Minggu, 09 Mei 2010

Kapal-kapal Terbesar di Dunia



1. Freedom Ship






Bayangkan 25 bangunan-bangunan tinggi sepanjang 1 mil di New York dijejerkan; lalu bayangkan lagi semua itu terapung di atas air.

"Freedom Ship punya kesamaan sedikit dengan kapal pesiar biasa; yang sebenarnya tidak lebih dari sebuah kapal tongkang (perahu seret) yang besar. Tapi bagaimana jika kapal raksasa ini ditujukan untuk sebuah perjalanan pelayaran yang butuh penjelajahan perlahan mengelilingi dunia, sepanjang garis pantai, dan menyelesaikan satu putaran bumi tiap 3 tahun?" Bahkan ada yang menyebutkan ini seperti sebuah negara yang merdeka.

Bisa saja, "Freedom Ship" akan menjadi konstruksi buatan manusia terbesar di muka bumi jika berhasil dibuat meski harus dengan sedikit keajaiban mengingat proyek mega-konstruksi seperti ini sangat rawan gagal total. Paling tidak kita boleh bermimpi dulu denga melihat gambar-gambarnya.





Sabagai catatan konsep di atas hampir sama dengan kosnsep yang dicetuskan tahun 1928, yaitu konsep bandar udara di atas bangunan raksasa! Arsitek-arsitek Los Angeles mengharapkan nantinya pesawat-pesawat pribadi akan menggantikan mobil di masa datang. Landasan pesawat diatas atap ini memiliki panjang 300 meter:



Atau perhatikan mimpi futuristik "Dermaga Bandar Udara New York" oleh arsitek Harry B. Brainerd ini:



Kalau pengen tahu lebih banyak soal proyek proyek impian "Freedom Ship" bisa baca di sini dan di sini.


2. Konsep Kapal Pesiar Lainnya:

- Kvaerner Masa-Yards' Kapal pesiar super-besar (kiri) dan The Nova, kapal pesiar Panamax-Max ship berbobot mati hingga 100.000 ton (kanan):


Ingin tahu tren makin bertambahnya ukuran kapal pesiar di sini.

Artikel di sini membicarakan mengenai "Project Genesis" - Kapal pesiar terbesar yang pernah ada dari Kerajaan Karibia dengan kapasitas 5400 penumpang.



Untuk memberikan gambaran seberapa besar kapal-kapal pesiar moderen perhatikan perbandingannya dengan patung Liberty:



Pendatang baru (mungkin di tahun 2009 ini), dengan code-named "Project Genesis" akan membuat kecil "Freedom of the Seas", berbobot 220.000 ton - bandingkan dengan kapal induk Nimitz berbobot 97.000 ton).

3. Kapal Terbesar Yang Pernah Dibuat - Supertanker Extraordinaire!

Kapal Terbesar Yang Pernah Dibuat adalah 4 supertanker kelas Batillus buatan Perancis pada akhir 70-an, berbobot mati 555.000 ton dan panjang 414 meter. Diluncurkan dari galangan kapal Chantiers de l'Atlantique di Saint Nazaire. Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah si jumbo "Knock Nevis"; ex "Jahre Viking", ex "Seawise Giant", ex "Porthos", di tahun 1981 (lihat di bagian kedua topik ini). Tapi, supertanker dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar, sehingga bisa dianggap lebih besar dari Knock Nevis.

Keempat kapal dari kelas Batillus itu adalah sebagai berikut:
* Batillus, buatan 1976, diistirahatkan 1985.
* Bellamya, buatan 1976, diistirahatkan 1986.
* Pierre Guillaumat, buatan 1977, diistirahatkan 1983.
* Prairial, buatan 1979, (juga dikenal dengan sebutan "Hellas Fos" dan "Sea Giant") - gantung sepatu tahun 2003

Jadi inilah "Pierre Guillaumat" - Kapal laut terbesar yang pernah dibuat manusia:





Ukuran kapal yang makin gede sepertinya harus dipertimbangkan lagi terutama jika harus melalui suatu kanal - lihat ilustrasi di bawah ini.


4. Supertanker Knock Nevis/ Jahre Viking - Kapal Besar dengan Sebuah cerita Besar




Inilah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat (lihat juga supertanker kompetitor lainnya di bagian 1). Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya-pun cukup menarik.

Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan:
- "Seawise Giant"
- "Porthos"
- "Happy Giant"
- "Jahre Viking"
- "Knock Nevis"

Dibuat di Jepang tahun 1979 atas pesanan tokoh terkemuka perkapalan Yunani, yang kemudian bangkrut, dan menjual kapal raksasa ini ke penguasa Hong Kong, yang kemudian bahkan menambah panjangnya. Tahun 1981 adalah tahun kelahiran kapal ini, kapal terbesar diantara kapal-kapal lainnya.

Sebagai gambaran, lihat perbandingan skalanya dengan menara Eiffel dan Empire State Building:


Awalnya dioperasikan antara Timur Tengah dan USA tapi kira-kira sejak 1986 kapal ini digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan terminal antar kargo di Iran selama perang Iran-Irak. Pada bulan Mei 1988, kapal ini diserang dan rusak berat oleh bom-bom dari jet-jet Irak ketika parkirdi terminal Iranian Hormuz di selat Hormuz. Lihat gambar-gambar kebakaran dan kerusakannya di sini. Rusak berat dan tenggelam di perairan dangkal di situ.

Tapi ceritanya tidak berakhir disitu saja. Sebuah mukjizat membuat kapal ini mendapatkan kehidupan keduanya dengan diperbaiki secara total. "The Sea Wise Giant" ini dibeli oleh oleh perusahaan asal Norwegia, dan ditarik ke galangan kapal Keppel, Singapura. Setelah diperbaiki lagi kapal ini diluncurkan lagi tahun 1991 dan sebutannya berubah awalnya menjadi "Happy Giant" dan akhirnya "TT Jahre Viking". Di bawah ini foto saat perbaikannya.



Di bulan Maret 2004, kapal ini dijual lagi dan dikirim ke pemilik barunya di Dubai untuk difungsikan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit (FSO). Di sanalah namanya berubah lagi menjadi "Knoc Nevis". Foto-foto di bawah ini adalah saat merapat di dermaga - pelayaran terakhir dari kapal raksasa legendaris ini.




Jeroan Sang Raksasa

Perhatikan mesinnya yang merupakan mesin diesel terbesar di dunia; suatu pencapaian luar biasa teknologi manusia yang dibutuhkan untuk mentenagai kapal-kapal raksasa seperti Knock Nevis, atau Emma Maersk.



5. Kapal-kapal Kontainer Raksasa

Mari kita lihat dulu apa yang bikin kapal-kapal kontainer raksasa itu keliatan gendut. Mesin-mesin kapal raksasa adalah mesin-mesin diesel yang ukuran dan tenaga yang disemburkannya sangat luarbiasa.


Mesin seri Wärtsilä-Sulzer RTA96-C (turbocharged diesel engine):
-Memiliki 14 silinder
-Output Power 80.080 kW atau 108.920 bhp.
-memiliki dimensi selebar 26,7 meter dan tinggi 13,2 meter (kira-kira segede bangunan apartemen kecil)


Saat ini pabriknya mempertimbangkan versi dengan 18-silinder. Perhatikan ukuran piston-pistonnya ini:




Versi-versi yang lebih kecil dari mesin-mesin ini dipasang pada berbagai supertanker dan kapal-kapal kargo raksasa sebelumnya:




Belum lama, pada September 2006, mesin diesel raksasa 14 silinder dipasang pada "Emma Maersk"

Inilah "EMMA MAERSK" - Kapal Kontainer Terbesar di Dunia





Kontainer yang Sedikit Lebih Kecil:




Bookmark and Share

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog Klik disamping Kiri bulan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...