Minggu, 30 Januari 2011

Fakta di balik mitos orangtua



Ngintip bikin bintitan

Kadang kita waktu masih SD malu kalo ke sekolah ketika bintitan di mata, takut dibilang abis ngintipin orang mandi. Tapi ada benernya juga sih itu mitos,,, logikanya jika kita mengintip dari lubang yang kecil pastinya kan di sekitar lubang tersebut terdapat banyak kuman atau kotoran yang mungkin bsa masuk ke mata. nah makanya kita suka dibilang jangan suka ngintip Gan!





Tangan kiri adalah tangan tidak baik

Waduh, kalo gitu gw ga mau punya tangan kiri deh,,, logikanya sih karena tangan kiri biasanya berhubungan dengan yang kotor2 seperti membasuh setelah PUP, mengambil sampah, dll. Dan orang tua mengajarkan anaknya agar hidup sehat dan teratur dengan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk



Jangan membaca sambil Tiduran nanti sakit mata...

Fakta: Mitos ini tidak benar. Seseorang yang sudah punya kecenderungan rabun jauh, misalnya dalam keluarga hampir semua menderita rabun jauh, meski tidak pernah membaca sambil tiduran, tetap saja potensial terkena rabun jauh. Yang menjadi masalah dalam aktivitas ini adalah apabila jarak baca terlalu dekat. Seperti diketahui membaca sambil tidur biasanya membuat jarak buku dengan mata makin lama makin dekat sehingga mata dipaksa untuk terus fokus dalam jarak yang tidak ideal. Tidak hanya sambil tiduran, membaca sambil duduk atau berdiri sekalipun kalau jarak-nya kurang dari 12 inci (sekitar 30 cm) membuat mata cepat lelah sehingga dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan rabun jauh. logikanya adalah orangtua mengajarkan kita akan tidak menjadi anak yang malas. Kita dimaksudkan agar bekerja dengan fokus dan tidak santai2,,,






Perbanyaklah makan wortel agar mata sehat

Ada benernya juga sih tetapi ternyata banyak makan wortel pun tak dapat mencegah bertambahnya/mengurangi jumlah minus/plus/ silinder lensa kacamata. Maksudnya, kalau pangkal kesalahan terjadi pada sistem optik tentu vitamin A tidak bisa memperbaiki keadaan tersebut. Sama dengan kamera yang lensanya sudah tidak fokus. Film dengan merek apapun yang dipakai tetap akan menghasilkan gambar buram





Melihat laut/pemandangan hijau dapat menyembuhkan rabun jauh.


Fakta: Seperti otot-otot lainnya, otot mata pun butuh relaksasi. Sebagai gambaran, seseorang yang duduk terlalu lama, pinggangnya akan terasa pegal-pegal. Demikian halnya dengan mata. Kalau mata digunakan untuk melihat satu fokus yang sama dalam waktu lama, misalnya membaca buku yang tebal akan terasa sangat lelah. Untuk itu disarankan melihat titik terjauh sebagai relaksasi otot mata. Tidak harus melihat laut/pemandangan hijau, yang penting melihat titik terjauh. Dan yang harus diingat kegiatan ini bukan untuk menyembuhkan rabun jauh melainkan sekadar sebagai relaksasi otot mata.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog