Minggu, 09 Mei 2010

Goa-goa di dunia Yang Menakjubkan

Goa Dongzhong (China): Sekolah di dalam Goa


Anda akan terkejut bila memasuki area dalam gua ini saat tau bahwa puluhan anak ternyata datang tiap hari ke sini untuk belajar. Sekolah goa ini berada di desa Miao, di wilayah Ziyun, Cina. Goa ini terbentuk secara alami selama beratus tahun yang lalu.



Terowongan terpanjang Amerika



Terowongan bernama Fantastic Pit memiliki kedalaman sekitar 586 meter, dan merupakan terowongan terpanjang di benua Amerika. This pit is big enough to hold the Saking dalamnya terowongan ini mampu menampung Washington Monument (555 meter). Diperlukan waktu 8 detik untuk sebuah batu mencapai dasar goa.


Goa Hantu (Venezuela): Saking luasnya 2 helikopter pun mampu memasuki goa ini



“Cueva del Fantasma” — nama Spanyol dari “Goa Hantu” ini — yang memang sangat luas sehingga 2 helikopter pun mampu memasuki goa ini dan mendarat di samping air terjunnya. Air terjun ini tertampung dalam sebuah kolam di dalam goa. Saat ditemukan, beberapa peneliti juga mendapati beberapa jenis katak langka dalam goa berspecies Colostethus.


Goa Es Eisriesenwelt (Austria): Goa Es terbesar di dunia



Banyak sekali goa es di dunia ini tapi Eisriesenwelt Ice Caves di Austria mungkin adalah yang terbesar. Terletak di Pegunungan Tennengebirge dekat Salzburg dan membentang sepanjang 40 kilometer. Di dlamnya terdapat langit-langit yang sangat mempesona dan dijuluki Mother Nature’s handicraft.


Goa Waitomo Glowworm (New Zealand): Surga bagi ulat kelap-kelip



Goa Waitomo Glowworm terletak di sebelah utara pulau New Zealand, dan terkenal dengan populasi glowworm (ulat kelap-kelip)-nya, Arachnocampa Luminosa. Ulat-ulat ini mampu menghasilkan salh satu komoditi dagang Selandia Baru yaitu sutra.



Goa Majlis al Jinn (Oman): Goa Terluas Kedua di Dunia



Majlis al Jinn merupakan goa terluas kedua di dunia. ITerletak di dataran tinggi Selma pada ketinggian 1600 meter dari Kesultanan Oman.Goa ini ditemukan pada tahun 1983 oleh Don Davidson, seorang geologis yang datnag ke Oman. Davidson dikabarkan meninggal 10 tahun kemudian saat melakukan pendakian di Pegunungan Andes.



Untuk memasuki goa ini kita harus menggunakan tali. Goa ini mempunyai kedalaman 120 hingga 150 meter.


Goa Kristal (Meksiko): Goa Kristal terbesar di Dunia


Dikenal dengan “the Sistine Chapel of crystals,” Mexico’s Cueva de los Cristales (Goa Kristal) ini mengandung kristal-kristal alami yang terkenal di dunia. kristal tersebut memiliki panjang rata-rata 11 meter . Goa ini sendiri berkedalaman hampir 290 meter. Wilayah ini dibangun sebuah komplek pertambangan bernama Naica. Goa ini tercipta oleh aktivitas gunung berapi berjuta tahun yang lalu.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Indeks Blog