Rabu, 26 Mei 2010

Jack o’lantern Ikon Hallowen



Jack-o'-lantern atau Jack o’lantern adalah nama untuk hiasan Halloween dari labu kuning yang sudah dipotong di bagian atas, dikorek isi dan diukir hingga berbentuk kepala makhluk yang sedang menyeringai.

http://fc04.deviantart.com/fs12/i/2006/304/a/0/Happy_Halloween_Jack_O_Lantern_by_GENZOMAN.jpg




http://treesong.org/files/images/jack-o-lantern.jpg



Menurut legenda Irlandia, petani malas tapi cerdas bernama Jack berhasil menipu sang setan dengan salib sehingga setan berjanji untuk tidak memasukkan Jack ke neraka. Ketika Jack meninggal, Jack tidak boleh masuk surga karena telah banyak berbuat dosa. Tapi Jack tidak juga boleh masuk ke neraka karena tidak diizinkan setan. Jack kemudian membuat lentera dari lobak besar yang di dalamnya berisi lilin dan meminta api dari neraka.

http://www.clubplanet.com/news/blogpics/pumpkin.jpg

http://media.comicvine.com/uploads/0/77/99085-109879-jack-o-lantern_large.jpg

http://www.skotolsen.com/purchase/media/paintings/originals/jack_o_lantern_.jpg

http://shellgames.files.wordpress.com/2008/10/jack-o-lantern.jpg

Sampai sekarang ini, arwah penasaran Jack masih berkeliling dunia mencari tempat peristirahatan terakhir sambil membawa lentera. Jack-o'-Lantern merupakan singkatan dari "Jack of the Lantern" yang berarti Jack yang membawa lentera. Ada banyak variasi cerita Jack menipu setan yang menjadi asal-usul Jack-o'-Lantern, tapi sebenarnya istilah Jack-o'-lantern digunakan untuk orang yang bertugas sebagai penjaga malam dan sudah dikenal sejak pertengahan abad ke-17.

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog