Rabu, 26 Mei 2010

Hiu Greenland



Si hiu tukang tidur... : Hiu terbesar di greenland ukurannya sebanding dengan hiu putih, meskipun tidak ada catatan bahwa mereka pernah menyerang manusia. Perhatikan gigi-giginya: kecil tapi setajam silet... (kayak acara infotainment).


Nick Caloyianis dari National Geographic melukiskan pertemuannya dengan hiu Greenland seperti bertemu sebuah double-barreled shotgun. Mulutnya sedikit terbuka, memperlihatkan barisan giginya yang kecil dan tajam. Matanya seperti berkabut di atasnya, seperti pada ikan yang sudah mati.

Makhluk ini hampir tidak bisa melihat, tapi mereka punya mulut yang besar yang cukup untuk melahap seekor anjing laut dewasa. Ada juga cerita beruang kutub yang dimangsanya di mulut sungai.

Ok, mungkin Anda penasaran, hiu mana yang punya mulut paling besar dan mangsa sebesar apa yang sanggup ditelannya?

Hiu Mulut Superbesar
Yang ini sangat jarang (hanya sedikit yang sejauh ini pernah terlihat), hiu yang hidup di kedalaman air dengan mulut yang luar biasa besar dengan bibir besar yang lunak. Tidak hanya luar biasa besar tapi juga bersinar menakutkan (untuk menarik plankton mendatangi cahaya). Baca selengkapnya di sini, sepertinya ini lebih mirip spesies Coelacanth jaman dulu yang sudah punah ketimbang seekor hiu biasa.



Spesies ini belum dikenal hingga keberadaanya diketahui pada tahun 1976: sejauh ini hanya 41 hiu jenis ini yang sudah ditemukan.


sumber : http://www.sayakasihtahu.com/2009/12/hiu-greenland.html#ixzz0ozuSGw00

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog