Minggu, 09 Mei 2010

Ikan Aneh Berkepala Transparan

Ikan ini mempunyai kepala seperti kokpit pesawat tempur, dengan mata seperti silinder yang sangat sensitif dan di atasnya lensa-lensa bulat berwarna hijau. Ikan ini ditemukan hidup-hidup di kedalaman laut di lepas pantai tengah California oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) dan ini yang pertama kali ditemukan.





Di depan mata silinder ikan Pasifik ini bukanlah mata melainkan organ penciuman. Mata seperti silinder keabu-abuan itu berada di bawah kubah hijaunya yang berfungsi memfilter cahaya. Gambar di atas memperlihatkan matanya yang mengarah ke atas - lebih baik untuk melihat mangsanya di kegelapan laut dalam. Peneliti menemukan bahwa mata itu dapat bergerak berputar pada sumbunya (pivot).


Ikan ini kadang mencuri ikan dari siphonophora - jelli yang bisa tumbuh hingga panjang lebih dari 33 kaki (10 meter) - lihat gambar di atas.
Sirip-sirip horisontalnya membuatnya mampu berenang dengan hati-hati di antara tentakel-tentakel bersengat dari siphonophora. Jika sedikit meleset, pelindung seperti helm di kepalanya bisa melindungi matanya.


Ikan ini hidup di kedalaman 2000 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut, dimana air lautnya hampir pekat. Ikan ini diketahui banyak menghabiskan waktunya dengan diam saja, tak bergerak dengan mata mengarah ke atas. Semacam lensa berwarna hijau di atas tiap matanya memfilter cahaya matahari, membuat ikan ini bisa memfokuskan pada cahaya dari jelli-jelli kecil atau mangsa lain yang lewat di atasnya. Lalu matanya akan berputar ke depan untuk mengikuti mangsanya, dan membantu mendapatkannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog