti terancam jika kembali ke mata uang lokal terpaksa kepadanya.

"Kami menempatkan mesan pada mayat dari zimbabwe dolar," dikaitkan kepada lawmakers di tengah tahunan kebijakan fiskal pernyataan. Dalam pidato untuk pemimpin bisnis, ia berkata, "Kami tidak lagi mencetak uang kita sendiri."

Dikaitkan mengatakan inflasi bulanan pada bulan Juni meningkat sedikit ke 0,6 persen, meningkat dari nol pada bulan sebelumnya. Dia cela yang bangkit pada lonjakan harga properti rentals, bensin dan lainnya nonfood item. Dia juga mencatat bahwa PDB per kapita telah plunged dari $ 720 di tahun 2002 menjadi $ 265 tahun lalu, yang mencerminkan kekurangan uang dalam perekonomian.

Kekurangan yang tidak membantu oleh keadaan ekonomi global, yang tergantung Zimbabwe.

Dengan gagalnya negara dari sektor ekonomi setelah serangan dari ribuan putih milik peternakan di awal 2000, sekitar 4 juta Zimbabweans - banyak dari mereka terampil - meninggalkan negara untuk mencari pekerjaan di negara tetangga Afrika Selatan dan lebih jauh. Yang disebut "diaspora dolar" menjadi jauh bangsa terbesar sumber mata uang keras.

Namun dalam resesi global, orang-orang yang inflows yg berkurang, perbankan say. Dalam kasus yang khas, seorang pengusaha dari anak perempuan di Inggris e-dia dikirim pada bulan Juni yang dia halving dia uang bulanan sebesar $ 400.

Independen Zimbabwe Nasional Chamber of Commerce cela akut kekurangan mata uang keras dari pada pembayaran untuk membeli barang impor dasar sebelumnya diproduksi di Zimbabwe, seperti sabun dan minyak goreng dari Afrika Selatan.

Tanpa uang cukup tidak peduli bagaimana mereka potong itu, Zimbabweans bertahan pada mish-mash mata uang.

Semua bus driver dapat dilakukan dengan memberikan Zimdollars adalah mereka kembali ke penumpang lain di Amerika untuk mengubah tagihan. Dalam satu laporan kejadian, seorang penumpang yang diambil gun di bis yang mau membayar pada perubahan lokal catatan.

Di luar kota, di mana mata uang keras dapat keras untuk mendapatkan, zimbabwe dolar digunakan seperti perjanjian catatan kecil dalam transaksi. Dan Zimbabwe triliun dolar catatan, di dunia terbesar denominasi tagihan, adalah dengan menekan kolektor, penjualan briskly on eBay. Di Zimbabwe, mereka mengubah tangan seperti tanda-tanda atau IOUs.

Toko kecil tanpa perubahan dalam mata uang keras tidak menawarkan usang zimbabwe dolar dalam perubahan seperti bus driver lakukan, tetapi secara rutin memberikan candies and chocolate bar atau "kupon" handwritten pada waktu check-out slips ditebus untuk pembelian di masa depan.

Irene Gwata, pemilik toko kecil perdagangan pedesaan di barat laut Zimbabwe, mengatakan mata uang keras berhenti penyaringan bawah kepadanya pelanggan dalam beberapa bulan. Warga perdagangan daging kambing, ayam dan jagung dari pails untuk barang, katanya.

Dia melihat seorang wanita desa yang naik bus dan membayar dengan ayam hidup dalam Ikatan kawat untuk 150 kilometer (90 mil) perjalanan ke Harare.

Zimbabwean dengan karakteristik humor dalam kesengsaraan, Gwata berkata, "orang ingin tahu apakah dia akan mendapatkan telur untuk perubahan."


Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog