Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 13 Mei 2010

Jembatan terbesar di dunia



Ini lah jembatan terbesar di dunia







Jembatan ini adalah "Millau Viaduct" yang dibangun di negera prancis guna mengurangi kemacetan dikota tersebut.

Keistimewaan "Millau Viaduct"

Millau Viaduct mulai menjadi pusat perhatian International sejak diresmikan pada Desember 2004 lalu. Jembatan yg didesain oleh Arsitek asal Inggris, Norman Foster, berdiri kokoh diatas sungai Tarn dan menghubungkan deretan pegunungan massif. Proyek ini dijalankan oleh perusahaan konstruksi Perancis, Eiffage. jembatan baja ini dikerjakan secara bersamaan dari dua sisi lembah, selatan dan utara. Penggabungan lempeng baja dari bagian ke bagian hingga menghubungkan tujuh pilarnya diulang hingga 18 kali!! Nggak heran kalau proyek pembangunan nya memakan waktu tiga tahun ini sangat dinantikan khalayak ramai.
PanjangMillau Viaduct mencapai 2,46 km dengan tujuh pilar penyangga disetiap sectionnya. Ketinggian pilar terendah adalah 77 meter sedangkan pilar tertinggi mencapai 343 meter. lebih tinggi 23 meter dari Menara Eiffel Bo!! Jika dilihat dari kejauhan, ketujuh pilar penyangga mirip jarum raksasa yang menancap kuat didasar lembah. Saking tingginya jembatan ini, tidak jarang awan yg berada di daerah tersebut justru berada dibawah jembatan! Wuihh..terbukti khan kalo kita bisa jalan, bahkan berkendara diatas awan?? huehuehue...

Saat meletakkan batu pertama pembangunan jembatan ini, Mentri Pembangunan Transportasi Perancis, Jean-Claude GAyscot menyatakan bahwa jembatan ini akan menjadi jembatan tertinggi sekaligus terbesar dan tercantik di dunia. Dan hasilnya...Millau Viaduct langsung memiliki 3 rekor dunia!!

Rekor Dunia Millau Viaduct

Beberapa gelar 'tertinggi' berhasil diraihnya, diantaranya:

Pylons tertinggi didunia
Rekor dunia sebelumnya dipegang oleh Kochertal jembatan diatas jalan (Jerman) yaitu setinggi 181 meter (590 kaki). Tapi Millau Viaduct mematahkan rekor tersebut, dengan pylons (P2 dan P3) setinggi 244, 96 meter (sekitar 803 kaki) dan 221,05 meter (sekitar 725 kaki) di ketinggian masing-masing.

Tiang Tertinggi di dunia
Dengan tiang tertinggi (P2 dipuncak) setinggi 343 meter (sekitar 1.130 kaki), tentu saja menjadi tiang tertinggi didunia saat ini. Kira kira rekor ini bakal ada yg menandingi nggak ya??

Dek Jembatan jalan tertinggi di dunia
Berada diatas Sungai Tarn dititik tertinggi dengan 270 meter (890 kaki), Millau viaduct hampir dua kali tinggi jembatan biasa. Lebih tinggi sedikit dibandingkan New River George Bridge di West Virginia, AS, yg setinggi 267 meter (880 kaki).

Tak kurang dari 394 juta Euro dikucurkan untuk pembuatan jembatan selebar 32,05 dan ketebalan jalan 4,20 meter ini. Makanya, nggak salah kalo pemerintah memungut biaya bagi setiap pengendara yg melewatinya. Harga karcis dipatok mulai dari 4,6 Euro (6,5 Euro pada musim panas) untuk kendaraan kecil, hingga 19 Euro untuk mobil besar. Sekedar info, jembatan ini mampu menahan 10.000- 25.000 kendaraan dalam sekali lintasan lho..luar biasa bgt...

Bookmark and Share

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog Klik disamping Kiri bulan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...