Jumat, 14 Mei 2010

Apa benda terbesar yang dapat ditelan oleh paus biru?



Spoiler for paus biru:




Spoiler for a:


Spoiler for b:


Spoiler for c:


Spoiler for d:




Jawabannya
Spoiler for jawaban:
tak ada dari pilihan diatas


Mengapa demikian?

Kerongkongan seekor paus biru hampir sama diameternya dengan pusarnya (yang kira-kira seukuran sebuah piring kecil), dan sedikit lebih kecil daripada gendang telinganya (yang lebih besar daripada sebuah piring makan.)

Spoiler for piring cantik:





Selama delapan bulan dalam setahun, paus biru nyaris tidak memakan apa-apa, tetapi pada saat musim panas mereka makan hampir terus-menerus, mengeduk tiga ton makanan sehari. Sebagaimana dalam pelajaran biologi yang mungkin anda ingat, makanan mereka terdiri dari krutase seperti udang kecil dan berwarna merah muda bernama krill, yang bisa ditelan dengan mudah. Krill biasanya muncul dalam kawanan besar, beratnya bisa mencapai 100.000 ton.
Spoiler for Krill:



Kata krill berasal dari bahasa Norwegia. Asalnya dari kata kriel, yang artinya "ikan kecil", namun sekarang juga sering digunakan untuk menyebut orang kerdil. Stik krill sangat laku di Cile, tetapi krill cincang menimbulkan masalah di Rusia, Polandia, dan Afrika Selatan karena mengandung tingkat Flourida yang tinggi dan mebahayakan. Ini disebabkan cangkang krill terlalu kecil untuk diambil satu-satu sebelum dicincang.



Satu-satunya paus dengan kerongkongan yang cukup lebar untuk menelan seorang manusia utuh adalah jenis sperm whale dan begitu berada di dalam, keasaman pekat dalam perut sperm whale tak akan membuat orang itu selamat
Spoiler for sperm whale:



Kasus terkenal di tahun 1897, James Bartley yang mengklaim bahwa dirinya telah ditelan oleh seekor sperm whale dan diselamatkan oleh awak kapal setelah lima belas jam, telah dipastikan sebuah penipuan.

Spoiler for James Bartley:



Kecuali kerongkongannya, semua hal dari paus biru adalah besar. Dengan panjang 32 m, paus biru adalah makhluk terbesar yang pernah hidup--- tiga kali lebih besar dari ukuran dinosaurus terbesar dan sama dengan 2700 orang.
Spoiler for argentinosaurus,dinosaurus terbesar dari era mesozoic:




Lidahnya lebih berat daripada seekor gajah;
Spoiler for lidah:




>






Jantungnya seukuran sebuah mobil keluarga;
Spoiler for jantung:




=





Perutnya dapat menampung lebih dari satu ton makanan;
Spoiler for perut:



>




Suaranya juga paling lantang dibandingkan hewan-hewan lainnya: "gumaman" dengan frekuensi rendah saja dapat dideteksi oeh paus-paus lain yang jauhnya 16.000 km.

Spoiler for suara:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog